Soto Sangka, Kuliner Legendaris di Banyumas yang Jadi Langganan Pejabat

Ingin berburu kuliner ke Jawa Tengah? Coba menjelajahi Purwokerto, Banyumas. Di kota ini banyak sekali kedai legendaris yang masih mempertahankan cita rasa aslinya. Seperti Soto Sangka yang terkenal enak walaupun dalam porsi mangkuk kecil. Kamu yang sekali mencobanya, bakal ketagihan dengan makanan satu ini. Wah, apa sih rahasia dari warung sederhana di sudut Banyumas ini? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

1. Kedai Sederhana dengan Kuliner Mewah

Soto Sangka Enak di Banyumas
Soto Sangka Enak di Banyumas [image source]
Jangan harap menyantap makanan ini di restoran mewah. Ternyata Soto Sangka dijual di sebuah warung yang hanya berukuran 4 x 6 m. Di dalamnya tersedia 3 meja dengan 15 kursi plastik. Meski sederhana, citarasa dari kuliner tersebut tentu enak dan nendang di lidah. Kamu pun bakalan betah berlama-lama setelah tahu bagaimana rasa dari seporsi nasi dan kuah berbumbu yang menggiurkan ini.

Kedai Soto Sangka
Kedai Soto Sangka [image source]

2. Unik dan Dimasak di atas Tungku

Soto di Atas Tungku
Soto di Atas Tungku [image source]
Meskipun sederhana, tapi tetap saja banyak mobil mewah mampir di warung ini. Bagaimana tidak, hidangan ketupat, suwiran daging ayam kampung serta kuah kaya rempahnya begitu terasa di lidah. Ternyata, rahasia dari kelezatan soto ini ada pada cara mereka memasak yang masih menggunakan kayu bakar. Selain itu, bumbu yang digunakan juga racikan lama berupa jahe kunir, merica bala, bawang putih, dan bawang merah. Wah, sepertinya pemilik warung yang bernama Sumardi ini masih mempertahankan tradisi keluarga ya!

Soto Enak di Banyumas
Soto Enak di Banyumas [image source]

3. Sajian Lezat dengan Harga Murah Meriah

Kuliner Enak di Banyumas
Kuliner Enak di Banyumas [image source]
Untuk dapat menikmati kuliner legendaris yang telah berusia 92 tahun ini, kamu tidak perlu takut mahal. Harga untuk satu porsi soto sangka hanya Rp3.000,-. Biasanya, pengunjung yang datang ke sini selalu memesan dua porsi, dikarenakan takaran sotonya terlalu sedikit. Tidak hanya wisatawan saja yang berkunjung ke kedai Soto Sangka, tapi beberapa pejabat tinggi di Jakarta juga sering mampir. Sebut saja Jenderal (Purn) Surono yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator bidang politik dan keamanan pada masa Orde Baru. Wah, ternyata Tempat makan milik keluarga Sumardi ini cukup terkenal ya!

Soto Sangka di Banyumas
Soto Sangka di Banyumas [image source]

4. Berlanjut Liburan di Objek Wisata

Alun Alun Banyumas
Alun Alun Banyumas [image source]
Setelah menyantap soto sangka di Jalan Karangsawah, Desa Kedunguter. Coba lanjutkan perjalananmu ke objek wisata Banyumas seperti Alun Alun. Letaknya tidak jauh dan hanya berjarak 600 m dari kedai Pak Sumardi. Nah, jika ingin lebih banyak menjelajah kota ini, boleh juga untuk berkunjung ke Baturaden yang bisa di tempuh selama 1 jam perjalanan. Sekalian juga menikmati keindahan Pancuran Telu yang masih berada di kawasan Baturaden.

Curug Telu
Curug Telu [image source]

5. Bermalam di Hotel Sekitar Purwokerto

Hotel Santika Purwokerto
Hotel Santika Purwokerto [image source]
Puas jalan-jalan dan menikmati soto khas Banyumas, istirahatkan tubuhmu. Tidak perlu khawatir, Ibukota Banyumas memiliki banyak akomodasi yang menyenangkan. Sebut saja Hotel Santika Purwokerto yang berjarak 15 km dari kedai Soto Sangka. Selain nyaman dan aman di kantong, akomodasi ini juga terbilang dekat dengan berbagai objek wisata seperti Alun-Alun Purwokerto.

Alun Alun Purwokerto
Alun Alun Purwokerto [image source]
Nama : Soto Sangka
Lokasi : Kedunguter, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53193
Jam Buka : 15:00 – 09:00
Harga : mulai Rp3.000,-

Berburu kuliner Banyumas kini makin menyenangkan bukan? Nah, jangan lupa untuk masukkan Soto Sangka dalam daftar tujuanmu berikutnya. Dijamin tidak akan menyesal mampir ke kedai sederhana ini. Next