5 Desa Adat Tercantik di Indonesia, Indahnya Sungguh Pecah

Indonesia terkenal sebagai salah satu destinasi populer di dunia. Pesona alamnya yang indah dan masyarakatnya yang ramah menarik untuk dibahas satu-satu. Kali ini kita akan membahas tentang desa adat tercantik di Indonesia, di mana 5 di antaranya merupakan yang paling indah. Berikut ulasannya!

1. Desa Baduy, Banten

Image may contain: house, tree, plant, sky, outdoor and nature
Salah satu sudut desa adat tercantik di Baduy via Instagram/pesonaid_travel

Tidak ada habisnya untuk membahas salah satu kelompok masyarakat etnis Sunda yang masih memegang teguh adat leluhurnya ini. Desa yang bernama Kanekes ini berlokasi di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Desa Adat Baduy sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Perbedaannya terletak pada aturan adat dan kebiasaannya, di mana masyarakat Baduy Dalam masih memegang aturan adat yang sangat murni sehingga tidak ada alat elektronik ataupun barang-barang modern lainnya.

Meskipun demikian, kedua desa ini masih menjaga keindahan alamnya, lengkap dengan arsitektur bangunan tradisionalnya yang menggunakan bambu dan kayu. Terlihat klasik dan eksotis sekali!

2. Desa Penglipuran, Bali

Image may contain: one or more people, people standing and outdoor
Desa Penglipuran via Instagram/marnulife

Terletak sekitar 45 kilometer dari kota Denpasar, salah satu desa tercantik ini terkenal karena keindahannya yang dihiasi unsur tradisional Bali. Masyarakatnya pun masih menjalankan dan melestarikan budaya adat dalam hidup sehari-hari.

Selain itu, arsitektur bangunan dan pengelolaan tanah di sana masih mengikuti konsep ‘Tri Hita Karana‘. Filosofi khas masyarakat Bali ini mengatur tentang keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia, dan lingkungannya.

3. Desa Argosari, Lumajang

Image may contain: cloud, sky, mountain, nature and outdoor
Puncak B-29 Argosari via Instagram/firman_piet

Terletak di Lumajang, kawasan wisata ini menjadi salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa, yakni sekitar 2000 mdpl. Karena letaknya ini, Argosari sering ditutupi kabut dan awan yang tebal. Namun bukannya menyeramkan, desa ini malah nampak semakin memancarkan aura kecantikannya yang tiada tara hingga membuatnya kerap dijuluki ‘Negeri di atas Awan’.

Kawasan wisata ini juga sering menjadi salah satu spot wisatawan yang hendak menuju kawasan Bromo Tengger Semeru. Lokasinya tidak kalah indah dibandingkan spot-spot pendakian lainnya, loh!

4. Desa Wae Rebo, Flores

Image may contain: one or more people, mountain, sky, outdoor and nature
Berfoto dengan latar belakang desa adat tercantik di Wae Rebo via Instagram/getlostpartner

Kawasan wisata yang satu ini juga termasuk desa tertinggi di Indonesia. Berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat Wae Rebo sering dihiasi kabut tipis setiap paginya. Karena lokasinya pula, para wisatawan harus menempuh sekitar 2-3 jam perjalanan untuk mencapai desa.

Yang menarik dari desa ini adalah rumah adatnya yang berbentuk seperti kerucut. Jumlahnya pun hanya 7 buah, di mana masing-masingnya didiami 5 hingga 8 anggota keluarga sekaligus. Karena kebanyakan bekerja sebagai petani, maka hasil panen adalah komoditas utama desa ini. Setiap bulan November, mereka akan mengadakan upacara adat dengan intensi syukur atas hasil panen yang melimpah.

5. Desa Kete Kesu, Tana Toraja

Image may contain: one or more people, people standing, sky and outdoor
Desa adat tercantik di Ke’te Kesu Tana Toraja via Instagram/lidyans

Kawasan wisata ini terletak di Kampung Bonoran, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Di sepanjang desa, Teman Traveler akan melihat barisan rumah adat yang usianya sudah berusia lebih dari 300 tahun.

Memiliki nama lain yakni Rumah Tongkonan, bangunan ini dihiasi ukiran etnik dan tanduk kerbau yang mewakili status pemilik rumah. Makin banyak dan tinggi tanduk yang dipajang, maka semakin tinggi pula status sosial yang empunya rumah. Mereka percaya dengan menyembelih kerbau, arwah leluhur akan lebih cepat sampai di akhirat.

Itu tadi 5 desa adat tercantik di Indonesia yang berhasil dihimpun Travelingyuk. Sudah pernah ke mana saja, nih?

Tags
desa adat desa adat tercantik Indonesia Wisata
Share