10 Landmark Terpopuler Sedunia Tahun 2016

no image available

no image available

Advertisement

Banyaknya traveler yang datang ke sebuah bangunan bersejarah membuatnya menjelma menjadi landmark yang sangat terkenal di dunia. Hal ini pula yang kemudian membuat traveler lain berlomba-lomba untuk datang atau menjadikannya sebagai destinasi impian. Untuk mengetahui landmark mana saja yang paling populer tahun 2016, situs TripAdvisor melakukan survey pada traveler di seluruh dunia yang menggunakan situs pencarian traveling terkemuka tersebut.

Dari hasil survey tersebut didapatkan 10 landmark paling populer di dunia tahun 2016. Daftar ini didapatkan dari akumulasi review traveler selama setahun terakhir sehingga di dapatkan data landmark yang dianggap paling top oleh traveler. Berikut hitung mundur landmark terpopuler tahun 2016 versi TripAdvisor Travelers’ Choice.

10. Milan Cathedral, Italia

Milan Cathedral atau katedral Milan adalah katedral Ghotic terbesar di dunia yang sekaligus menjadi landmark yang begitu ikonik di Italia bahkan Eropa. Gereja ini memiliki ukuran panjang 157 meter dan mampu menampung jamaah sebanyak 40.000 orang. Gereja ini selain sebagai tempat ibadah juga menjadi tujuan wisata yang terkenal di Italia khususnya kebanggaan kota Milan.

Pada tahun 2016 ini Katedral Milan dinobatkan sebagai landmark terpopuler sedunia di peringkat sepuluh oleh TripAdvisor Travelers’ Choice. Konstruksi bangunannya dimulai pada tahun 1386 dan butuh waktu sekitar 500 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. katedral ini memiliki 135 menara lengkap dengan 3.200 patung yang menghiasi atap.

9. Lincoln Memorial Reflecting Pool, Amerika Serikat

Bertengger di posisi sembilan ada Lincoln Memorial Reflecting Pool yang menjadi kebanggaan kota Washington, DC, Amerika Serikat. Landmark ini berupa kolam pantulan berukuran sangat besar yang dibangun tepat di sebelah timur Lincoln Memorial dan berada di kawasan National Mall.

Meski bentuknya hanya berupa kolam buatan dengan kedalaman kurang dari 1 meter namun setiap tahunnya kawasan ini mampu menarik wisatawan dengan jumlah yang fantastis. Tak kurang dari 24 juta pengunjung tercatat datang ke landmark yang dibangun tahun 1922 ini setiap tahun.

8. Alhambra, Spanyol

Bukan rahasia lagi jika Islam pernah berjaya di Eropa. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya bangunan peninggalan bercorak Islam yang ditemukan di negara-negara benua biru. Salah satunya adalah Alhambra di Spanyol yang notabene adalah bekas sebuah kompleks istana sekaligus benteng kekhalifahan Bani Ummayyah.

Alhambra ditemukan di daerah Granada, Spanyol bagian selatan dan dikenal pula dengan sebutan Al-Andalus yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Dahulu bangunan ini menjadi tempat tinggal khalifah dan para pembesarnya. Pada tahun 1984 UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia.

7. Church of the Savior on Spilt Blood, Rusia

Namanya unik, Church of the Savior on Spilt Blood adalah gereja sekaligus tujuan wisata yang wajib traveler kunjungi saat berkesempatan berlibur di kota St. Petersburg, Rusia. Sang perancang gereja ini tidak lain adalah Alfred Parland yang membangunnya pada akhir abad kesembilan belas.

Church of the Savior on Spilt Blood yang memiliki nama lain sebagai the Cathedral of the Resurrection of Christ atau Gereja Katedral Kebangkitan Kristus ini dibangun tepat di tempat Tsar Alexander II dibunuh pada Maret 1881. Oleh sebab itu gereja ini diberi nama Gereja yang Diselamatkan dari Darah.

