Melihat Uniknya Warisan Tradisi Toraja di Kampung Kete Kesu

Desember 2018 silam, Saya berkesempatan mengunjungi salah satu tempat wisata di Toraja Utara. Toraja sendiri merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Keunikan tradisi dan budayanya membuat tempat ini banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Kala itu saya mengunjungi Kete Kesu, destinasi yang cukup ramai dikunjungi para pelancong.

Proses pembuatan kerajinan (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Objek wisata ini sejatinya merupakan kampung adat yang dijadikan objek wisata. Tempat ini memiliki banyak Tongkonan, rumah adat Toraja dengan atap menyerupai perahu. Bangunan-bangunan tersebut sudah ada sejak zaman leluhur.

Teman Traveler pasti penasaran kan hal menarik apa saja yang bisa ditemukan di Kete Kesu? Yuk, simak penjelasan saya berikut ini.

Rumah Adat Tongkonan

Berfoto di depan rumah adat (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Begitu pertama datang ke sini, hal pertama yang akan Teman Traveler lihat adalah deretan Tongkonan. Pengunjung biasanya memanfaatkan bangunan lawas ini sebagai latar belakang foto. Pantang dilewatkan jika kalian sedang berada di Toraja.

Kuburan Tebing

Tulang-belulang orang Toraja (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Penduduk Toraja juga memiliki tradisi pemakaman yang sangat unik. Saat meninggal mereka tidak dikuburkan di tanah, melainkan di tebing. Kalian dapat melihat pekuburan unik tersebut saat mengunjungi Kete Kesu. Saat menyusuri tebing, kala itu saya melihat ada banyak tulang dan tengkorak orang Toraja.

Pekuburan orang Toraja (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Perlu diingat bahwa meski sepintas terlihat sederhana, tempat ini punya arti penting bagi warga Toraja. Jadi sebaiknya Teman Traveler tidak memindahkan, atau bahkan mengambil, tengkorak dan tulang belulang yang ada di sini.

Tempat Penjualan Oleh-oleh

Membeli oleh-oleh khas Toraja (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin berburu oleh-oleh khas Toraja, Kete Kesu menyediakan toko khusus untuk itu. Kalian bisa menemukan Kopi Toraja yang dikenal punya rasa khas nan unik, Kain Tenun Toraja, kerajinan gelang, dan masih banyak lagi pernak-pernik khas Toraja lainnya.

Satu hal yang membuat saya sangat senang ketika belanja oleh-oleh di sini adalah harganya cukup murah. Lebih miring dibandingkan penawaran di pusat oleh-oleh lain di luar kawasan Kete Kesu. Teman Traveler sangat disarankan membeli buah tangan di sini.

Beragam sandal dan asesoris warna-warni (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Itulah hal-hal menarik yang bisa Teman Traveler temui di wisata Kampung Adat Kete Kesu, Biaya masuknya pun cukup murah, hanya Rp10.000 per orang. Kalian bakal dibebaskan berkeliling dan menikmati tiap sudut indah di kampung wisata Tana Toraja ini. Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini? Selamat berlibur.

Tags
kontributor Toraja Travelingyuk wisata toraja
Share