Liburan Singkat 2 Hari 1 Malam di Kabupaten Kerinci, Begini Caranya

Sebagian orang mungkin berpikir kalau berlibur ke Kabupaten Kerinci wajib mempunyai waktu luang yang banyak. Ini dikarenakan, menuju daerah tersebut membutuhkan waktu sekitar 8 jam dari pusat Kota Jambi. Padahal, apabila pintar mengatur waktu, Teman Traveler bisa liburan singkat selama 2 hari 1 malam untuk menikmati Kabupaten Kerinci. Kalau Teman Traveler penasaran seperti apa, berikut perjalanan yang bisa kalian terapkan.

Perjalanan Menuju Kerinci

liburan singkat kabupaten kerinci
Gunung Kerinci (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Memulai perjalanan ke Kabupaten Kerinci memang lebih baik dilakukan malam hari. Alasannya karena waktu perjalanan akan lebih cepat dibandingkan pada siang hari. Disarankan untuk berangkat pukul 19.00, agar sampai ke Kabupaten Kerinci bisa lebih pagi, yakni sekitar jam 07.00.

liburan singkat kabupaten kerinci
Danau Kerinci (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Ketika melakukan perjalanan, kalian bisa memilih dua tempat untuk istirahat sejenak. Pertama adalah Kota Bangko yang dari Kota Jambi memakan waktu sekitar 5 jam. Di sana terdapat pasar yang buka selama 24 jam. Teman Traveler bisa membeli nasi uduk dan kopi atau bandrek untuk minumannya.

Lalu tempat kedua yaitu Desa Muara Emat yang kurang lebih 6 jam dari Kota Jambi. Di wilayah tersebut ada Rumah Makan Romi yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Hari Pertama, Nikmati Air Terjun dan Mengunjungi Pemandian Air Panas

liburan singkat kabupaten kerinci
Pemandian air panas (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Di hari pertama, sebaiknya kalian menghabiskan waktu terlebih dulu di Desa Sungai Medang. Di sini ada pemandian air panas yang bisa kalian gunakan untuk berendam. Sangat pas untuk kalian yang ingin merilekskan otot setelah melakukan perjalanan jauh. Cukup dengan membayar Rp5 ribu, kalian sudah bisa menikmatinya.

liburan singkat kabupaten kerinci
Air Terjun Sungai Medang (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Nah, setelah puas berendam, kalian bisa berjalan agak jauh dari pemandian untuk menuju ke Air Terjun Sungai Mendang. Kelebihan dari air terjun ini adalah memiliki beberapa tingkatan yang jarang ditemukan pada air terjun lainnya.

Menuju ke Lokasi Berkemah

Area perkemahan R11 (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin hemat pengeluaran, bisa berkemah di lokasi bernama R11. Dari Desa Sungai Mendang, R11 bisa dicapai sekitar 3 jam lamanya. Bumi perkemahan ini dijamin tidak mengecewakan, karena pemandangannya sangat indah. Selain itu, udaranya sejuk lantaran R11 berada di kaki Gunung Tujuh.

Sungai kecil R11 (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Apabila kalian masih punya banyak waktu, berkunjunglah ke area bawah camp. Di sana ada sungai kecil yang jernih dan airnya menyegarkan. Biasanya, sungai ini digunakan untuk kebutuhan memasak dan juga minum para pendatang.

Hari Kedua, Main ke Pabrik Gula Sampai Kembali ke Jambi

Pabrik gula (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Di hari kedua yang sekaligus hari terakhir di Kabupaten Kerinci bisa kalian mulai dari pabrik gula. Lokasinya di R10 yang tidak begitu jauh dari R11. Di tempat ini, Teman Traveler tidak hanya dikenalkan dengan hasil produksinya. Tapi juga dari bahan mentahnya dan juga proses pembuatannya. Kalau kalian ingin membawa gula tebu ini, cukup membayar R4 ribu per kg.

Kebun teh (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Setelah dari pabrik gula, Teman Traveler langsung meluncur saja ke perkebunan teh yang lokasinya tidak terlalu jauh. Kalian akan melihat hamparan daun hijau yang menyejukkan mata. Di sini, kalian bisa dengan puas mengabadikan momen, tapi jangan sampai merusak kebun tehnya, ya.

Apabila dirasa cukup, kalian bisa langsung meneruskan perjalanan untuk kembali ke Kota Jambi. Jangan lupa mampir untuk istirahat, kalau badan sudah merasa lelah.

Bagaimana, menarik bukan liburan singkat selama 2 hari 1 malam di Kabupaten Kerinci? Jadi, jangan takut lagi kehabisan waktu untuk berlibur ke Gunung Indonesia satu ini.

Tags
Itinerari Jambi kabupaten kerinci kontributor liburan singkat kabupaten kerinci
Share