4 Tempat Angker di Cirebon Ini Mungkin Jadi Lokasi Syuting Film Ratu Ilmu Hitam

Film ‘Ratu Ilmu Hitam’ sedang jadi pembicaraan banyak orang karena nuansa gore dan mistis yang dibangunnya berhasil membuat heboh para penonton. Beberapa tempat angker di Cirebon jadi lokasi syuting film ini.

Meskipun tidak diberitakan secara eksplisit, mungkin saja mereka adegan film yang sempat booming di tahun 1981 tersebut di 4 tempat ini.

1. Stasiun Kaliwedi

Image
Stasiun Kaliwedi via Twitter/@agungmrheza

Sudah sejak lama stasiun ini dikenal karena keangkerannya. Terletak di Kabupaten Cirebon, stasiun ini dijuluki sebagai ‘kentrung budeg‘ karena tidak memiliki sistem peringatan kedatangan kereta seperti pada umumnya. Akibatnya, warga sekitar yang melintas tidak tahu kapan kereta datang. Kalau tidak hati-hati bisa terserempet dan terlintas kereta.

Gara-gara inilah, banyak sekali korban jiwa berjatuhan. Bahkan konon katanya, dulu ada iring-iringan jenazah yang tertabrak kereta. Kondisi stasiun yang sudah terbengkalai pun makin menambah kesan horor tempat ini.

2. Sungai Kriyan

Ilustrasi buaya putih via Shutterstock

Sungai yang satu ini juga tidak lepas dari kesan mistis dan horor. Beragam peristiwa yang tak bisa dijelaskan oleh akal terjadi di sini, seperti maraknya orang hilang di sekitar sungai dan muncul dalam kondisi meninggal.

Selain itu, sungai ini juga terkenal karena mitos keberadaan buaya putih. Hewan ini dipercaya sebagai jelmaan salah seorang putra dari Sultan Sepuh I Syamsuddin Martawijaya yang bernama Elang Angka Wijaya. Ia dikutuk karena tidak pernah patuh terhadap perintah sang ayah.

Sampai sekarang, sesekali warga masih melihat buaya putih ini. Keberadaannya serasa makin menambah kesan horor pada sungai ini.

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyarangi via Shutterstock

Gua yang berbentuk seperti candi ini didirikan sebagai tempat semedi/petilasan Sultan beserta keluarganya. Namun, kisah pendiriannya diwarnai peristiwa suram. Pada tahun 1787, bangunan ini sempat dirusak tentara Belanda. Kemudian pihak kesultanan meminta seorang arsitek Cina untuk memperbaikinya. Sayangnya, sang arsitek ditangkap dan dibunuh karena diduga membocorkan rahasia gua kepada pihak Belanda.

Sampai saat ini, beberapa wisatawan mengaku melihat sosok arsitek sedang menampakkan diri di sudut-sudut gua. Desain bangunan yang unik pun serasa menambah unsur mistis tempat wisata ini.

4. Jalan Karanggetas

Image
Jalan Karanggetas via Twitter/@bagaskarashanta

Sejak dulu, Jalan Karanggetas selalu dikaitkan dengan kisah angker dan mistis yang kuat. Bahkan ada mitos yang berkembang, jika ada pemimpin atau pejabat angkuh yang coba melintas di jalan tersebut, jabatannya dipastikan hilang dan citra dirinya bakal ambruk. Bahkan kesaktian atau aji-aji yang dimiliki akan lenyap.

Mitos ini lahir dari hikayat gugurnya Syekh Magelung Sakti yang dikenal angkuh di wilayah Karanggetas, sekitar tahun 1479. Setelah kesombongannya ditakhlukkan oleh Sunan Gunung Jati, iapun bertobat dan membantu menyebarkan ajaran Islam di Cirebon.

Itulah tadi 4 tempat angker di Cirebon yang dipenuhi nuansa mitos dan mistis yang kental. Apakah di lokasi-lokasi tersebut para kru dan aktor film ‘Ratu Ilmu Hitam’ beradu peran?

Tags
Cirebon Indonesia Jawa Barat Ratu Ilmu Hitam Tempat angker di Cirebon Wisata
Share