Traveling ke Cirebon? 10 Destinasi Ini Wajib Ada Dalam Daftar Kunjungan

Hal pertama apa yang terbesit dipikiran traveler saat mendengar nama Cirebon? Dahulu mungkin orang-orang akan menjawab Cirebon Kota Udang tapi sekarang mindset hampir semua orang menganggap bahwa daerah di ujung timur laut provinsi Jawa Barat ini terkenal sebagai Kota Tilang.

Masih segar di ingatan kita beberapa waktu lalu muncul banyak meme di internet yang menggambarkan bahwa di setiap sudut Cirebon banyak sekali operasi kendaraan yang berujung pada tindakan penilangan. Terlepas dari image negatif tersebut sebenarnya Cirebon berpotensi untuk dikembangkan sebagai kota pariwisata. Pasalnya destinasi wisata Cirebon ini sangat lengkap bisa mengakomodir segala kebutuhan traveling mulai dari religi, wisata alam hingga wisata sejarah. Langsung aja yuk ikuti Travelingyuk berkeliling Cirebon.

1. Cirebon Waterland, Obyek Wisata Baru Yang Paling Banyak Diburu

Destinasi pertama yang wajib traveler kunjungi selama liburan di Kota Udang adalah Cirebon Waterland. Asing dengan namanya? Tentu saja karena ini adalah perpanjangan tangan dari obyek wisata sebelumnya yang dikenal dengan nama Taman Ade Irma Suryani. Awalnya tempat ini merupakan tempat rekreasi dan wahana kebun binatang.

Cirebon Waterland, via instagram
Cirebon Waterland, via instagram

Kini wajah Taman Ade Irma Suryani berubah total dengan penambahan banyak wahana seperti waterpark, pusat kuliner hingga penginapan tengah laut. Areanya sendiri menempati lahan seluas 3 hektar dan baru diresmikan oleh Walikota Cirebon pada tanggal 1 Juli 2015 yang lalu. Kini tempat ini menjadi destinasi yang hits di kalangan traveler. Foto-foto yang dihasilkan dari cottege pinggir pantai terlihat seperti berada di luar negeri. Bagi yang penasaran langsung saja berkunjung ke Jalan Diponegoro Kota Cirebon.

2. Pantai Ade Irma, Pantai Cantik Tak Jauh dari Cirebon Waterland

Pantai Ade Irma ini masih satu paket dengan wisata di Cirebon Waterland. Kawasan wisata yang juga dikenal dengan nama Taman Ade Irma Suryani tersebut berada di dekat pantai yang tidak lain adalah pantai utara yang menjadi bagian dari Laut Jawa.

Pantai Ade Irma, via instagram
Pantai Ade Irma, via instagram

Pantai itulah yang kemudian diberi nama yang sama dengan taman bermain di dekatnya yaitu Ade Irma. Jadi jangan cuma bermain-main di dalam taman bermainnya saja saat berkunjung ke Cirebon Waterland, keluarlah ke pantai dan nikmati sejuknya hembusan angin pantai serta luasnya samudera yang membentang di depanmu.

3. Mengawali Pagi Dengan Berkunjung ke Pantai Kejawanan, Sunrise-nya TOP

Liburan di Cirebon enaknya menginap barang satu hari di sekitar Pantai Kejawanan. Pantai ini cukup populer sebagai destinasi wisata terutama pada hari libur. Traveler bisa menemukan pantai ini di alamat Jalan Yos Sudarso atau berada di dekat Pelabuhan Cirebon. Sunrise adalah suguhan utama buat traveler yang datang ke pantai pada pagi buta.

Pantai Kejawanan, via instagram
Pantai Kejawanan, via instagram

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Kejawanan memang pada pagi hari sebab pantai ini dikenal sebagai spot matahari terbit yang paling menawan di Cirebon. Oleh sebab itu jangan lupa bawa senjata kameramu saat berkunjung kesana. Setelah puas menangkap matahari keemasan yang baru muncul di ufuk timur, traveler bisa bermain-main di pantai yang punya ombak landai dan pasir gelap ini.

4. Gua Sunyaragi, Gua Buatan Bekas Tempat Meditasi Sultan Cirebon

Bagi yang suka berwisata sejarah, Cirebon punya tempat yang bisa memuaskan keinginan tersebut yaitu Gua Sunyaragi. Gua di desa Sunyaragi, kecamatan Kesambi, kota Cirebon ini sarat dengan sejarah panjang. Konon gua yang dibangun pada abad ke-18 ini adalah tempat Sultan Cirebon dan keluarganya dalam mencari ketenangan.

Gua Sunyaragi, via instagram
Gua Sunyaragi, via instagram

Selain itu ada pula yang mengatakan jika komplek gua ini pernah menjadi tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon. Jika dilihat dari jauh tempat ini terlihat seperti gua batu alami namun setelah didekati batu-batu tersebut ternyata sengaja disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gua buatan yang keren. Konon gua ini memiliki mitos enteng jodoh dan juga sulit jodoh lho.

5. Setu Patok, Waduk Keren Yang Layak Traveler Tengok

Jangan lewatkan untuk mengunjungi waduk keren di Cirebon yang digadang-gadang sebagai “Danau Toba”-nya Kota Udang. Adalah Setu Patok, waduk seluas 175 hektar di desa Setu Patok, Kecamatan Mundu ini memiliki pulau kecil di tengah-tengahnya yang membuatnya banyak traveler menjulukinya dengan Danau Toba di Pulau Jawa.

Setu Patok, via instagram
Setu Patok, via instagram

Setu Patok berada sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Cirebon yang bisa traveler jangkau menggunakan kendaraan kurang dari 15 menit. Umumnya traveler datang ke waduk untuk menikmati suasana alam waduk dengan pemandangan Gunung Ciremai di seberangnya. Bagi warga sekitar waduk ini menjadi ladang mata pencaharian mereka karena digunakan untuk memancing ikan dan kawasan rerumputan di sekitarnya dimanfaatkan untuk menggembala ternak.

