8 Objek Wisata di Sekitar Stasiun. Bisa Jalan Kaki!

Advertisement
Advertisement

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh traveler saat melakukan penjelajahan adalah alat transportasi. Pertama, alat transportasinya tidak ada yang mengantarkan ke lokasi tertentu. Kedua, alat tranportasinya mahal sehingga anggaran yang disiapkan jadi membengkak. Akhirnya, alih-alih berangkat melancong, rencana liburan pun gagal. Sayangkan banget kan? Anyway, bagi kamu yang ingin melakukan penjelajahan dengan dana minim tapi tetap ini bahagia, nih ada 10 objek wisata di sekitaran stasiun yang bisa kamu jelajahi dengan jalan kaki!

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro [via]

Tidak begitu jauh dari kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta, kamu bisa mendapati sebuah jalan paling fenomenal di Yogyakarta. Ya, Jalan Malioboro yang jadi sentra oleh-oleh pada siang hari dan sentra kuliner yang mengenyangkan pada malam hari. Dari Stasiun Tugu, kamu bisa berjalan sekitar 10 menit untuk sampai di sini. Oh ya, tidak jauh dari Malioboro ada Benteng Vredeburg, Nol Kilometer Jogja, dan juga Keraton Yogyakarta.

Benteng Vredeburg [via]

Lokasi: Jalan Maliboro; Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

2. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta [via]

Kota Tua Jakarta yang Memiliki Museum Fathahilah terletak tidak begitu jauh dari Stasiun Jakarta Kota. Dari stasiun, kamu bisa jalan kaki untuk tiba di tempat yang sering digunakan sebagai lokasi foto-foto ini. Mengunjungi kota tua akan membuat kamu mengagumi arsitektur kuno dari bangunan yang telah dibangun sejak ratusan tahun lalu. Oh ya, kamu juga bisa menyewa sepeda onthel untuk foto-foto atau penjelajahan.

Museum Bank Indonesia, Kota Tua, Jakarta
Museum Bank Indonesia, Kota Tua, Jakarta [image source]

Lokasi: Jalan Kali Besar Timur 4 No.29, Pinangsia, Tamansari, RT.7/RW.7, Pinangsia, Jakarta Barat, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110, Indonesia

3. Alun-Alun Malang

Alun-alun Tugu [via]

Tidak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru, kamu langsung disuguhkan oleh sederet taman yang sangat indah dengan beberapa patung. Jika berjalan terus ke depan akan menemukan Balai Kota Malang dengan arsitektur Belanda dan juga Alun-Alun tugu yang dijadikan tempat untuk foto-foto. Bergerak ke depan, kamu bisa menemukan pasar bunga dan juga burung. Selanjutnya ada Gereja dan Alun-Alun Malang yang sudah direvitalisasi.

Alun-alun Malang [via]

Lokasi: Jalan Tugu, Kidul Dalem, Klojen, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111, Indonesia

4. Monumen Kapal Selam

Monkasel [via]

Tidak begitu jauh dari Stasiun Gubeng, Surabaya terdapat beberapa lokasi menarik yang bisa dijelajahi. Pertama ada Monkasel atau Monumen Kapal Selam yang bisa dijelajahi bagian dalamnya. Selanjutnya ada beberapa mal yang bisa disinggahi jika ingin mencari makan atau belanja. Sekitar 20-30 menit jalan kaki, kamu akan menemu Balai Pemuda yang kerap digunakan untuk berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Monumen kapal Selam [image source]

Lokasi: Monumen Kapal Selam, Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271, Indonesia

5. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang [via]

Semarang juga memiliki kota tua yang dahulu digunakan sebagai tempat Belanda melakukan perdagangan. Saat ini, kawasan ini telah beralih fungsi meski beberapa bangunan zaman dahulu tetap dipertahankan keasliannya. Kawasan kota tua bisa dijangkau dengan berjalan sekitar 600 meter dari Stasiun Tawang Semarang. Oh ya, ada Gereja Bleduk yang menjadi ikon Semarang juga loh di sini.

Kota Lama [image source]

Lokasi: Kota lama Semarang; Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Tj. Mas, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174, Indonesia

6. Keraton Surakarta

Keraton Kasunanan [image source]

Tidak begitu jauh dari kawasan Stasiun Solo Jebres, kamu bisa datang ke kawasan Keraton Surakarta. Dengan jalan kaki, kamu akan menempuh jarak sekitar 20-30 menit tergantung kecepatan masing-masing. Di kawasan keraton, kamu bisa melihat kebudayaan Jawa yang kental mirip seperti kembarannya di Keraton Yogyakarta. Jelajahi setiap sudut keraton dan jangan lupa untuk banyak berbincang dengan abdi dalam.

Keraton Surakarta [image source]

Lokasi: Keraton Surakarta; Jl. Sidikoro, Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144, Indonesia

7. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor [image source]

Salah satu ikon pariwisata dari Bogor yang sangat terkenal tidak lain dan tidak bukan adalah Kebun Raya Bogor. Di lahan yang sangat luas sini kamu bisa menemukan aneka tumbuhan dari seluruh Indonesia lengkap dengan aneka bunganya yang banyak. Mengunjungi Kebun Raya Bogor bisa dicapai dengan hanya berjalan selama 10-25 menit dari Stasiun Cilebut Bogor

Kebun Raya Bogor [via]

Lokasi: Kebun Raya Bogor; Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122, Indonesia

8. Jalan Braga

Jalan Braga [image source]

Tidak begitu jauh dari kawasan Stasiun Bandung, kamu bisa mendapatkan beberapa destinasi wisata Bandung yang cukup menarik. Pertama adalah kawasan Jalan Braga yang bisa dijangkau dengan berjalan 15 menit. Di kawasan ini kamu bisa menyalurkan hasrat berbelanja hingga puas. Selanjutnya ada Museum Konferensi Asia Afrika dan juga Gedung Bank Indonesia yang cocok bua foto-foto karena desain bangunnya masih sangat kuno.

Jalan Braga [image source]

Lokasi: Jl. Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Inilah beberapa objek wisata di sekitar stasiun yang bisa kamu datangi dengan hanya berjalan kaki saja. Semoga bisa menambah referensi perjalanan wisata kamu selanjutnya ya!

Advertisement
Tags
wisata dekat stasiun
Share