4 Zebra Cross Unik di Dunia, Ada yang Berdesain Kentang Goreng

Seperti yang kita tahu selama ini, zebra cross memiliki warna hitam dan putih. Tujuannya supaya jalur penyeberangan tersebut dapat terlihat dari kejauhan dan bahkan saat gelap. Namun, di beberapa wilayah, zebra cross dibuat unik agar lebih menyenangkan untuk dilihat. Penasaran bagaimana wujud berbeda dari alat penyeberangan ini? Lihat di bawah ini, yuk. 

1. Zebra Cross Melayang di Thailand 

zebra cross unik
Zebra cross Thailand via twitter/RadarPagi

Sarana pejalan kaki unik pertama ada di Thailand. Memiliki konsep 3 dimensi, sehingga jika dilihat dari kejauhan, maka akan tampak melayang. Konsep ini diambil supaya para pengendara bisa memperlambat kecepatannya ketika ingin melewati zebra cross tersebut. Dengan begitu, pejalan kaki akan aman menyeberang di sana. Zebra cross ini terdapat di luar pintu masuk utama sekolah Wat Bueng Thong Lang, Bangkok.  

2. Bergambar Kentang Goreng di Swiss 

zebra cross unik
Desain kentang goreng via twitter/tentangEropa

Tak kalah kreatif dengan Thailand, Swiss juga mendesain zebra cross yang bisa menarik perhatian. Adalah bentuk kentang goreng yang lengkap dengan bungkusnya. Desain tersebut bukan merupakan ide dari pemerintah setempat. Tapi, dari pihak perusahaan makanan cepat saji ternama yakni McD. Mereka mengecat zebra cross menjadi bentuk kentang goreng karena pada saat itu sedang berlangsung Zurichfest pada tahun 2010. 

3. Desain Batik di Pekalongan 

Mural batik via twitter/MNCNewsroom

Indonesia juga tidak mau kalah. Seperti Pekalongan yang mendesain zebra cross dengan batik yang merupakan ciri khas dari kotanya. Pada saat peluncuran mural batik zebra cross, Kepala Kepolisian Resor Pekalongan pada saat itu, Ferry Sandy Sitepu mengatakan ada dua tujuan dalam pembuatan desain ini.

Pertama adalah untuk memperindah jalan dan yang kedua diharapkan bisa berdampak pada peningkatan keselamatan serta penurunan kecelakaan pejalan kaki. Kini, mural batik zebra cross sudah berjumlah 30 yang lokasinya menyebar di seluruh Pekalongan.  

4. Berbentuk Ular Tangga di Bandung   

Desain ular tangga via twitter/GNFI

Kemudian, Bandung juga punya zebra cross menarik di beberapa titik. Seperti Jalan Braga, Jalan Merdeka, dan Jalan Asia Afrika. Zebra cross yang ada desainnya bermacam-macam, namun yang paling menarik perhatian adalah ular tangga. Menurut Ridwan Kamil yang kala itu masih menjabat sebagai Walikota Bandung, desain zebra cross dibuat seperti ini supaya membuat pengendara lebih paham, sadar dan menghormati pejalan kaki.  

Itulah zebra cross dengan desain unik di dunia. Bahkan, Indonesia pun juga sudah ikut menerapkannya agar pejalan kaki bisa nyaman menyeberang di sana. Hal ini bisa ditiru oleh kota lain supaya semua pengendara lebih taat aturan dan tentunya pejalan kaki tidak menyeberang sembarangan. Bagaimana Teman Traveler, setuju atau tidak? 

Tags
news Zebra Cross unik
Share