Pilihan Tempat Wisata Terbaik Bulan Maret Rekomendasi Travelingyuk

Belum punya rencana untuk liburan di bulan Maret? Tenang saja. Tim travelingyuk menghimpun beberapa wisata rekomendasi Indonesia yang terbaik dikunjungi saat Maret. Ajak sahabat, keluarga, atau bisa juga liburan sendiri untuk menikmati acara-acara tahunan menarik di deretan wisata tanah air di bawah ini.

1. Prambanan untuk Nyepi

Nyepi di Prambanan
Nyepi di Prambanan via Emol.com

Di tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh para tanggal 17 Maret. Jika di hari raya ini tidak boleh ada aktifitas apapun di Bali, yang terjadi di Prambanan adalah sebaliknya. Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 mendatang akan digelar secara nasional di Candi Prambanan, kemudian kegiatan seremonial yang lain akan dilakukan di Jakarta. Buruan rencanakan liburanmu ke Jogja di Maret mendatang.

2. Pulau Maitara, Festival Tidore

Pulau Maitara
Pulau Maitara via vinoimagination.blogspot.com

Indonesia kaya akan warisan budaya unik, termasuk yang ada di Tidore. Khususnya di Pulau Maitara, akan dihelat Festival Tahunan Tidore pada 29 Maret hingga 12 April 2018. Akan ada tiga rangkaian acara, pertama Parade Juanga akan menampilkan pelayaran kapal tradisional warna-warni dalam formasi perang. Lalu ada Penjelajahan Paji dan prosesi kerajaan oleh Sultan Tidore, serta pembukaan Museum Maritim Dunia di Istana Tidore. Selama festival berlangsung, akan ada kapal perang tradisional khas Kesultanan Tidore yang berlayar mengelilingi pulau.

Pilihan Tempat Wisata Terbaik Bulan Maret Rekomendasi Travelingyuk, Design by Deby Ibrahim
Pilihan Tempat Wisata Terbaik Bulan Maret Rekomendasi Travelingyuk, Design: Deby Ibrahim

3. Pantai Tongaci Sungailiat, Bangka

Pantai Tongaci Sungailiat
Pantai Tongaci Sungailiat via Instagram/@mr_elgi

Bangka memiliki banyak pesona, salah satunya adalah Pantai Tongaci Sungailiat. Tak hanya itu, jika berkunjung ke pantai ini pada 25 Maret – 5 April 2018 kamu akan berkesempatan menyaksikan Bangka Cultural Wave Festival 2018. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di antaranya adalah pertunjukan seni, pameran instalasi, pelepasan penyu, dan akan ditutup dengan festival lampion. Wah, sayang banget nih untuk dilewatkan.

4. Labuan Bajo – Pulau Komodo

Labuan Bajo
Labuan Bajo via Instagram/@elvitalie

Nama Labuan Bajo memang mulai terkenal di kalangan traveler. Hal ini terjadi karena keindahan wisata ini tersebar luas melalui media sosial. Jika ingin berkunjung ke sini, Maret adalah waktu yang tepat. Akan ada Festival Komodo 2018, yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 5 – 10 Maret 2018. Kamu akan berkesempatan menyaksikan Parade Komodo, Lomba Fotografi, Voli Pantai, Lomba Perahu Dayung, Pertunjukan Kecantikan Komodo, Lokakarya, Pameran Kerajinan Tangan, Pertunjukan Seni dan Musik, dan masih banyak lagi.

5. Tour de Bintan

Tour de Bintan
Tour de Bintan via Instagram/@x.t.i.n_m.i.l.a.n

Bagi pecinta olahraga, boleh sekali-kali mencoba bersepeda di tempat baru dengan pemandangan ciamik. Untuk kali kedelapan, akan digelar Tour de Bintan pada tanggal 24 – 25 Maret 2018. Di tahun sebelumnya, sekitar 1000 pesepeda dari seluruh dunia mengikuti tantangan balap yang menjadi kegiatan paling seru di ASIA ini. Selama bersepeda, kamu akan menikmati keindahan Bintan yang terdiri dari pantai dan perbukitan yang hijau.

6. Ternate, Maluku Utara

Festival Legu Gam
Festival Legu Gam via Twitter

Indonesia dianugerahi kekayaan suku dan budaya yang beragam. Salah satunya ada di Ternate, Maluku Utara. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Ternate adalah pada akhir Maret dan menjelang April. Karena mulai tanggal 31 Maret – 14 April 2018 akan digelar Festival Legu Gam untuk merayakan ulang tahun almarhum Sultan Ternate, Mudhafar Sjah. Akan ada pertunjukan budaya dan pesta rakyat. Kamu juga bisa menyaksikan Sultan Ternate melakukan tiga ritual penting, yaitu Doru Gam, Kololii Kie dan Fere Kie. Datang dan lihat sendiri, ya.

7. Medan, Sumatera Utara

PRSU Medan
PRSU Medan via CumaMedan

Maret juga merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Medan. Di Ibu Kota Sumatera Utara akan digelar Pekan Raya Sumatera Utara selama satu bulan penuh, mulai 6 Maret – 16 April 2018. Pesta ini sudah ada sejak tahun 1972 dan selalu dirayakan dengan sangat meriah. Akan ada karnaval dari 30 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara, yaitu acara musik, pameran produk lokal, hingga berbagai jajanan kuliner. Tak hanya itu, akan ada pertunjukan seru seperti zona robot, super hero, dan wahana nonton 8D.

Nah, sekarang jadi tak perlu bingung untuk menentukan destinasi wisata untuk liburanmu selanjutnya. Bagaimana, acara di mana nih yang menurutmu paling menarik?

Tags
Indonesia rekomendasi wisata maret
Share