5 Tari Tradisional Terkeren di Indonesia, Bikin Dunia Terpana

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya yang indah dan penuh dengan makna filosofis. Hal ini terlihat dari aneka bentuk kesenian etnik yang ekspresif, salah satunya yang akan dibahas adalah soal tari tradisional.

Tidak hanya sarat akan nilai moral, tari-tarian tersebut juga sangat keren dan memukau mata hingga jadi sorotan dunia. Berikut 5 di antaranya!

1. Tari Ratoh Jaroe, Aceh

Tari Ratoh Jaroe via Shutterstock

Tarian ini berasal dari suku Gayo, Aceh. Diciptakan oleh Syekh Sandar, ulama terpandang di abad ke-14, kesenian ini awalnya ditujukan sebagai media dakwah karena diiringi lantunan pujian kepada Tuhan. Seiring berjalannya waktu, tari yang mengombinasikan keterampilan tangan ini makin populer dan digunakan sebagai promosi kebudayaan Aceh yang unik.

Di kalangan masyarakat, Tari Ratoh Jaroe dianggap sama dengan Saman. Padahal, kedua tarian ini berbeda, ditinjau dari pemainnya. Tari Ratoh Jaroe dimainkan oleh wanita berjumlah genap, sedangkan Saman dimainkan oleh pria berjumlah ganjil.

2. Tari Piring, Sumatera Barat

Tari Piring via Shutterstock

Selain terkenal karena Rumah Gadang dan masakan Padang yang maknyus, Sumatera Barat juga terkenal karena tari piringnya yang dianggap fenomenal. Sejarahnya, pada zaman dahulu, masyarakat Minangkabau melakukan ritual ucapan syukur atas hasil panen kepada dewa-dewa.

Lalu, sesaji diletakkan di atas piring, kemudian digerak-gerakkan layaknya tarian berirama yang diiringi beragam alat musik, seperti rebana, gong, saluang, dan talempong. Setelah masuknya agama Islam, kesenian ini dimodifikasi sebagai hiburan kepada masyarakat sekitar.

3. Tari Reog Ponorogo, Jawa Timur

Tari Reog Ponorogo via Shutterstock

Kesenian tradisional khas Ponorogo ini memiliki daya tarik yang memukau. Penari utamanya menggunakan kostum raksasa berkepala singa dengan hiasan bulu merak, ditemani beberapa penari bertopeng yang disebut jathil.

Uniknya, mereka selalu memadukan atraksi tarian etnik dengan debus, kesenian ekstrem yang dilakukan dengan berbagai macam cara, entah itu makan pecahan kaca atau menggores-goreskan bagian tubuh dengan pisau tanpa terluka ataupun rasa sakit. Sungguh unik sekali!

4. Tari Kecak, Bali

Image may contain: one or more people, crowd and outdoor
Tari Kecak via Instagram/potokredit

Siapa yang tidak kenal dengan kesenian tradisional yang satu ini? Tari Cak atau tari api, sebutan lainnya, merupakan bentuk pertunjukkan hiburan kolosal yang tidak diiringi oleh alat musik samasekali.

Satu-satunya ‘instrumen’ yang berbunyi ialah suara kelompok penari laki-laki itu sendiri. Jumlahnya sekitar 70 orang, di mana mereka akan berbaris melingkar mengenakan kain khas Bali yang bermotif mirip catur.

Tarian ini sangat sakral dan memiliki nilai filosofis yang sangat tinggi. Salah satunya adalah selalu mengandalkan kekuatan Tuhan dalam situasi apapun serta bekerja sama mengharmoniskan gerak dan suara demi mengusir sang jahat.

5. Tari Musyoh, Papua

Ilustrasi tari di Papua via Shutterstock

Salah satu tari tradisional khas Papua ini belum begitu dikenal masyarakat Indonesia. Namun, kesenian etnik berikut punya nilai budaya dan moral yang sangat luhur.

Tari Musyoh digunakan dalam upacara peringatan arwah, khususnya mereka yang meninggal karena kecelakaan atau menjadi korban sebuah peristiwa, misalkan perang. Harapannya, arwah yang sudah wafat dapat memperoleh kedamaian.

Tarian ini identik dengan gerakan lincah nan energik, contohnya atraksi tombak dan tameng, diikuti dengan iringan nada dan teriakan khas orang Papua.

Itulah tadi aneka tari tradisional Indonesia yang pastinya keren abis. Bangga, gak? Yuk, kita pelajari kesenian dan budaya sendiri biar makin dikenal dan populer hingga penjuru dunia.

Tags
Budaya Indonesia tari tradisional Wisata
Share