6 Tempat Wisata Murah Meriah Mengisi Liburan Akhir Tahun 2022

Advertisement

Jelang akhir tahun pastinya momen paling ditunggu hampir semua orang. Banyaknya cuti bersama dan hari libur dipenghujung tahun memang menjadi jadwal rutin para muda mudi untuk melakukan relaksasi atau jalan-jalan mengisi liburan. Nah, sebelum menentukan liburan yang ingin dituju, pastikan mempersiapkan segala yang berkaitan dengan liburan mu, yang paling penting adalah tempat tujuan.

Akhir tahun siap menjadikan momen liburan makin menyengkan
Akhir tahun siap menjadikan momen liburan makin menyengkan. Foto via kumparan.com

Namun, ada satu sisi yang tidak bisa dibantah adalah harga tiket ketika jelang liburan pasti lebih mahal. Finansial menjadi hambatan setiap orang ketika ingin berlibur. Jika pas-pasan, kamu akan mengubah tujuan liburan ketempat yang lebih murah dan mudah dijangkau agar pengeluaran tiket untuk transportasi tidak membengkak. Nah, berikut ada beberapa kota tujuan untuk mengisi liburan jelang akhir tahun yang tetap murah meriah.

Yogyakarta

Yogyakarta adalah tujuan banyak traveler yang tidak pernah sepi. Selain memiliki harga kuliner yang ramah dikantong, penduduk lokal yang sangat ramah, serta sangat mudah dijangkau bagi kamu yang tinggal di pulau Jawa. Yogyakarta memang salah satu kota yang penuh dengan kenangan. Rasa ingin mengunjungi kembali pastinya ada disetiap muda-mudi bahkan para orang tua.

Tugu Yogyakarta menjadi pilihan destinasi ketika berkunjung ke Jogja
Tugu Yogyakarta menjadi pilihan destinasi ketika berkunjung ke Jogja. Foto via IDNtimes.com

Destinasi yang unik dan selalu diminati hampir 100 persen traveler adalah Malioboro, candi Prambanan, Candi Borobudur, Taman Sari dan beberapa pantai Selatan seperti Parangtritis. Juga wisata Imogiri yang terkenal dengan kesejukan alam yang dapat kamu nikmati hanya dengan membayar parkir kendaraan saja.

Malang

Kota Malang terkenal dengan buah apel malagai yang sangat renyah, manis, dan kaya akan air. Kesejukan kota ini menjadi dambaan bagi pelancong dari berbagai daerah. Bagi warga Jawa Timur, kota ini menjadi primadona untuk berlibur. Bagaimana tidak, di kota ini kamu bisa menikmati indahnya alam pegunungan, sekaligus pesisir pantai yang sangat eksotis.

Gunung bromo menjadi destinasi populer ketika berkunjung ke kota Malang
Gunung bromo menjadi destinasi populer ketika berkunjung ke kota Malang. Foto via mundomayatravel.com

Urusan kuliner, ada beberapa tempat sanggup membuat traveler puas menikmatinya seperti, Alun-alun Batu, Jajanan Kaki Lima sepanjang Jalan Soekarno Hatta, Pasar Malam Pasar Besar Malang, dan Taman Bentoel Stasiun Kota Baru Malang.

Wonosobo

Wonosobo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Tak heran banyak traveler dari berbagai kota singgah di Wonosobo. Mereka ingin menikmati sejuknya daerah dataran tinggi Dieng serta keindahan panorama gunung Sindoro dan Sumbing dari ketinggian.

Keindahan pegunungan di Kawasan Dieng Wonosobo membuat kawasan ini ramai para traveler
Keindahan pegunungan di Kawasan Dieng Wonosobo membuat kawasan ini ramai para traveler. Foto via mytrip123.com

Masalah kuliner jangan khawatir, kamu akan disuguhkan berbagai makanan khas Wonosobo seperti Mie Ongklok, manisan Carica, dan kentang hasil pertanian yang berkualitas terbaik.

Bandung

Bandung, serasa kota dambaan hati para muda-mudi dari belahan nusantara. Jagan harap pernah ke tanah Sunda jika belum menampakkan kaki di kota Bandung. Kota sejuk yang ngangenin siap memanjakan para pasangan muda untuk honeymoon. Lantas setiap menjelang akhir tahun, Bandung mulai diserbu banyak pelancong. Mereka ingin menikmati liburan akhir tahun di kota ini lantaran memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah.

Bandung menjadi kota paling dikangenin para traveler
Bandung menjadi kota paling dikangenin para traveler. Foto via harianhaluan.com

Makanan dengan harga yang relatif murah, dan tempat penginapan yang bernuansa alam dengan harga yang ramah dikantong. Bagi kamu ingin menikmati spot terbaik ditengah kota ada banyak spot seperti di street Asia Afrika, Jalan Braga, dan Alun-alun Bandung. Namun jangan melupakan keindahan alamnya diwilayah Lembang, Tangkuban Perahu, Pangalengan dan Ciwidey.

Semarang

Semarang adalah Ibukota provinsi Jawa Tengah. Meski menjadi kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang dapat memikat hati para traveler lantaran memiliki destinasi wisata yag sangat melimpah. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga religi dapat dengan mudah kamu kunjungi.

Lawang Sewu menjadi liburan sejarah penuh makna ketika berkunjung ke kota Semarang
Lawang Sewu menjadi liburan sejarah penuh makna ketika berkunjung ke kota Semarang. Foto via idntimes.com

Selain itu berbagai tempat penjajah kuliner kaki lima siap memberikan nuansa liburanmu semakin menyenagkan. Harganya pun tidak lebih dari Rp. 25.000 untuk satu porsi makanan. Kamu bisa menikati suasana malam hari di Pandanaran, Kotalama, Stasiun Tawang, Simpang Lima, Tugu Muda, hingga perbukitan kawasan Banyumanik. Sajian untuk menikmati suasana malam hari ditemani gemerlap lam pu kota Semarang dari atas bukit.

Bogor

Bogor menjadi tujuan wisata para masyarakat JABODETABEK. Bagi warga Jakarta, mau liburan kemana lagi kalau tidak ke Bogor. Bahkan menjelang akhir tahun, kota ini menjadi sangat macet bahkan kamu harus rela menunggu hingga berjam-jam karena buka tutup arus kendaraan menuju puncak Cisarua.

Kota Bogor menjadi dambaan warga Jakarta ketika berlibur
Kota Bogor menjadi dambaan warga Jakarta ketika berlibur. Foto via koran-jakarta.com

Meski kondisi demikian, tidak menghentikan banyak orang untuk tetap menuju tujuan wisata. Selain itu kamu bisa menikmati berbagai kuliner malam seperti cilok bandung, sekuteng, sate kelinci dan aneka ragam jenis kuliner lainnya. Tentunya memiliki harga yang murah dikantong.

Advertisement
Tags
akhir tahun di jogja Kota Wisata liburan akhir tahun di malang raya wisata akhir tahun wisata nusantara
Share