Menantang Maut, Para Remaja ini Berenang di Tengah Badai dan Ombak Besar

Apa yang ada di benakmu jika ditanya soal laut dan pantai? Pasti ingatanmu akan tertuju pada keindahan bawah laut di kawasan wisata bahari Raja Ampat atau pantai-pantai keren di Bali. Ya, tidak ada yang memungkiri jika pantai adalah tempat yang menyuguhkan pemandangan surgawi yang begitu cantik. Tapi jangan sampai kamu terlena dengan keindahannya, ternyata pantai juga bisa jadi tempat paling berbahaya bahkan dapat menghilangkan nyawa orang. Itulah mengapa kamu harus hati-hati dan mematuhi segala aturan yang dibuat demi keselamatan.

Mungkin kamu pernah mendengar berita tentang orang yang tewas tenggelam atau hilang entah ke mana karena terseret ombak. Di belahan dunia lain juga seperti itu, keselamatan harus menjadi prioritas terpenting dibanding berburu keindahan atau sekadar menyaksikan fenomena alam. Beberapa waktu yang lalu terjadi peristiwa yang mengejutkan di Inggris, tepatnya di Pantai Barricane. Pasalnya, ada dua remaja yang menantang maut dan terlihat berenang di laut. Namun mereka ada di tempat dan waktu yang salah, yaitu saat terjadi badai. Badai membuat laut jadi tidak tenang dan mengirimkan ombak-ombak besar yang menggulung dan menyapu apa saja. Termasuk manusia yang tidak berhati-hati.

1. Foto Mengejutkan, Tapi Juga Bikin Sadar Akan Bahaya Laut

Seorang fotografer berhasil mengambil gambar momen-momen mendebarkan di mana dua remaja wanita yang bersaudara sedang berjuang antara hidup dan mati serta bergantung pada keberuntungan. Bagaimana tidak, ombak yang besar bisa kapan saja menghempaskan mereka ke bebatuan tajam yang siap menyumbang luka robek hingga meremukkan tulang. Dalam kasus yang parah, seseorang bisa kehilangan nyawa. Dari foto-foto tersebut, sang fotografer berharap bisa membuat banyak orang, terutama orang tua sadar bagaimana berbahayanya laut pada saat tertentu, apalagi jika terjadi badai. Memang benar, siapapun yang  melihat dua orang remaja itu terombang-ambing akan langsung tenggelam dalam kengerian dan sadar bahwa hati-hati dan tidak sembrono itu sangat penting di mana saja kita berada.

Dua remaja menantang maut [image source]
Dua remaja menantang maut [image source]
Otoritas setempat sudah sering mengingatkan para pengunjung Pantai Barricane untuk menjauhi bibir pantai dan tebing saat terjadi badai dan terjangan gelombang besar. Namun hempasan ombak yang menghantam bebatuan terkadang malah dijadikan hiburan tersendiri. Bagaimana buih-buih putih tercipta akibat benturan air laut dengan bebatuan, menyimbolkan amukan alam daripada seperti keindahan yang anggun dan cantik. Seperti itulah bumi ini, berbagai peristiwa alam termasuk bencana bisa terjadi kapan saja. Sekali lagi, kehati-hatian adalah sikap yang penting dimiliki oleh siapapun untuk melindungi dirinya sendiri.

2. Korban Lain yang Bernasib Malang

Seorang wanita yang tidak ingin disebutkan namanya sempat mengatakan jika badai di Bulan Agustus adalah suatu hal yang tidak biasa, kamu dapat menyaksikan sebuah kekuatan besar berupa lonjakan gelombang yang menghantam karang memicu suara gemuruh yang begitu keras. Seseorang yang terbawa ombak, tidak akan memiliki kontrol terhadap tubuhnya, jadi mau berenang menuju tempat yang lebih aman juga sangat sulit. Hampir tidak ada yang bisa dilakukan selain bertahan hidup dan menunggu bantuan.

Misi penyelamatan di Newquay [image source]
Misi penyelamatan di Newquay [image source]
Sebelumnya sempat terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh badai dan ombak besar. Badai yang belum lama terjadi itu menelan korban seorang ayah dan anak perempuan yang masih berumur  2 tahun. Awalnya, sebuah keluarga menuju pantai untuk berwisata, namun badai yang terjadi justru menarik perhatian mereka hingga mendekat ke pinggir tebing. Tanpa diduga sama sekali, ada gelombang besar menyeret seorang ayah berumur 30an dan anak perempuannya. Segera setelah itu, pihak keamanan setempat segera meminta bantuan dan dikirimlah bala bantuan untuk menyelamatkan ayah dan anak yang bernasib malang itu.

Keduanya berhasil diangkat dari laut, namun dalam kondisi yang memprihatinkan. RNLI yang memimpin misi penyelamatan tidak bisa melakukan banyak hal hingga akhirnya laki-laki tersebut meninggal dunia. Sedangkan anaknya berhasil diselamtakan namun dalam kondisi kritis. Korban tersebut diketahui bernama Rudy Bruynius. Peristiwa ini terjadi di Pantai Fristal, Newquay, Inggris.

3. Sekilas Tentang Pantai Barricane

Terlepas dari berita-berita menyedihkan yang mengelilinginnya. Pantai-pantai di Inggris memang menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona. Termasuk juga Pantai Barricane yang terletak di Woolacombe. Masyarakat setempat juga sering menyebutnya dengan nama Pantai Combesgate. Dalam keadaan tenang tanpa badai, kamu bisa menyaksikan ombak-ombak laut yang mengalir melewati celah-celah bebatuan. Belum lagi hamparan pasir pantai dan birunya air laut membuat suasana di Pantai Barricane begitu mempesona.

Tim penyelamat pantai [image source]
Tim penyelamat pantai [image source]
Jika kamu berkesempatan untuk melancong ke Inggris, pasti akan menyesal jika tidak menyempatkan untuk datang ke Pantai Barricane. Selain keindahan alamnya, Pantai Barricane juga terkenal dengan kerang-kerang laut. Selain berenang, kamu juga bisa berselancar menaklukkan gulungan ombak yang begitu eksotis. Berbagai fasilitas tersedia untuk para pengunjung.

Tidak bersikap sombong apalagi jika berhadapan dengan alam adalah tindakan yang bijaksana. Bukannya malah menantang bahaya, maka sebaiknya ke mana saja kita akan pergi harus selalu hati-hati dan bersikap baik. Semoga foto-foto remaja yang menantang maut dengan berenang di tengah badai dan gelombang besar tersebut bisa kita jadikan pelajaran berharga ya! Next