4 Oleh-oleh Legendaris Lawang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Devi Ayu

Devi Ayu

On Indonesia

Lawang dikenal sebagai kota wisata, lengkap dengan aneka ragam kuliner khasnya. Di kota ini kita bisa menjumpai berbagai oleh-oleh legendaris Lawang yang terkenal di seantero Indonesia hingga mancanegara. Penasaran kan? Yuk kita kepoin oleh-oleh apa saja itu.

Depot HTS, Tempatnya Beli Onde-onde Legendaris

Onde-onde HTS via instagram/jastipsue

Depot Han Tjwan Sing atau yang lebih dikenal dengan Depot HTS, merupakan salah satu rumah makan yang menjadi persinggahan para pelancong yang melakukan perjalanan ke arah kota Malang. Depot ini berada di Jl. Dr. Wahidin 123, Lawang.

Menu rawon merah dan onde-ondenya menjadi menu yang paling digemari, baik penduduk setempat maupun yang berasal dari luar kota. Selain itu, depot ini juga menyediakan sop buntut, lontong cap gomeh, kare ayam dan berbagai ragam oleh-oleh.

Warung Mungil, Es Teler dan Kue Basahnya Juara

Kue basah warung Mungil via Facebook

Warung mungil berdiri sejak tahun 1985 di kota Lawang dan telah menjadi warung legendaris yang menjual berbagai makanan tradisional. Warung Mungil terkenal dengan es buah, es teler, jus alpukat, dan kue-kue basahnya yang lezat. Warung Mungil juga semakin inovatif dengan menjual berbagai masakan tradisional seperti Rujak cingur, Aneka Nasi Goreng, roti bakar, dan masih banyak lagi.

Warung ini sekarang memiliki lima cabang, yaitu di Kota Malang, Singosari, Batu, dan dua warung di Lawang. Selain itu aneka keripik khas Malang yang cocok menjadi camilan di perjalanan juga dijual di sini.

Agro Tawon, Jadikan Madu Oleh-olehmu dari Lawang

sarang madu via instagram/petikmadu

Produk apa saja yang tersedia di Agro Tawon? Pertama-tama memang madu, pengunjung juga dapat membeli madu yang masih tersimpan dalam sarang (comb honey). Toko oleh-oleh yang dimiliki oleh peternakan lebah ini juga menjual royal jelly (susu ratu). Royal jelly berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, perbaikan sel-sel yang rusak, mencegah rambut rontok, lemah syaraf, serta menyembuhkan berbagai radang termasuk hepatitis.

Ada produk bee pollen dan propolis juga. Bee pollen berguna untuk meningkatkan fungsi hati dan pencernaan, mengobati gangguan lambung, diabetes, dan insomnia. Jangan sampai kehabisan oleh-oleh legendaris lawang ini, Teman Traveler.

Bakpao Telo, Oleh-oleh Berwarna Ungu Penuh Gizi

Bakpao Telo memiliki beberapa outlet tempat penjualan oleh-oleh khas Ubi Ungu Malang. Berada di Jl. Raya Simping No 1, Purwodadi, Pasuruan yang merupakan outlet pusat, serta Telomart yang alamatnya di Jl. dr. Sutomo, Lawang, Malang.

Ubi Ungu di Bakpao Telo diolah menjadi berbagai macam makanan modern seperti Brownies Telo Kukus, Ice Cream Telo, Pizza Telo, Nugget Telo, Ice Cone Telo, Sandwich-Hotdog Telo dan masih banyak lagi. Oleh-oleh ikonik dari tempat ini adalah Bakpao dan bakpia telo ungu.

Itu dia empat rekomendasi oleh-oleh legendaris Lawang yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan. Selamat berbelanja!