Hati-hati Sengatan Listrik Saat Mandi Hot Shower

Traveling atau keliling ke berbagai tempat dengan keindahan eksotis tak selamanya membawa cerita kebahagiaan. Di samping foto-foto pantai dengan air super jernih seperti di Lombok, atau pegunungan asri yang menyejukkan di dataran tinggi Jawa Barat, mungkin ada kejadian tak mengenakkan.

Ibu Penyu, Traveler yang Kesetrum Hingga Meninggal

Sobar dan Ibu Penyu
Sobar dan Ibu Penyu [image source]
Beberapa waktu yang lalu, berita menyedihkan datang dari dunia traveling tanah air. Vindhya Birahmatika Sabnani, traveler yang lebih dikenal dengan nama Ibu Penyu ini merupakan salah satu traveler Indonesia yang dikenal karena senyumnya yang ramah. Bersama dengan sahabatnya, Sobar, Ibu Penyu mendirikan open trip Sumba dengan nama Likethisadventure. Sayangnya, kedua sahabat ini harus sampai diujung petualangannya karena sebuah musibah. Saat nge-trip ke Ende, Flores. Petualang ini tersengat listrik di kamar mandi sebuah hotel yang ditempatinya. Saat meminta tolong pada temannya, Sobar, keduanya malah kesetrum hingga meninggal dunia.

Ibu Penyu
Ibu Penyu [image source]

Blogger Cantik yang Bernasib Sama

Blogger Rini Cecilia
Blogger Rini Cecilia [image source]
Tragedi serupa rupanya juga terjadi belum lama ini, menimpa seorang blogger cantik, Rini Cecilia. Rini meninggal seketika setelah tersengat listrik dari shower air panas yang digunakanya saat berada di Bali. Rupanya, pemanas air mengalami kerusakan sehingga arus listrik mengalir bersama dengan air, membuat si cantik ini langsung tersengat listrik. Jenazahnya ditemukan dengan luka bakar dari kabel shower yang melilit tubuhnya. Kepergian Rini yang tiba-tiba menyisakan kesediahan yang mendalam bagi pembaca blog dan follower di akun sosial medianya.

Rini [image source]

Mengenal Bahaya Listrik di Kamar Mandi

Water heater di kamar mandi
Water heater di kamar mandi [image source]
Tragedi yang mengejutkan di atas sekaligus membuat kita tersadar akan bahaya yang bisa ditimbulkan barang-barang elektronik. Selain pemanas air, tempat menginap biasanya juga menyediakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Bahkan biasanya disediakan colokan yang sering digunakan untuk mengisi daya telepon genggammu. Selama bisa dilakukan di luar, hindari kamar mandi, menjauhi air untuk melakukan hal yang membutuhkan listrik. Jika memutuskan untuk memasang pemanas air, letakan mesin di luar kamar mandi.

Hairdryer Hotel
Hairdryer Hotel [image source]

Tips Untuk Terhindar dari Sengatan Listrik

Kamar mandi di hotel
Kamar mandi di hotel [image source]
Saat sedang berlibur ke daerah pegunungan, tentu saja mandi air hangat sangat diperlukan. Namun, sebelum menggunakan sebaiknya perhatikan apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak. Dan jika tidak terlalu urgent, hindari menggunakan barang-barang elektronik di kamar mandi. Biarkan shower pada tempatnya. Jangan sampai mengoperasikan peralatan tersebut dengan tangan yang basah karena jika aliran listrik sedang bocor, maka akan langsung menyengatmu karena air merupakan salah satu penghantar listrik.

Kamar mandi hotel
Kamar mandi hotel [image source]
Nah, sebaiknya kita bisa belajar banyak hal dari tragedi yang tidak mengenakkan agar tidak menjadi korban. Jangan lupa mengingatkan teman traveling supaya bisa lebih hati-hati juga. Setuju, kan? Next