4 Jajanan Pasar Lee Seung Gi, Idol Korea Syuting di Yogyakarta

Ada kabar gembira nih buat para penggemar drama Korea. Pasalnya salah satu aktor Korea Selatan, Lee Seung Gi secara tiba-tiba datang ke Yogyakarta pada Kamis 5 September 2019 kemarin. Kabarnya mereka sempat mencoba jajanan pasar Mbah Satinem yang sudah dikenal hingga ke luar negeri. Hmm, kira-kira apa saja jajanan pasar Lee Seung Gi?

Lupis

Kue Lupis via Instagram/@widjonoahmad

Sesampai di Jogja sebelum makan berat memang paling enak makan camilan dahulu. Lee Seung Gi dan Jasper Liu mencoba Lupis Mbah Satinem yang legendaris. Saking enaknya, Lupis Mbah Satinem ini juga pernah menjadi jajanan favorit mantan presiden Soeharto.

Lupis merupakan jajanan yang dibuat dari ketan lalu ditaburi dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Biasanya lupis berbentuk segitiga atau lontong. Untuk menambahkan aroma yang sedap biasanya lupis dibungkus menggunakan daun pisang.

Gatot

Jajanan Gatot via Instagram/@tulungagungtourism

Selain Lupis, Mbah Satinem juga menjual aneka macam jajanan pasar seperti Gatot. Gatot merupakan jajanan tradisional khas Gunung Kidul, Yogyakarta. Gatot ini terbuat dari singkong yang direbus kemudian dijemur namun tidak sampai kering. Nantinya Gatot ini akan dicampur dengan kelapa parut dan gula jawa untuk dikukus. 

Gatot ini memang paling pas dimakan selagi hangat. Bahkan sebagian besar daerah Gunung Kidul menjadikan gatot sebagai makanan pokok. Tak hanya warga lokal, wisatawan mancanegara pun juga ketagihan mencoba jajanan ini. 

Tiwul

Tiwul via Instagram/@yoe2n

Jajanan ketiga yang dicoba pemain drama Gumiho dan Vagabond ini adalah Tiwul. Perlu kamu tahu kalau Tiwul merupakan makanan tradisional Indonesia yang pernah menjadi makanan pokok pengganti beras. 

Tiwul terbuat dari tepung gaplek, tepung yang terbuat dari singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Untuk yang suka gurih bisa menambahkan parutan kelapa dan sedikit garam, sedangkan untuk pecinta manis bisa ditambahkan gula merah.

Cenil

Kue Cenil via Instagram/@meylasari13_

Terakhir jajanan favorit semua orang, ada cenil. Makanan yang biasa disajikan warna-warni ini selalu jadi jajanan favorit. Cenil merupakan jajanan yang terbuat dari pati ketela pohon yang direbus. Untuk lebih menambah selera, cenil biasanya ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Rasanya yang manis selalu bikin ketagihan.

Itu dia jajanan pasar Lee Seung Gi yang wajib dicoba. Meski tak bertemu langsung, namun kamu jadi bisa tahu jajanan pasar favoritnya. Jadi tertarik mau coba yang mana dulu?

Tags
jajanan tradisional Korea Selatan lee seung gi
Share