Madiun Punya Nasi Jotos, Enaknya Bukan Sekadar Mitos

Kalau dalam bahasa Jawa, jotos bisa berarti pukulan atau tinjuan. Namun kamu tidak perlu khawatir, yang namanya Nasi Jotos tidak akan membuat dompetmu babak belur. Dengan kata lain harganya murah dan jadi salah satu ciri khas Madiun. Kamu pasti penasaran dengan kuliner ini bukan? Simak ulasan selengkapmya di bawah ini.

1. Nasi Jotos Ca’e

Nasi Jotos di Madiun [image source]
Sebelumnya, kamu perlu tahu dulu bahwa penyebutan nasi jotos didasarkan pada bentuk bungkusan yang menyerupai kepalan tangan. Mirip-mirip dengan sego kucing ala Jogja maupun nasi jinggo Bali. Tempat pertama yang bisa kamu datangi untuk mengincipi rasa yang otentik adalah Warung Ca’e spesial Nasi Jotos. Dalam satu porsi ada nasi lengkap dengan lauk sederhana seperti telur, tempe dan tahu. Namun yang membuatnya tetap istimewa adalah sambalnya. Menu ini bisa sekalian kamu coba swaktu mampir ke Air Terjun Slampir, jaraknya sekitar 20 km ke arah selatan, lho.

Nasi jotos Jalan Mangga [image source]
Lokasi :  Jl. Mangga, Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

2. Nasi Jotos Mbak Rom

Ilustrasi Nasi jotos [image souce]
Nasi Jotos biasanya hadir dengan kopi dan minuman hangat lainnya. Paling nikmat disantap malam hari sepulang kerja sambil nongkrong bersama sahabat membicarakan banyak hal. Kombinasi lauk yang pas mulai dari tempe hingga olahan mie selalu jadi kenikmatan tersendiri. Sama halnya dengan dagangan di Warung Mbak Rom, nasi jotosnya enak dan mantap. Jika masih kurang, kamu bisa berjalan sedikit sekitar 100 meter, ada Nasi Pecel 99 yang lezat dan legendaris.

Ilustrasi Nasi jotos [image souce]
Lokasi :  Jl. Sawo Bar., Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

3. Nasi Jotos Bu Nur

Ilustrasi Nasi jotos [image souce]
Jika kamu melewati jalur lintas yang menghubungkan Nganjuk dan Madiun bisa banget ke Warung Bu Nur untuk mencoba nasi Jotos sekalian istirahat. Dari jalan utama tersebut jaraknya sekitar 2,5 km. Kamu tinggal masuk ke jalan Ringroad barat kemudan belok menuju Jalan raya sidomulyo. Kamu dapat beli dari pukul 5 sore hingga tengah malam.

Ilustrasi Nasi jotos [image souce]
Lokasi :  Sidomulyo, Sawahan, Madiun, Jawa Timur

4. Warung Sego Jotos Mbak Yem

Nasi jotos Madiun [image source]
Saat ini memang tidak terlalu banyak penjual nasi jotos di Madiun, namun jika kamu ingin menenukannya dengan mudah bisa langsung datang ke Jalan Sendang. Di sekitarnya ada beberapa penjual makanan termasuk nasi jotos Mbak Yem. Bahkan kamu  bebas memilih lauk sesuaseleramu. Pilihan kuliner Madiun lainnya juga pasti melimpah. Mulai dari pecel hingga minuman yang segar-segar semuanya ada.

Nasi jotos Madiun [image source]
Lokasi : Jl. Sendang, Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur Next

Kuliner pecel di Madiun memang juara, tapi nasi jotos juga istimewa. Tak perlu bingung memilih sementara kamu bisa menyantap semuanya. Jika ada kesempatan ke Madiun, jangan sampai lupa mencobanya ya!