Desa Paling Indah di Jepang, Kapan Main ke Sini?

Salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia selain Singapura adalah Jepang. Ya, negara di Asia bagian timur ini memang memiliki daya tarik sendiri sehingga banyak traveler asal tanah air berbondong-bondong ke sana. Sayangnya, mereka lebih memilih untuk menginjakkan kaki di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Osaka dan Hiroshima. Padahal, ada satu tempat lagi yang tidak kalah eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Wah, apa sih namanya?

1. Desa Kecil di Sekitar Kota Toyama

Desa Bersejarah di Jepang
Desa Bersejarah di Jepang [image source]
Toyama juga memiliki jumlah wisatawan yang banyak di tiap tahunnya. Sebagian besar dari mereka ke sini hanya ingin merasakan sensasinya berendam air panas di kawasan dingin. Padahal, kota ini ternyata cukup dekat dengan desa kecil yang menarik untuk dijelajahi. Apalagi kalau bukan Shirakawa-Go, desa bersejarah yang merupakan situs warisan dunia yang berada di Jepang. Ya, semua rumah yang berjumlah 114 buah di desa ini memiliki bentuk hampir sama dengan bentuk tradisional yang tidak termakan oleh waktu. Keren kan?

Pemandangan di Shirakawa-Go
Pemandangan di Shirakawa-Go [image source]

2. Destinasi Wisata Alam yang Sempurna di Jepang

Shirakawa-Go dari Atas
Shirakawa-Go dari Atas [image source]
Nama Shirakawa-go sebenarnya sudah lama disebutkan oleh banyak orang. Pemandangan desa ini juga sering terlihat di foto-foto kalender zaman dulu. Tidak jauh beda, keindahan alamnya masih eksotis dan sama sekali tidak berubah. Bahkan kokohnya pegunungan Hakusan yang membentang dari Gifu hingga Toyama masih terlihat hijau dan asri. Belum lagi dengan aliran Sungai Shogawa yang tetap jernih. Pesona perkampungan ini memang sangat unik. Tidak hanya di musim panas, saat salju pun keindahannya makin berlipat dan membuat siapapun jatuh cinta, termasuk kamu.

Kampung di Shirakawa-Go
Kampung di Shirakawa-Go [image source]

3. Mengintip Rumah Adat yang Tidak Unik

OOTD di Shirakawa-Go
OOTD di Shirakawa-Go [image source]
Letaknya yang berada di ketinggian 350 hingga 2702 mdpl membuat Shirakawa-go sering dituruni oleh salju lebat. Meski dinginnya bikin malas keluar, namun kamu pasti jatuh cinta dengan pesona es yang menumpuk di atas rumah. Apalagi lautan salju yang terlihat membanjiri beberapa sudut. Tidak perlu lama-lama berada di luar, kamu bisa mengunjungi rumah penduduk yang memang dibuka untuk wisatawan, seperti Wada House. Nah, saat kunjungan tersebut, kamu bisa melihat bagaimana desain dari rumah adat baik dari lantai satu maupun di lantai duanya. Ingat, untuk masuk rumah ini tidak gratis loh.

Rumah adat di Shirakawa-Go
Rumah adat di Shirakawa-Go [image source]

4. Akses Menuju Desa Bersejarah di Jepang

Pemandangan Desa dari atas
Pemandangan Desa dari atas [image source]
Selain digunakan untuk tempat berwisata, rumah di Shirakawa-go juga digunakan untuk akomodasi, museum, rumah ibadah bahkan kandang kuda. Kerennya lagi, hampir semua bangunan sudah berusia puluhan tahun hingga berabad-abad. Untuk kamu yang berniat untuk ke sini cukup mudah loh. Dari Tokyo, kamu bisa melakukan perjalanan menuju Nagoya dengan naik Shinkansen. Dari Nagoya, lanjutkan perjalananmu dengan menaiki kereta JR ke stasiun Takayama. Dari kota ini, kamu bisa menaiki bus selama 50 menit hingga sampai tujuan.

Pesona Desa Shirakawa-Go
Pesona Desa Shirakawa-Go [image source]

5. Akomodasi dan Tempat Makan di Sekitar Shirakawa-go

Guest House Ouka
Guest House Ouka [image source]
Shirakawa-go memang menyediakan rumah untuk penginapan. Namun, ada baiknya bermalam di Takayama karena layanan umum lebih lengkap di kota ini. Salah satu tempat bermalam yang dapat kamu coba adalah Guest House Ouka yang berlokasi tidak jauh dari stasiun. Untuk kuliner, ada berbagai makanan enak yang bisa kamu coba. Salah satunya Hida Beef Ramen & Beef Sushi yang letaknya sekitar 900 m dari Ouka. Nah, untuk oleh-oleh kamu juga berkeliling kota Takayama. Di sini, cukup banyak toko yang menawarkan ragam buah tangan yang unik.

Hida Beef Ramen
Hida Beef Ramen [image source]
Nama : Shirakawa-Go
Alamat: Shirakawa, Distrik Ono, Prefektur Gifu , Jepang
Telepon: +81 5769-6-1013

Nah, percaya kan jika Jepang tidak hanya memiliki Tokyo saja. Namun, keindahan alam yang menakjubkan banyak ditemui di sudut lain. Wah, makin penasaran dengan Shirakawa-go. Jadi, kapan nih traveling ke sini? Next