Libur Panjang, Jangan Lupa Mampir ke Kawah Ilalang

Bukit Apetleppet

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal karena berada di kawasan Gunung Ijen. Saat lebaran, pasti banyak yang mudik ke sini. Jangan salah, objek wisata Bondowoso juga terkenal dengan alam yang tidak kalah menakjubkan. Apalagi kalau bukan Bukit Apetleppet yang pesonanya tidak jauh beda dengan Bukit Teletubbies. Tak percaya? Yuk, intip keindahan dari objek wisata tersebut di bawah ini!

1. Perbukitan Eksotis yang Berlapis-lapis

Bukit Berlapis di Lereng Gunung Ijen
Bukit Berlapis di Lereng Gunung Ijen [image source]
Hingga saat ini Gunung Ijen menjadi destinasi wisata paling populer di kawasan Bondowoso. Selain wisatawan domestik, ternyata tidak sedikit turis asing yang menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan kawah Ijen yang unik. Nah, jika kamu tengah dalam perjalanan menuju destinasi ini, coba mampir ke wilayah Afdeling Watu Capil, Kecamatan Sempol. Yap, di sini terdapat sebuah perbukitan berlapis yang memiliki keindahan bak bukit cantik di film kartun Teletubbies. Lihat saja fotonya berikut!

Destinasi Wisata di Kawasan Gunung Ijen
Destinasi Wisata di Kawasan Gunung Ijen [image source]

2. Lahan Luas dengan Padang Ilalang yang Eksotis

Padang Ilalang di Bondowoso
Padang Ilalang di Bondowoso [image source]
Apetleppet sendiri tidak hanya memiliki pemandangan bukit yang berlapis-lapis. Namun, di sisi lain ada satu yang menyedot perhatian wisatawan. Yaitu rerumputan serta padang ilalang yang memadati tiap sudut. Spot ini pun menjadi salah satu incaran fotografer untuk hunting foto. Nah, kamu yang berniat untuk mengabadikan pose prewedding di area Bondowoso, coba saja ke Bukit Apetleppet.

Padang Ilalang Cantik di Lereng Gunung Ijen
Padang Ilalang Cantik di Lereng Gunung Ijen [image source]

3. Liburan Asik di Bukit Cantik Bondowoso

Liburan di Lereng Gunung Ijen
Liburan di Lereng Gunung Ijen [image source]
Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Apetleppet adalah saat musim hujan. Hal ini karena pemandangan di bukit ini serba hijau dan memanjakan mata. Namun, tidak ada salahnya jika kamu berniat untuk datang saat musim kemarau. Pasalnya rerumputan hijau masih tetap terlihat meski didominasi dengan ilalang kering. Nah, selain hunting foto, kamu juga bisa menjajal offroad. Ya, kamu juga bisa bergabung dengan pecinta motor dan trail yang sering menggunakan perbukitan sebagai jalur offroadnya. Wah, tentu saja liburan ke Bondowoso bakalan makin menarik.

OOTD Cantik di Padang Ilalang
OOTD Cantik di Padang Ilalang [image source]

4. Akses Menuju Bukit Cantik di Lereng Gunung Ijen

Hunting Foto di Kawasan Lereng Gunung Ijen
Hunting Foto di Kawasan Lereng Gunung Ijen [imagee source]
Berbicara mengenai bukit yang berlapis-lapis dengan hamparan ilalang yang mulai bersemi ketika bulan – bulan tertentu memang menyenangkan. Namun, akses menuju lokasi tersebut cukup menantang. Ya, kamu harus melewati jalanan terjal bebatuan hingga pasir yang pastinya membuat motornya sering selip. Medan ekstrem pun makin memantang saat mendekati lokasi. Sekedar tips untuk kamu yang tidak terbiasa dengan jalur berat, ada baiknya menyewa jasa penduduk sekitar untuk mengantarkan ke lokasi wisata. Selain itu, cek juga kondisi kendaraan dan hindari menggunakan motor matic.

Bermain di Bukit Cantik Bondowoso
Bermain di Bukit Cantik Bondowoso [image source]

5. Akomodasi dan Kuliner di Sekitar Bukit Berlapis

Guest House Jampit
Guest House Jampit [image source]
Letak Bukit Apetleppet yang berada di pedalaman membuat tempat ini susah untuk di tempuh. Tidak hanya soal jalanan yang rusak parah, kamu juga akan susah menemukan warung apalagi tempat bermalam di sekitar tempat wisata Bondowoso ini. Nah, karena itu pula, ada baiknya membawa bekal sebelum melakukan perjalanan. Ketika ingin bermalam, kamu pun bisa langsung kembali ke pusat kota Bondowoso yang memiliki beberapa hotel nyaman. Jika terlalu lelah, kamu bisa bermalam di Guest House Jampit yang tidak terlalu jauh dari Bukit Apetleppet.

Objek wisata dekat Bukit Apetleppet
Objek wisata dekat Bukit Apetleppet [image source]
Nama : Bukit Apetleppet
Alamat : Afdeling Watu Capil, Kecamatan Sempol, Bondowoso

Wah, percaya kan jika Bondowoso memiliki perbukitan cantik yang menakjubkan. Nah, untuk sampai ke sana, kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, kamu perlu menebalkan dompet terlebih dahulu untuk membeli bensin. Next