Wisata Textile LaGross Lawang, Belajar Kain dari Ahlinya

Sudah pernah mendengar wisata textile sebelumnya? Kalau belum dan tertarik untuk mencoba, silakan mampir ke wisata textile LaGross di Lawang, Kabupaten Malang.

Wisata textile LaGross berlokasi tepat di depan PT New Minatex, Jalan Indrokilo Selatan no.28, Lawang. LaGross sendiri berdiri mulai pertengahan tahun 2007 dan masih satu grup dengan PT New Minatex. Suasana lingkungan sekitar yang sejuk dan nyaman membuat betah pengunjung yang ingin belajar pembuatan kain, langsung dari ahlinya di LaGross.

Nah, apa saja sih paket wisata textile yang ditawarkan oleh LaGross? Kita cari tahu, yuk!

Paket Wisata Textile LaGross Tenun

Kain yang sudah dikemas via instagram/wisatalagross

Apabila Teman Traveler mengambil paket wisata pembuatan kain, kalian akan diajak ke ruang tenun untuk melihat bagaimana proses kain itu sebenarnya. Teman Traveler akan diberi penjelasan mengenai alur produksi kain. Kalian juga akan diajak untuk melihat proses pemeriksaan kain dan bagaimana cara pengemasannya.

Paket Wisata Pengolahan Kain

Kain di Wisata La Gross via Instagram/metomsh

Kain yang selesai ditenun bukan berarti bisa langsung dipasarkan. Masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh kain supaya bisa dilempar ke pasaran. Kain yang selesai diproduksi harus melalui proses finishing.

Antara lain adalah pembakaran bulu kain (singeing), penggarukan kain (sueding peach skin), pemutihan dan pelunturan lapisan kanji (bleaching and desizing), penyedoaan kain (mercerizing), proses pewarnaan dan pencelupan kain (dyeing). Selanutnya adalah proses pencucian kain (washing), pengaturan lebar kain (setting), proses penyetrikaan kain (calendering), proses penyusutan kain (sanforizing), serta proses penggulungan dan pengemasan kain (rolling). Wuih, banyak juga ya prosesnya.

Paket Wisata Lengkap (Tenun dan Pengolahan Kain)

Workshop via Instagram/ yesver_wijaya

Sesuai dengan namanya, maka paket wisata textile ini akan melihat proses keseluruhan pembuatan kain, mulai dari menenun sampai dengan proses pengemasan. Setelah berwisata, kalian juga bisa membeli buah tangan berupa kain kualitas ekspor dengan harga terjangkau di LaGross lho. Kalau beruntung, kalian juga bisa ikut workshop batik yang sering diadakan di wisata Lawang satu ini.

Kunjungan pabrik via Facebook/ Wisata Textile LaGross

Untuk menikmati wisata textile LaGross ini pastikan kalian sudah mendaftar satu minggu sebelumnya. Jumlah minimum peserta 15 orang dan maksimal 60 orang. Adapun usia minimal peserta adalah tujuh tahun. Wisata textile LaGross diselenggarakan di jam khusus, yaitu pukul 08.30 – 10.00 WIB dan pukul 12.00 – 14.00 WIB pada hari Senin sampai Sabtu.

Harga paket wisata ini juga cukup terjangkau. Dibanderol Rp 40 ribu per orang, sedangkan wisata pengolahan kain atau finishing seharga Rp 50 ribu, dan wisata paket lengkap dihargai Rp 60 ribu per orang. Harga paket ini bisa berubah sewaktu-waktu ya, Teman Traveler. Yuk, segera kunjungi LaGross!

Tags
Indonesia Jawa Timur Lawang Malang wisata textile
Share