Menyusuri Wisata Venesia, Kota Apung Indah Bagai Lukisan di Italia

Siapa tak kenal Venesia? Salah satu kota kuno di Italia ini dikenal dengan julukan ‘Kota Terapung’. Ratusan kanal dan jalan batu nan berliku membelah kota indah ini. Deretan bangunan klasik bergaya abad pertengahan membuat kawasan ini nampak cantik bagai lukisan. Ada banyak wisata Venesia menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi.

Grand Canal (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Apa saja? Daripada penasaran, yuk simak pengalaman saya kala liburan ke sana beberapa saat lalu.

Gereja Emas, Basilica di San Marco

Basilica di San Marco (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Basilica di San Marco merupakan salah satu ikon Venesia. Gereja yang dibangun pada 1063 ini juga dikenal dengan sebutan Chiesa d’Oro atau Gereja Emas karena kepingan emas yang menghiasi detail arsitekturnya.

Di wisata Venesia ini Teman Traveler akan menemukan sebuah altar emas bertahtakan ribuan permata, safir, rubi dan berbagai macam batu mulia lainnya. Lantaran termasuk salah satu destinasi wisata populer, antrean panjang akan sering terlihat di depan pintu masuk. Agar menghemat waktu, sebaiknya kalian datang di pagi hari.

Piazza San Marco dan Campanile di San Marco

Campanile di San Marco dan Piazza San Marco (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Piazza San Marco atau Saint Mark Square merupakan alun-alun utama Venesia. Letaknya persis di depan Basilica di San Marco. Titik terendah
kota ini dikelilingi oleh deretan bangunan megah seperti Basilica di
San Marco, Campanile di San Marco, Doge’s Palace, dan Museo Correr.

Campanile di San Marco sendiri merupakan menara lonceng setinggi 99 m dan sekaligus menjadikannya sebagai bangunan tertinggi di Venesia. Dengan naik elevator selama kurang lebih 30 detik, Teman Traveler bisa mencapai puncak menara dan menikmati panorama kota dari ketinggian.

Ponte di Rialto, Jembatan Tertua Venesia

Ponte di Rialto (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Sebagai kota air yang dikelilingi ratusan kanal, jembatan menjadi struktur penting yang mendukung kehidupan warga Venesia. Uniknya, semua jembatan di sini terlihat begitu elegan, dengan detail arsitektur menawan. Salah satunya adalah Ponte di Rialto atau Rialto Bridge.

Wisata Venesia ini merupakan salah satu tertua dan termegah dari empat jembatan yang Grand Canal, kanal terbesar di Venesia. Struktur kuno ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi dan kerap dijuluki sebagai ‘The True Heart of Venice.’

Menaiki Gondola

Gondola di salah satu kanal (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Gondola merupakan perahu tradisional yang dulunya digunakan sebagai moda transportasi utama di Venesia. Sekarang gondola beralih fungsi menjadi salah satu atraksi wisata utama di kota ini. Menyusuri kanal-kanal kota dengan menaiki gondola bakal meninggalkan kesan romantis. Apalagi jika Teman Traveler ditemani Si Dia.

Menapaki Labirin Venesia

Jalan-jalan berbatu di Venesia (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Selain ratusan kanal airnya, Venice juga dikenal dengan jalan berbatunya yang berliku-liku. Saking banyaknya, berjalan di sini bagaikan menyusuri sebuah labirin. Namun demikian, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran jika ada yang mengatakan belum ke Venesia jika belum merasakan tersesat di sini.

Jembatan Modern Ponte Della Costituzione

Ponte Della Costituzione (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Ponte della Costituzione atau Constitution Bridge adalah jembatan paling anyar yang melintasi Grand Canal. Dibuka pada 2008, jembatan ini dibangun untuk memperingati perayaan Konstitusi Italia ke-60. Meski sempat mengundang kontroversi, desain modern jembatan ini tetap menjadi perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Venesia.

Itulah sejumlah wisata Venesia yang wajib Teman Traveler kunjungi. Bagaimana, semuanya menarik dan indah bukan? Jadi, kapan kalian menyusul datang ke Kota Terapung ini?

Tags
Italia kontributor Luar negeri Travelingyuk Wisata Italia
Share