Wisata yang Dipersembahkan untuk BJ Habibie, Salah Satunya Monumen Cinta

Ada kabar kurang menyenangkan dari mantan presiden kita, yaitu BJ Habibie. Beliau telah berpulang ke Tuhan yang Maha Esa setelah berjuang melawan sakitnya selama beberapa tahun terakhir.

Terlepas dari itu, ayah dari dua orang anak ini ternyata sangat dicintai oleh seluruh rakyat Indonesia. Terbukti dengan banyaknya wisata yang dipersembahkan rakyat untuk BJ Habibie. Ingin tahu di mana saja tempatnya? Simak uraian berikut ini. 

Taman dan Jembatan BJ Habibie  

BJ Habibie
Jembatan BJ Habibie via facebook/Joa Lopez

BJ Habibie ternyata mendapatkan tempat istimewa di hati seluruh warga Timor Leste. Alasannya karena di tanggal 30 Agustus 1999, beliau memperbolehkan masyarakat Timor Leste untuk lepas dari Indonesia. Sejak saat itulah, rakyat yang mendiami Timor Leste sangat sayang kepada pria yang hobi membaca ini. 

BJ Habibie
Taman BJ Habibie via youtube/Batching Plant Proyek 

Sebagai bukti cintanya, warga beserta pemerintah Timor Leste membangun sebuah taman dan jembatan yang diberi nama BJ Habibie. Diresmikan pada tanggal 29 Agustus 2019 lalu, kawasan ini mulai banyak dikunjungi masyarakat setempat maupun turis domestik. Mereka biasanya berdatangan di sore hari, lantaran pemandangan senjanya sangat indah apabila dilihat dari taman dan jembatan. 

Pantai Tangga Seribu 

BJ Habibie
Pantai Tangga Seribu via instagram/elsasirait

Di wilayah Sekupang, Batam, juga ada wisata yang berhubungan dengan Pak Habibie, yakni Pantai Tangga Seribu. Disebut mempunyai ikatan, karena konon di sekitar wisata tersebut pernah menjadi kediaman Pak Habibie ketika berada di Batam.

Sayangnya, bekas rumah dari pria lulusan Jerman ini sekarang hanya tinggal puing-puing. Jadi, para pengunjung sudah tak bisa lagi melihat wujud aslinya. 

BJ Habibie
Tepi pantai Tangga Seribu via instagram/adindapthalita

Kalian jangan sedih dulu, di wisata ini ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Seperti melihat panorama dari rumah pohon, memandang laut sambil duduk di batuan karang dan juga menyeberang ke pulau sekitar. 

Jembatan Barelang 

Jembatan Barelang via instagram/_anzani03

Masih di area Batam, ada lagi tempat yang berhubungan dengan lelaki berkacamata ini. Namanya adalah Jembatan Barelang. Untuk tempat ini, bukan persembahan dari rakyat, melainkan dibangun sendiri oleh beliau. Ini dilakukan beliau pada saat masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi pada tahun 1992. Kini, jembatan tersebut menjadi ikon dari Kota Batam yang selalu ramai oleh pengunjung. 

Jembatan Barelang dari kejauhan via instagram/hits_batam

Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun

Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun via instagram/febyramadhani17

Seperti yang kita tahu selama ini, kalau kisah cinta Habibie – Ainun sangatlah romantis. Hal ini pun membuat warga di kota kelahiran BJ Habibie yakni Parepare, Sulawesi Selatan, memberikan kejutan manis. Berupa patung BJ Habibie dan Ainun yang diletakkan di Lapangan Andi Makkasau. Mantan presiden tersebut meresmikannya pada Mei 2015 lalu yang bertepatan dengan hari pernikahannya ke 53 tahun. 

Berlokasi di Parepare via instagram/sepmitabepis

Sungguh mengharukan melihat warga Indonesia yang mencintai BJ Habibie begitu besarnya. Mereka memberikan kado manis, berupa taman hingga monumen. Selamat jalan Pak Habibie, semua hal yang telah kau lakukan ke bumi pertiwi akan dikenang sepanjang masa.

Tags
batam BJ habibie dili Indonesia kepulauan riau Parepare Sulawesi Selatan timor leste Wisata
Share