Mencicipi Kuliner di Bandung yang Belum Kamu Coba Sebelumnya

Tidak hanya dikenal sebagai kota kiblat fashion di pulau Jawa. Bandung juga dikenal dengan berbagai macam kulinernya yang mampu menembus pasar di segala penjuru pulau Jawa. Di Bandung, aneka ragam kuliner lezat akan membuat mulutmu terus bernafsu untuk mengunyah. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Kembang ini memang memiliki berjibun destinasi kuliner yang layak untuk dicoba. Sudah memiliki list destinasi sekaligus menikmati kuliner di kota Bandung? Berikut beberapa rekomendasi dari Budiman Halim, seorang foodies berdomisili di Cirebon yang berwisata kuliner di kota Bandung.

Sop Konro Marannu, Cita Rasa Bugis di Tengah Masyarakat Sunda

Sajian di Sop Konro Marunnu
Sajian di Sop Konro Marunnu [image source]
Jalan Riau di kota Bandung memang terkenal sebagai wilayah yang ramai dengan factory outlet dan juga kuliner-kuliner nikmat yang tersebar di sepanjang jalan Riau. Salah satunya adalah Sop Konro Marannu. Terbuat dari iga sapi yang disajikan lengkap dengan kuah coklat berkomposisi rempah-rempah, menjadi teman yang cocok untuk dinikmati kala hujan. Berdasarkan dari informasi Budiman Halim, di tempat ini juga menyajikan konro bakar. Yang kabarnya adalah resep modifikasi dari tempat ini yang telah disesuaikan dengan lidah orang Bandung.

Fi kuliner bandung
Konro bakar yang aromanya menarik pengunjung [image source]
Sop Konro Marranu
Alamat: Jalan Riau No. 189, Bandung
Jam Buka: 10.00-22.00
Phone: 085794713769

Tulang Jambal, Ruang Makan untuk Pecandu Pedas

Ikan jambal pedas yang siap disantap
Ikan jambal pedas yang siap disantap [image source]
Walaupun telah banyak kuliner yang lebih modern, rasanya belum rela meninggalkan kuliner tradisional asal Indonesia. Karena rempah-rempah yang biasa digunakan untuk komposisi makanan inilah yang membuat masakan Indonesia sangat nendang di lidah. Salah satunya adalah tulang jambal yang terletak di jalan Sultan Tirtayasa no 54, Bandung. Tulang Jambal disajikan dengan kuah merah berminyak yang berasal dari olahan cabai. Ternyata, tulang jambal adalah kuliner yang berasal dari olahan tulang manyung atau ikan yang biasa diolah menjadi ikan asin. Menurut Budiman Halim, yang pertama kali terasa adalah pedas diikuti manis dan gurih, kemudian barulah tercecap rempah-rempah yang digunakan, tomat dan bawang yang rasanya cukup dominan, dan melihat biji-biji hitam yang tersebar di kuah serta aroma khasnya.

Kelihatan kira-kira ada berapa banyak cabe di dalamnya?
Kelihatan kira-kira ada berapa banyak cabe di dalamnya? [image source]
Tulang Jambal
Alamat: Jalan Sultan Tirtayasa No. 54, Bandung

Baso Aci Ganteng, Nikmat Lahir Batin

Gerobak asyik baso aci ganteng
Gerobak asyik baso aci ganteng [image source]
Yang satunya ini sangat identik dengan kuliner Jawa Barat. Aci atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut tepung tapioka. Akan tetapi, cara penyajian di sini juga tergolong menarik. Satu porsi aci ganteng berisi aci dengan sedikit gilingan ayam di dalamnya, kemudian cuankie atau cireng, cuankie tahu, dan taburan sukro cikur. Kombinasi tersebut kemudian disiram dengan kuah panas.

Penyahian baso aci yang mirip dengan bakso
Penyajian baso aci yang mirip dengan bakso [image source]
Baso Aci Ganteng
Alamat: Jalan Japati, Bandung
Jam Buka: 16.00-24.00

Terminale Penyejuk di kala Terik

Display gelato di Terminale
Display gelato di Terminale [image source]
Jika kamu bosan dengan main course dan menu tradisional. Terminale bisa jadi jawaban untuk opsi destinasimu. Jika matahari siang semakin terik, menikmati gelato adalah pilihan yang tepat. Mungkin ada yang bertanya apa bedanya gelato dengan es krim? Nah, Gelato memang serupa dengan es krim. Hanya saja memiliki kandungan susu yang lebih banyak daripada es krim. Di tempat ini kamu bisa mencicipi varian rasa yang ada di display sebelum memesan gelatomu.

Rum raisin, salah satu varian menu gelato
Rum raisin, salah satu varian menu gelato [image source]
Terminale Gelato
Alamat: Living Plaza Dago blok UG, Jl. Ir. H. Juanda,No. 61-63, Bandung.

Dari beberapa rekomendasi di atas, mana yang sangat cocok dengan kamu?

 

  Next