7 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Kebun binatang merupakan salah satu tempat rekreasi sekaligus edukasi menarik bagi semua kalangan. Baik itu tua ataupun muda, anak kecil hingga orang dewasa tentu akan merasa senang jika berkunjung kemari, terutama jika ia adalah seorang pecinta satwa. Di Indonesia sendiri memiliki cukup banyak lokasi wisata semacam ini, namun sayangnya beberapa di antaranya kurang mendapat perhatian. Dan Travelingyuk telah merangkum beberapa kebun binatang terbaik di Indonesia yang recommended untuk dikunjungi di akhir pekan bersama teman maupun keluarga.

1. Taman Safari Indonesia

Salah seorang pengunjung berfoto dengan orang utan di Taman Safari Indonesia [via]

Merupakan tempat rekreasi sekaligus edukasi keluarga yang mengusung tema lingkungan dan satwa di alam bebas. Dibangun pada tahun 1980, kini luas wilayahnya telah berkembang dari hanya sekitar 50 hektare hingga kini menjadi 168 hektare. Memiliki kurang lebih 2500 satwa yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari hewan yang biasa ditemukan hingga satwa langka yang dilindungi seperti harimau benggala, orang utan, anoa, komodo, dan masih banyak lagi. Selain berbagai koleksi binatang, lokasi wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas hiburan untuk menunjang kegiatan rekreasi bagi para pengunjung seperti kolam renang dengan papan seluncur, komedi putar, bom bom car, atraksi hewan, dan lain-lain. Hingga kini Taman Safari Indonesia telah memiliki 2 cabang yang berada di daerah lain, yaitu Taman Safari Prigen di Pasuruan, Jawa Timur dan Bali Safari and Marine Park di Gianyar.

Pengunjung sedang asyik naik gajah di Taman Safari [via]
Nama : Taman Safari Indonesia

Alamat : Jalan Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Telp : (0251) 8250000

Buka : 09.00 – 17.00

Harga Tiket : 1 sampai 5 tahun = Rp140.000,- dan 6 tahun keatas = Rp150.000,-

Website : tamansafari.com

2. Bali Zoo Park

Asyiknya berlibur bersama keluarga di Bali Zoo Park [via]

Selain Bali Safari and Marine Park, Pulau Dewata juga memiliki Bali Zoo Park sebagai alternatif wisata kebun binatang lainnya. Hanya berjarak sekitar 30 menit dari Denpasar, di dalam lokasi wisata seluas 12 hektare ini pengunjung dapat melihat ratusan ekor satwa mulai dari mamalia, unggas, hingga reptil. Dibuka sejak tahun 2002 silam, tempat rekreasi sekaligus edukasi ini telah mencuri perhatian banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dua wisatawan sedang berkeliling di Bali Zoo Park [via]
Nama : Bali Zoo Park

Alamat : Jl. Raya Singapadu Banjar Seseh Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Telp : +62.361.294357

Buka : 09.00 – 22.00

Harga Tiket Domestik : Rp110.000,- Anak : Rp85.000,-

Website : www.bali-zoo.com

3. Batu Secret Zoo

Seorang pengunjung sedang asik bercengkrama dengan satwa di Batu Secret Zoo [via]

Dikenal juga dengan sebutan Jawa Timur Park 2, sebuah tempat wisata sekaligus edukasi yang mengusung konsep kebun binatang modern. Dibuka sejak Juni 2010 lalu di atas lahan dengan luas sekitar 14 hektar. Mengoleksi hingga ratusan satwa yang berasal dari berbagai belahan dunia khususnya Asia dan Afrika. Berbagai jenis hewan mulai dari mamalia, ikan, burung, hingga reptil dan amphibi bisa ditemukan di sini. Tersedia pula arena hiburan seperti Fantasy Land, River Adventure, Giant Wheel, dan lainnya sebagai fasilitas tambahan untuk menunjang kenyamanan pengunjung saat berekreasi di sini.

