5 Stasiun Kereta Terbaik Indonesia 2019, Salah Satunya Punya Peron Super Megah!

Advertisement

Kereta api merupakan alternatif transportasi yang terbilang sudah cukup tua, eksis di Indonesia sejak zaman Belanda hingga kini. Pelayanannya pun terus berkembang pesat, dengan fasilitas yang kian canggih. Yuk, simak daftar 5 stasiun kereta terbaik Indonesia 2019 versi Travelingyuk berikut ini.

Stasiun Medan

Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia
Stasiun Medan via Instagram @enofunofotografi

Stasiun di Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat ini telah berdiri sejak tahun 1886-an. Selama perjalanannya, bangunan ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Bentuknya kini sudah berubah banyak dibanding desain aslinya, hanya menyisakan menara jam di depan stasiun, dipo lokomotif berarsitektur Belanda, bagian peron untuk jalur 2 dan 3, serta jembatan gantung di selatan stasiun.

Demi memaksimalkan pelayanan, Stasiun Medan pun berbenah sedemikian rupa. Salah satunya dengan meluncurkan kereta layang bandara. Para penumpang Bandara Internasional Kualanamu bisa langsung melakukan city check-in dari sini. Sekedar informasi, fasilitas semacam ini merupakan yang pertama di stasiun kereta Indonesia.

Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai via Instagram @krisna.asfiz

Stasiun satu ini bakal segera menggantikan Gambir pada 2021 mendatang. Nantinya stasiun di Jakarta bakal dilengkapi 10 kereta api layang dan 8 jalur di atas tanah. Pada 2021 mendatang, Layanan KRL, KA Bandara Internasional Soekarno Hatta,‎ dan KA jarak jauh dapat diakses dari Stasiun Manggarai.

Stasiun Solo Balapan

Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia
Stasiun Solo Balapan via Instagram @yahyaernand31

Stasiun kereta api terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Solo Balapan. Eksis sejak 1864, arsitekturnya sudah mengalami banyak perubahan, apalagi seiring pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo. Kini sudah ada ruang tunggu sekaligus peron yang mampu menampung sekitar 200 penumpang.

Peron dua lantai ini digadang-gadang sebagai yang termegah di Indonesia, berkat dindingnya yang terbuat dari tempered glass. Tempat ini juga terhubung dengan skybridge. Sementara jembatan penyeberangan penumpang di sekitarnya menyediakan akses langsung ke Terminal Bus Tirtonadi.

Stasiun Tugu Jogja

Stasiun Tugu Jogja via Instagram @pratama.mayang

Inilah salah satu stasiun yang dirasa cukup populer di kalangan pelancong. Menjadi tempat lalu lalang kereta api di kota yang menjadi tujuan liburan wisatawan dari penjuru Nusantara dan mancanegara. Bangunan Stasiun Tugu yang menghadap ke jalan utama Jogja ini cukup unik, sebab berada di tengah antara dua rel kereta api.

Stasiun Tugu Jogja yang pertama kali diresmikan tahun 1887 ini masih mempertahankan bentuk bangunan yang berdiri kokoh hingga kini. Hal ini kemungkinan berkat teknik arsitektur ala Belanda yang tetap menyesuaikan keadaan di Indonesia. Seperti adanya lubang dinding roster yang berfungsi sebagai cross ventilation dan pinggiran atap besar nan menjulang demi menunjang iklim tropis Indonesia.

Stasiun Bandung

Stasiun Bandung via Instagram @irfan_fanbastin

Stasiun terbaik di Indonesia berikutnya dipunyai oleh Bandung, berlokasi di Kebon Jeruk, Kecamatan Andir. Tempat lalu lalang kereta yang telah eksis sejak tahun 1884 ini acap kali menjadi stasiun percontohan. Sebut saja ketika pertama kali diterapkan sistem check-in dan boarding pass sejak 2016. Pun mekanisme pemeriksaan bagasi menggunakan sinar-X mulai Oktober 2018 lalu.

5 stasiun kereta terbaik Indonesia di atas dengan setia melayani pelancong sepenuh hati. Teman Traveler apakah termasuk penikmat kereta api juga?

Advertisement
Tags
Akomodasi Indonesia Stasiun Kereta Api Stasiun Kereta Api Terbaik di Indonesia
Share