Mengenal Umroh Backpacker, Biaya Terbatas Tetap Bisa Ibadah

mengenal umroh backpacker

Banyak travel agen yang menyediakan jasa umroh. Harganya pun relatif mahal. Bahkan umroh pun ada yang VIP, layaknya haji. Tentu saja dengan fasilitas super enak selama berada di Tanah Suci. Lalu bagaimana dengan yang memiliki dana terbatas, namun juga rindu ingin ke rumah Allah? Nah, umroh backpacker lah jawabannya. Apa saja sih yang harus diurus untuk melakukan umroh backpacker? Ini dia daftarnya.

Urus Visa Terlebih Dahulu

Mengurus visa
Mengurus visa (image source)

Untuk melakukan umroh, kita harus mengurus visa terlebih dahulu. Arab Saudi tak menerima VoA (Visa on Arrival). Nah, sayangnya kini visa tak bisa dilakukan perorangan. Mau tak mau, kita akan meminta jasa agen travel untuk mengurus visa dengan imbalan tertentu. Untuk ini, kamu juga sudah harus menyertakan keterangan di hotel mana kamu akan tinggal. Lebih baik lagi kalau ada saudara atau kenalan yang tinggal di sana. Kamu akan lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk penginapan.

Visa Arab Saudi
Visa Arab Saudi (image source)

Hunting Promo Tiket

Hunting tiket murah
Hunting tiket murah (image source)

Yang selalu rajin dilakukan para traveller backpacker adalah hunting tiket promo. Pun untuk umroh ala backpacker ini. Cukup banyak maskapai yang menyediakan tiket murah ke Jeddah. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan yang langsung Jakarta – Jeddah. Kalau pun tak ada, kamu bisa mengakalinya dengan memilih yang transit di Kuala Lumpur. Kamu juga bisa mencari tiket jauh dari tanggal keberangkatan. Air Asia biasanya memberikan promo murah dengan rute Jakarta – Kuala Lumpur – Jeddah dengan harga kisaran 4,5 juta rupiah. Nah, bisa juga nih hunting tiket yang satu ini.

Pesan tiket jauh-jauh hari
Pesan tiket jauh-jauh hari (image source)

Hotel Agak Jauh Tapi Murah

Hotel jauh tapi murah
Hotel jauh tapi murah (image source)

Salah satu yang menjadi pertimbangan penting saat umroh atau berhaji adalah hotel/penginapan yang ditinggali saat berada di tanah suci. Yang paling dekat dengan masjid di Mekkah ataupun Madinah biasanya adalah hotel bintan 4 dan 5. Untuk kelas backpacker, jelas ini terlalu mahal. Untuk berhemat, pilih hotel biasa yang memang agak jauh dari masjid, namun murah meriah. Untuk ini, kamu harus punya stamina oke dan nggak rewel, ya. Namanya juga sedang berhemat dan nggak mau mahal. Bisa juga gunakan transportasi lokal atau bahkan menetap di masjid untuk menunggu saat sholat selanjutnya.

Jalan kaki dari hotel ke masjid
Jalan kaki dari hotel ke masjid (image source)

Masak Sendiri

Belanja buah di tanah suci
Belanja buah di tanah suci (image source)

Karena tak ikut dengan travel agen, kamu juga harus memperhitungkan biaya untuk makan sehari-hari. Agar bisa lebih berhemat, kamu juga memasak, lho. Bawa saja beras, juga lauk-lauk yang awet seperti abon, atau ikan asin, juga sambal-sambal instan yang kini sudah banyak dijual. Jangan khawatir, banyak penginapan yang juga menyediakan pantry atau dapur sebagai salah satu fasilitasnya. Kamu bisa berhemat dan menggunakan uang saku untuk membeli oleh-oleh atau transportasi saat wisata religi nantinya. Bisa juga memilih umroh saat Ramadhan. Selain tak perlu memusingkan uang makan, karena di masjid sudah disediakan makanan buka puasa. Hemat, deh!

Buka puasa bersama di masjid madinah
Buka puasa bersama di masjid madinah (image source)

Cari Teman Umroh

Umroh bareng sahabat
Umroh bareng sahabat (image source)

Usahakan jangan nekad untuk melakukan perjalanan umroh backpacker sendirian, ya. Apalagi untuk wanita, harus ada muhrim, atau keluarga laki-laki yang mendampingi. Seru juga kan kalau bisa umroh dengan sahabat kesayangan. Kamu bisa juga mencari kenalan di forum-forum umroh backaper untuk mencari teman yang pergi di waktu bersamaan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, seperti tersesat sendirian. Karena tak ikut travel agen, maka tidak akan ada guide yang mendampingi, lho. Selain bisa sebagai tambah teman, kenalan ini bisa diajak patungan untuk hotel atau penginapan, kan? Jadi lebih hemat lagi, deh.

Dewi Sandra dan Olla umroh bareng
Dewi Sandra dan Olla umroh bareng (image source)

Umroh backpacker ini jelas akan lebih lelah dan susah daripada mereka yang mau bayar mahal dengan ikut travel agen dengan fasilitas plus-plus. Namun kamu masih tetap bisa menikmati beberapa wisata Arab Saudi. Karenanya usahakan kamu punya fisik super sehat dan tak jatuh sakit saat beribadah, ya. Next