6. Napak Tilas Kejayaan Kesultanan Cirebon di Keraton Kasepuhan

Dikisahkan bahwa Kesultanan Cirebon pernah mengalami masa kejayaan. Sisa-sisa kejayaan tersebut bisa traveler liat di museum yang menyatu dengan Keraton Kasepuhan. Layaknya Keraton Jogja, Keraton Kasepuhan Cirebon juga menjadi daya tarik serta obyek wisata andalah di kota ini. Jadi rugi jika traveler tidak menyempatkan diri berkunjung ke sana.

Keraton Kasepuhan, via instagram
Keraton Kasepuhan, via instagram

Keraton Kasepuhan Cirebon mempunyai arsitektur bangunan yang unik dimana memadukan antara unsur tiga agama yakni Islam, Hindu dan Buddha serta akulturasi dari tiga budaya antara lain Jawa, China dan Eropa. Di dalam museumnya traveler akan menjumpai sejumlah koleksi benda seni dan pusaka serta benda-benda lain yang pernah menjadi saksi bisu kejayaan Kesultanan Cirebon.

7. Mengejar Sunset di Setu Sedong

Selain Setu Patok, Cirobon masih punya satu setu lagi yang tak kalah keren yaitu setu Sedong. Setu Sedong ini adalah waduk buatan seluas 150 hektar di wilayah kecamatan Sedong, kabupaten Cirebon. Fungsi utama waduk ini adalah tempat penampungan air hujan yang nantinya akan disalurkan untuk mengirigasi sawah-sawah yang ada di sekitarnya.

Setu Sedong, via instagram
Setu Sedong, via instagram

Selain itu pemandangan di waduk yang memiliki kedalaman 10 meter ini juga sangat cantik dengan sunset yang mempesona. Maka tak heran jika senja tiba banyak traveler yang berkunjung ke sana untuk berburu pemandangan matahari terbit yang memanjakan mata. Sembari menunggu matahari tenggelam, traveler yang berkunjung juga bisa memancing di waduknya. Aktivitas memancing di waduk ini gratis lho.

8. Cirebon Juga Menjadi Rangkaian Wisata Ziarah Wali, Di Kota Ini Bersemayam Sunan Gunung Jati

Cirebon adalah salah satu kota yang akan disinggahi dalam rangkaian tur wisata ziarah wali dimana di dalam kota ini terdapat satu makam anggota Wali Songo yang bernama Syarif Hidayatullah alias Sunan Gunung Jati. Komplek makam salah satu anggota Wali Songo ini selalu ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai kota di pulau Jawa dan kota-kota lainnya di seluruh nusantara.

Makam Sunan Gunung Jati, via instagram
Makam Sunan Gunung Jati, via instagram

Makam Sunan Gunung Jati terletak di desa Astana, kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Tidak jauh dari makam sunan terdapat makam istrinya yang bernama putri Ong Tien yang merupakan putri kaisar China. Di sekeliling makam ini juga terdapat dinding yang berisi penuh piring-piring keramik tanda cinta sang putri pada Sunan Gunung Jati.

9. Relaksasi di Banyu Panas Gempol Palimanan

Banyak sekali destinasi pilihan yang bisa traveler kunjungi di Cirebon maka dari itu tubuh harus selalu fit. Salah satu cara merelaksasi tubuh yang sudah penat adalah dengan berkunjung ke Obyek Wisata banyu Panas Gempol Palimanan. Ini merupakan pemandian air panas yang banyak dikunjungi traveler untuk merilekskan otot-otot badan yang sudah tegang karena lelah.

Banyu Panas Gempol Palimanan, via instagram
Banyu Panas Gempol Palimanan, via instagram

Pemandian Banyu Panas Gempol Palimanan ini berada di kawasan karst dari Gunung Kromong yang sekaligus menjadi sumber pasokan air panas ke kolam. Lokasi pemandian ini hanya berjarak 30 menit dari pusat Kota Cirebon. Bagi yang kesulitan bisa mencari alamat Pabrik Indocement Palimanan di desa Palimanan, kecamatan Gempol, di kawasan itulah pemandian air panas ini berada. Sambil mengendurkan otot badan yang tegang traveler juga bisa melakukan terapi pengobatan di kolam ini.

10. Kuya Belawa, Kura-Kura Langka yang Hanya Ada di Cirebon

Mumpung lagi di Cerebon sempatkan untuk mampir ke Desa Belawa. Di desa ini ada penangkaran satwa paling langka di dunia yang terancam punah dan hanya bisa ditemukan di darah tersebut. Ialah Kuya Belawa atau kura-kura Belawa. Ini adalah spesies endemik alias asli dari Cirebon yang kini jumlahnya makin habis dan terancam punah.

Kuya Belawa, via instagram
Kuya Belawa, via instagram

Kura-kura Belawa memang unik dan berbeda dari kura-kura lainnya yang mana hewan jenis ini memiliki tempurung yang cekung dan berwarna hitam polos. Meski Kuya Belawa termasuk hewan langka tapi obyek wisata yang menjadi rumah terakhir spesies ini malah berada dalam kondisi yang kurang terawat. Mungkin jika semakin banyak traveler yang berkunjung, perhatian akan tempat ini akan semakin ditingkatkan.

Itulah rekomendasi tempat berlibur di Cirebon. Buat kamu yang punya rekomendasi tempat lainnya bisa share via komentar di kolom yang sudah di sediakan di bawah ini.

Tags
Explore Cirebon Jawa Barat Wonderful Indonesia
Share