Wisata Trenggalek yang Wajib Masuk Daftar List Liburanmu!

Berencana liburan ke Jawa Timur? Jangan lupa mampir ke Trenggalek, kota yang mendapat gelar “Kota Keripik Tempe” ini menyimpan potensi wisata alam yang tidak kalah indah dengan lainnya. Walapun kecil, tetapi kota ini memiliki wisata yang indah, mulai pantai, air terjun, dan goa. Jika kalian jalan-jalan ke Trenggalek, kurang lengkap rasanya kalau belum mampir ke Goa Lowo dan Hutan Mangrove. Berikut adalah penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Nurull Huda yang telah mengunjungi beberapa wisata Trenggalek.

Hutan Mangrove

Dokumentasi Pribadi
Mangrove di Trenggalek (C) Nurull Huda/Travelingyuk

Hutan mangrove Trenggalek letaknya tidak jauh dari Pantai Cengkrong dan cukup menempuh waktu sekitar 15 menit. Dengan membayar Rp3000, Teman Traveler sudah bisa masuk ke tempat konservasi mangrove ini. Sesampainya di sana, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang dikelilingi tanaman mangrove.

Dokumentasi Pribadi
Mangrove di Trenggalek (C) Nurull Huda/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menelusuri hutan mangrove dengan berjalan di jembatan kayu atau yang biasa disebut Jembatan Galau. Entah dari mana nama unik tersebut berasal, yang pasti jembatan ini bukan tempat orang galau yang habis putus cinta.

Dokumentasi Pribadi
Jembatan kayu di Mangrove (C) Nurull Huda/Travelingyuk

Tempat ini sangat instagrammable, cocok banget buat kamu yang suka hunting foto. Selain itu, Teman Traveler juga bisa belajar untuk mengenal jenis mangrove, serta hasil dari olahan produk mangrove. Pastikan menyempatkan diri untuk berkunjung ke wisata Trenggalek yang asri ini.

Goa Lowo

Dokumentasi Pribadi
Gua Lowo di Trenggalek (C) Nurull Huda/Travelingyuk

Wisata Trenggalek lainnya yang sayang dilewatkan adalah Goa Lowo. Wisata ini dikenal sebagai goa terpanjang se-Asia Tenggara yang letaknya di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo. Yaitu sekitar 27 Km dari pusat Kota Trenggalek dan Tulungagung. Untuk bisa sampai ke wisata Trenggalek satu ini, rutenya searah dengan wisata Pantai Prigi dan Pasir Putih. Tiket masuknya cukup murah, hanya membayar Rp 7.500/orang untuk hari biasa dan Rp10.000 untuk hari libur.

Dokumentasi Pribadi
Gua Lowo (C) Nurull Huda/Travelingyuk

Menelusuri goa ini tidaklah susah karena sudah disediakan jembatan dari mulut goa hingga ujung pintu keluar. Ketika masuk ke dalam goa, terlihat pemandangan indah dari stalagtit dan stalagmit. Keindahan wisata Trenggalek ini semakin terpancar karena adanya sorot lampu dengan berbagai warna yang dipasang disela-sela bebatuan goa. Terbayang kerennya, bukan?

Dokumentasi Pribadi
Gua Lowo Trenggalek (C) Nurull Huda/Travelingyuk

Saran untuk Teman Traveler yang berniat berkunjung ke Goa Lowo, hindari mengenakan sepatu atau sandal yang licin. Hati-hati dan jangan sampai salah pegang ketika sedang berpegangan pada jembatannya. Tidak jarang wisatawan yang malah terkena kotoran kelelawar yang tinggal di goa tersebut.

Dokumentasi Pribadi
Jembatan menuju Goa (C) Nurull Huda/Travelingyuk

 

Wah, ternyata wisata Trenggalek menarik untuk dikunjungi, ya? Jangan lupa ya ajak teman atau keluargamu supaya perjalananmu makin seru. Bagaimana, kapan mau ke sini?

Tags
Indonesia Jawa Timur Travelingyuk Trenggalek Wisata
Share