6. Masque-Cathedral of Cordoba, Spanyol

Masque-Cathedral of Cordoba adalah bangunan yang sangat bersejarah dan menjadi saksi dari dua agama yang berbeda. Situs ini dikenal juga dengan nama Masjid Cordoba yang mana pada masa kekuasaan Islam di Spanyol bangunan ini digunakan sebagai masjid sebelum akhirnya diubah kembali sebagai katedral setelah pendudukan kembali Kristen atas tanah Spanyol.

Sejak tahun 1994, Masque-Cathedral of Cordoba telah ditetapkan sebagai peninggalan yang sangat bersejarah dan penting di dunia oleh UNESCO. Ruangan-ruangan dengan dekorasi Islami masih terlihat jelas di dalam ruangan katedral ini. Kini tempat ini menjadi salah satu landmark terkemuka di dunia yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

5. Taj Mahal, India

Untuk landmark berikut ini pasti sudah tidak asing lagi bagi traveler dunia. Sebuah bangunan yang notabene adalah musoleum atau monumen pemakaman yang begitu megah di kota Agra, India. Bangunan ini dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mendiang istrinya Mumtaz Mahal.

Taj Mahal dicatat oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1983. Bangunan sekaligus landmark terkenal India ini juga menjelma sebagai tujuan wisata populer yang dikunjungi tak kurang dari 8 juta wisatawan per tahun.

4. St Peter’s Basilica, Italia

St Peter’s Basilica, tak diragukan lagi bahwa bangunan ini adalah salah satu gereja terbesar di dunia yang berada di kota Vatikan, Roma, Italia. Arsitek gereja ini adalah dua seniman dunia bernama Michelangelo dan Bernini. Mereka menghasilkan sebuah maha karya seni arsitektur Renaissance yang begitu megah dan mengagumkan.

St Peter’s Basilica adalah salah satu situs paling suci dalam agama Katolik sekaligus dikenal sebagai tempat ziarah dan juga wisata religi. Pun demikian pengunjung gereja ini tidak sebatas pada penganut ajaran Katolik saja namun banyak pula pengunjung umum yang datang karena mengagumi seni arsitektur serta sejarahnya.

3. Angkor Wat, Kamboja

Mengisi tiga besar ada Angkor Wat di Kamboja yang merupakan sebuah kuil atau candi di kota Angkor. Kuil bercorak Hindu ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12 dan memakan waktu hingga 30 tahun pada proses pembangunannya.

Kawasan Angkor memang banyak ditemukan candi dan kuil namun hanya Angkor Wat saja yang masih utuh dan dalam kondisi yang baik. Hal tersebut disebabkan karena bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat ibadah ketika agama Buddha menggantikan Hindu di Kamboja. Bangunan yang juga tercatat sebagai Situs Warisan Dnia UNESCO ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan negara Kamboja untuk menggaet wisatawan asing.

2. Sheikh Zayed Grand Mosque Center, Uni Emirat Arab

Di posisi kedua dalam daftar landmark terpopuler di dunia tahun 2016 diisi oleh Sheikh Zayed Grand Mosque Center di Uni Emirat Arab. Masjid Agung Sheikh Zayed ini berada di kota Abu Dhabi dan memegang banyak rekor dunia yang membuat siapa saja terpana.

Beberapa rekor dunia yang disandang masjid nan megah ini antara lain masjid dengan lampu gantung terbesar di dunia serta masjid berlembaran karpet dengan bentang terluas di dunia. Sejak pembangunannya selesai masjid ini telah menjelma sebagai kekayaan arsitektural dunia Islam yang sangat mengagumkan.

1. Machu Piccu, Peru

Machu Piccu menjadi landmark terpopuler di dunia tahun 2016 di peringkat pertama. Situs ini berupa reruntuhan kota kuno bangsa Inca yang berada di wilayah pegunungan pada ketinggian 2.350 mdpl, di negara Peru.

Sejak ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983, Machu Picchu menjelma menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru yang banyak dikunjungi wisatawan. Hingga saat ini situs di puncak gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata impian banyak traveler dunia.

Advertisement
Tags
Landmark terpopuler di dunia Machu Picchu
Share