Tips Traveling di Negara Asia Tenggara, Cara Jitu Melancong Seru

Merasakan wisata luar negeri akan memberikan sensasi tersendiri. Kamu bisa mulai dari negara -negara tetangga yang masih masuk dalam kawasan Asia Tenggara. Ada Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei, Filipina, Malaysia, Singapura, hingga Timor Leste.  Agar liburanmu makin seru, coba perhatikan beberapa tips berikut ini ya!

1. Datanglah di Waktu yang Tepat

Datanglah di waktu yang tepat [image source]
Kawasan Asia Tenggara memiliki negara-negara yang secara umum memiliki iklim tropis. Tentu saja kamu tidak akan menemukan banyak perbedaan dengan suasana dan cuaca di Indonesia. Udara yang bervariasi mulai dari panas, sejuk dan dingin bisa kamu rasakan tergantung lokasi tujuan. Jika ke daerah pegunungan, maka kamu akan merasakan kesejukan dan hawa dingin. Sedangkan pantai menyuguhkan udara yang  panas tapi khas dengan aroma laut.

Asia Tenggara [image source]
Asia Tenggara [image source]
Sebelum benar-benar menginjakkan kaki di salah satu negara Asia Tenggara, kamu harus mengumpulkan informasi terlebih dahulu terkait lingkungan dan cuaca di negara tujuan. Meski secara umum sama, tapi setiap negara memiliki iklim mikro yang berbeda. Datanglah di waktu yang tepat, saat cuaca sedang cerah.  Dengan begitu kamu bisa menikmati liburan dengan maksimal.

2.  Berburu Tempat Terpencil Yang Belum Terkenal

Mengunjungi Tempat terpencil [image source]
Untuk sensasi liburan yang lebih menantang, kamu harus menghindari liburan yang begitu-begitu saja. Jauh-jauh keliling Asia Tenggara jika datangnya ke tempat yang ramai tentu bisa sangat membosankan. Kamu tentu bisa melakukannya di Indonesia. Belum lagi keramaian terkadang akan jadi kendala dan membuat liburanmu jadi tidak nyaman. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa berburu tempat-tempat terpencil yang masih belum banyak orang tau. Namun, menyuguhkan pemandangan yang begitu memukau.

Tempat Terpencil [image source]
Tempat Terpencil [image source]
Bukan hanya kebanggaan yang akan kamu dapatkan, tapi juga rasa bahagia karena melakukan liburan anti mainstream. Keliling di pusat kota memang seru, namun di beberapa negara seperti Kamboja justru petualangan alam jauh lebih menantang. Kamu juga bisa jelajah pantai di Myanmar  yang masih alami dan tidak banyak dikunjungi orang. Mungkin akses ke sana akan sulit, tapi perjuanganmu akan terbayarkan setelah melihat pemandangan yang benar-benar mengaggumkan

3. Mencoba Makanan Tradisional

Berburu kuliner [image source]
Ada beberapa hal wajib yang harus dilakukan jika kamu punya kesempatan liburan. Entah di dalam negeri, maupun di negara lain. Yang pertama dan utama tentu saja mengunjungi tempat-tempat wisata. Biar liburanmu makin lengkap kamu harus menggunakan lidah. Coba cicipi berbagai masakan tradisional di negara yang kamu tuju. Selain di pusat oleh-oleh, kamu bisa datang ke pasar atau beli di pedagang asongan pinggir jalan.

Makanan Tradisional [image source]
Makanan Tradisional [image source]
Bahkan ada beberapa tempat yang khusus menyediakan makanan khas dan berbagai jenis jajanan. Merasakan cita rasa yang mungkin asing di lidahmu akan membuat kamu memiliki pengalaman seru dan makanan adalah sesuatu yang ampuh membuat kamu selalu ingin kembali. Bahkan ada pusat kuliner yang menyajikan makanan ekstrem seperti serangga goreng atau bakar, tertarik untuk mencobanya?

4. Rencanakan Keuanganmu Selama Liburan

Rencanakan keuangan [image source]
Situasi dan kondisi bisa saja berbeda di negara yang kamu tuju. Cari tahu berbagai informasi terkait biaya perjalanan, penginapan, hingga berapa harga makanannya. Kadang sesuatu yang murah di tempat kita, bisa sangat mahal di tempat lain. Sesuaikan budget yang kamu anggarkan dengan negara tujuan.

Rencanakan keuangan [image source]
Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati wisata dengan nyaman. Entah dengan menginap di hotel mewah, atau sekadar tinggal di penginapan sederhana tapi murah. Rencanakan juga berapa uang yang bisa kamu habiskan per harinya sampai kamu pulang.  Mewah atau sederhana bukanlah masalah yang besar, jika kamu pintar mengatur keuangan selama liburan

5. Mengenal Budaya Penduduk Setempat

Mengenal Budaya Penduduk Setempat [image source]
Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya. Hingga saat ini sebagian besar tradisi yang telah diturunkan oleh nenek moyang masih tetap dijaga kelestariannya. begitu juga di beberapa negara lain khususnya yang ada di kawasan Asia Tenggara. Jangan lewatkan untuk mengunjungi desa-desa wisata yang menyuguhkan budaya asli masyarakat setempat.

Penduduk setempat [image source]
Penduduk setempat [image source]
Hal itu akan memperkaya wawasanmu bahwa dunia ini begitu luas dengan berbagai adat istiadat layaknya pernak-pernik yang menghiasi bumi ini. Jangan ragu untuk berdialog dengan penduduk setempat dan belajar banyak dari mereka. Selain itu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas berupa makanan atau kerajinan.

6. Tetap Perhatikan Keamanan

wisata ke Asia Tenggara [image source]
Ini penting sekali diperhatikan tidak peduli di mana atau kapan, apalagi jika kamu memutuskan ke tempat asing dengan berbagai hal baru. Akan ada banyak hal yang membingungkan dari mulai makanan hingga akomodasi, tetaplah tenang agar tidak menjadi target orang-orang jahat. Sebelum berangkat cari tahu dulu tentang keadaan di negara tujuan dan bagaimana cara menghubungi pihak keamanan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

wisata ke Asia Tenggara [image source]
Itulah beberapa tips jitu untuk kamu yang ingin bepergian ke negara-negara Asia Tenggara. Semoga liburanmu makin menyenangkan ya! Next