Wallpaper Komputer? Bukan! Ini Wisata Air Terjun Jawa Barat yang Super Cantik

Khususnya di daerah Jawa Barat, ada banyak sekali air terjun yang dapat ditemui. Rata-rata berada di wilayah objek wisata Bandung, Bogor sampai Sukabumi. Berikut ini 5 wisata air terjun Jawa Barat tercantik yang beberapa di antaranya masih jarang dikunjungi

1. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek [image source]
Mungkin tidak banyak orang, walaupun berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya, mengetahui atau mendengar nama air terjun Batu Templek. Curug satu ini terletak di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, kabupaten Bandung dan baru mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten setempat sekitar tahun 2015 lalu.

Curug Batu Templek [via mteddykurniawan]
Curug Batu Templek [via mteddykurniawan]
Untuk mengunjungi curug yang miliki ketinggian sekitar 52 meter ini, kamu dapat memulai perjalanan dari arah keluar Tol Pasteur ke arah Terminal Cicaheum atau jika dari arah Lapas Sukamiskin, ambil arah Jalan Pasir Impun. Sekitar 3 kilometer dari Jalan Pasir Impun, ikuti jalanan sampai tiba di Jalan Cisanggarung. Dari tempat ini, lokasi curug Batu Templek sudah dekat dan kamu dapat bertanya ke penduduk sekitar untuk rute selanjutnya. Sesampai di sana, kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos untuk parkir kendaraan saja.

Lokasi : Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, kabupaten Bandung

2. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa [image source]
Jika kamu pernah berkunjung ke curug Cikaso di Kabupaten Sukabumi, ternyata ada satu wisata Jawa Barat berupa air terjun lain yang tak kalah indah dan menawan, yaitu curug Cigangsa. Air terjun satu ini lokasinya sangat tersembunyi sehingga tidak banyak orang mengetahuinya. Secara geografis, air terjun ini terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cigangsa [image source]
Air terjun yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Kecamatan Surade atau 10 kilometer dari curug Cikaso ini harus ditempuh dengan jalan kaki melewati medan yang cukup menantang. Rute untuk menuju tempat ini cukup mudah, baik dari arah manapun, kamu hanya perlu berhenti di Lembur Situ dan menuju Kecamatan Surade yang kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 20-30 menit . Tiket masuk ke curug Cigangsa adalah sebesar Rp 3.000/orang.

Lokasi : Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

3. Curug Sawer

curug sawer [image source]
Masih di wilayah Kabupaten Sukabumi, ada satu lagi wisata air terjun yang lain dan tak kalah menariknya, yaitu curug Sawer. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini masuk dalam Kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP).  Dikatakan menarik karena, air terjun yang terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi ini dulunya merupakan tempat keramat dan dianggap angker oleh warga sekitar, namun dari tahun ke tahun justru curug Sawer menjadi obyek wisata yang sering digunakan untuk berkemah atau melakukan kegiatan luar ruangan (outbond).

curug sawer [image source]
Untuk menuju tempat ini tidaklah sukar karena kamu hanya perlu melalui alun-alun Cisaat dan belok ke kanan menuju Kadudampit. Dari tempat tersebut, kamu dapat langsung menuju lokasi. Walaupun tariff dapat berubah-ubah, namun pada dasarnya setiap orang yang ingin mengunjungi curug Sawer dikenakan biaya Rp 5.000/orang dan tambahan Rp 5.000 lagi bagi yang ingin berkemah.

Lokasi : Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi

4. Curug Malela

Curug Malela [image source]
Jika kamu mengira bahwa air terjun seperti Niagara hanya ada di luar negeri saja, maka ubah pandangan tersebut karena di Bandung ada air terjun yang memiliki karakteristik sama, yaitu curug Malela. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dengan lebar 50 meter. Jika debris air sedang deras-derasnya, maka pemandangan Niagara mini akan terpancar dari curug Malela ini.

Curug Malela [via id.chepy]
Curug Malela [via id.chepy]
Sayangnya, untuk menuju tempat indah ini harus dibutuhkan persiapan, khususnya stamina yang sangat prima karena kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 45 menit melewati medan yang cukup melelahkan. Namun seketika berada di sana, semua kelelahan akan terbayar tuntas tatkala keindahan dan pesona curug Malela menyapu pandangan.

Rute yang harus ditempuh jika menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju air terjun yang terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga  – Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat ini adalah menempuh perjalanan ke arah Cimahi, Batujajar, Cihampelas, Cililin, Sindang Kerta, Gunung Halu, Buni Jaya. Tapi jika kamu menggunakan angkutan umum, maka kamu perlu turun di Terminal leuwipanjang dan naik angkutan menuju Cimahi/Cililin yang mana oper lagi menggunakan bus jurusan Gunung Halu sampai di Terminal Buni Jaya. Biaya masuknya, kurang lebih Rp 10.000/1 motor (2 orang).

Lokasi : Desa Cicadas, Kecamatan Rongga  – Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat

5. Curug Parigi

Curug Parigi [image source]
Jika di Bandung Barat ada curug Malela yang dikatakan sebagai miniature Niagara, ada ‘cuilan’ Niagara lain yang terletak di Bantargebang, Bekasi, yaitu curug Parigi. Tentunya bagi warga Jakarta yang sumpek akan kesemrawutan Ibu Kota dan ingin refresh dan keluar dari rutinitas yang padat, maka curug Parigi adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, sangat indah, namun bau busuk terkadang menusuk hidung karena lokasi dari air terjun ini bersebelahan dengan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

Curug Parigi [image source]
Untuk menuju daerah ini, kamu dapat memulai perjalanan dengan mengambil rute dari Jalan Narogong Km 12,5 dan menerukannya sampai Pangkalan 5 yang merupakan bekas pangkalan truk pengangkut pasir. Dari tempat tersebut, kamu hanya perlu belok ke kiri sampai menjumpai sebuah perusahaan bernama PT Hakapole. Sesampai di sana, perjalanan dapat dilakukan dengan berjalan kakai, bersepeda atau juga naik motor.

Lokasi : Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat

6. Curug Cikaso

Curug Cikaso [image source]
Memiliki ketinggian sekitar 80 meter, mengalirkan sebuah keindahan yang nampak turun dari surga. Karena lokasinya yang berada di pedalaman, maka kamu harus menempuh berbagai rintangan berupa jalur membelah belantara. Jangan khawatir, karena menjelajah alam akan memberikan keseruan tersendiri.

Curug Cikaso [image source]
Lokasi : Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Sukabumi , Jawa Barat

Nah, ngapain juga harus jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat indahnya air terjun di negara lain jika di Indonesia sendiri tak kalah banyak destinasi wisata serupa yang siap menghibur mata. Next

Written by andi

andi