Panorama di sekitar Batu Secret Zoo [via]
Nama : Batu Secret Zoo

Alamat : Jalan Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu

Telp : +62 341-597777

Buka : 10.00 – 17.00

Harga Tiket : Rp84.000,- weekday dan Rp120.000,- weekend

Website : secret-zoo

4. Bali Bird Park

Dua turis asing berfoto dengan satwa di Bali Bird Park [via]

Bagi para penggemar satwa jenis unggas, tempat wisata yang satu ini bisa jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan. Dibuka sejak Oktober 1995 di atas lahan seluas 2 hektare. Di dalamnya terdapat sekitar 1000 ekor satwa dari 250 spesies yang berbeda dari berbagai penjuru dunia termasik Amerika Selatan dan Afrika. Sebagian besar hewan yang hidup di sini merupakan satwa yang dilindungi. Beberapa diantaranya seperti Jalak Bali, Cendrawasih, Rajawali, Beo, Makaw, Toucan, dan masih banyak lagi.

Berfoto dengan burung hantu, berani? [via]
Nama : Bali Bird Park

Alamat : Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Telp : (+62 361) 299352

Buka : 09.00 – 17.30

Harga Tiket : Rp431.200,-

Website : www.balibirdpark.com

5. Sea World Ancol

Menikmati kehidupan bawah laut di Sea World Ancol [via]

Mulai beroperasi pada tanggal 3 Juni 1994, merupakan tempat wisata berupa miniatur laut yang memiliki beragam spesies satwa air mulai dari ikan laut, air tawar, hingga mamalia seperti duyung serta gurita pasifik raksasa dan kepiting laba-laba. Ruangan di dalamnya terbagi menjadi beberapa bagian antara lain, akuarium utama, area air tawar, lorong antasena, dan masih banyak lagi. Selain berbagai satwa, pengunjung juga dapat menikmati keindahan koral, sponge dan beraneka biota yang hidup di terumbu karang.

Koleksi hiu di Sea World Ancol [via]
Nama : Seaworld Ancol

Alamat : Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Ancol, Jakarta Utara

Telp : 021 29 222 222

Buka : 09.00 – 18.00

Harga Tiket : Rp85.000,- weekday dan Rp100.000,- weekend

Website : seaworld-ancol

6. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Pengunjung di Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan [via]

Dibangun sejak tahun 1900an oleh pemerintah Belanda, merupakan satu-satunya kebun binatang yang berada di Sumatera Barat dan salah satu yang tertua di Indonesia. Lokasi yang awalnya hanya merupakan kebun bunga ini kemudian diisi dengan berbagai macam hewan. Dan sejak tahun 1929 barulah beralih fungsi menjadi taman margasatea. Digadang-gadang memiliki koleksi satwa terlengkap di Sumatera menjadikannya sebagai salah satu wisata favorit masyarakat di tempatnya.

Kebun binatang sekaligus taman budaya di Bukittinggi [via]
Nama : Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Alamat : Jalan Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat

Buka : 08.00 – 18.00

Harga Tiket : +/- Rp15.000,-

7. Taman Hewan Pematang Siantar

Burung merak salah satu koleksi di Taman Hewan Pematang Siantar [via]

Merupakan kebun binatang tertua ke empat di Indonesia yang dibuka sejak 27 November 1936. Pembangunan lokasi wisata yang juga dikenal dengan nama Kebun Binatang Siantar ini berawal dari kecintaan Dr. Coonrad, seorang kaum Kolonial Belanda akan binatang. Hingga kini terdapat sekitar 183 spesies hewan yang hidup di sini. Jumlahnya pun terus bertambah karena taman ini memiliki penangkaran satwa yang terbilang sukses. Liger dan buaya yang disebut-sebut telah berumur 80 tahun merupakan 2 satwa yang banyak menarik minat pengunjung yang datang kemari. Fasilitas lain seperti unit pusat karantina, rumah sakit dan museum zoologicum dihadirkan untuk melengkapi sarawa wisata ini.

Pengunjung memberi makan salah satu koleksi satwa di Taman Hewan Pematang Siantar [via]
Nama : Taman Hewan Pematang Siantar

Alamat : Jalan Gunung Simanuk-Manuk P. Siantar, Teladan, Pematang Siantar, Sumatera Utara

Buka : 08.00 – 17.00

Harga Tiket : +/- Rp25.000,-

Inilah ketujuh kebun binatang di Indonesia dengan koleksi satwa menarik dan terawat serta fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Sekali-kali cobalah ajak keluarga atau teman-teman untuk menghabiskan liburan di kebun binatang untuk menumbuhkan kepedulian dan rasa cinta terhadap satwa.

  Next

Written by Atikah W

I love Traveling