Menilik Wisata Temanggung, Keindahan Alam yang Disertai Spot Instagenic

Jawa Tengah tak selalu berhubungan dengan Semarang, Magelang atau kota-kota terkenal lainnya. Ada satu wilayah yang jarang terdengar oleh masyarakat yaitu Kabupaten Temanggung. Daerah ini mempunyai wisata yang sayang untuk dilewatkan, lho. Kira-kira apa saja ya wisata Temanggung yang wajib disaksikan langsung keindahannya ini? Tengok ulasan di bawah ini.

Embung Kledung

wisata temanggung
Embung Kledung via instagram/ wisataembungkledung

Embung Kledung merupakan sebuah waduk kecil yang berfungsi untuk penampungan air di Temanggung. Awalnya, embung ini digunakan oleh warga sekitar untuk sumber air di musim kemarau, dan lambat laun dijadikan tempat wisata baru. Di sekitarnya juga banyak pemandangan yang disuguhkan, salah satunya adalah kemegahan Gunung Sindoro. Pemandangan ini mirip dengan panorama ala Gunung Fujiyama. 

Kelebihan dari wisata ini adalah banyak spot foto instagenic. Lalu, udara yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri, karena memang Embung Kledung ini berada di lereng Gunung Sundoro. Jadi, suasana khas pengunungan masih dapat Teman Traveler rasakan di wisata ini.

Curug Onje

wisata temanggung
Curug Onje via instagram/ saprol04

Curug Onje merupakan surga tersembunyi dari Kabupaten Temanggung. Ini karena lokasi dari air terjun yang sangat jauh untuk dijangkau dari pusat kota, yaitu di Desa Duren. Namun, usaha Teman Traveler untuk mendatangi Curug Onje akan terbayar dengan semua keindahannya. 

Keunggulan Curug Onje adalah bisa dipanjat karena aliran airnya tidak terlalu deras. Selain itu, kalian juga bisa berfoto-foto tepat di curugnya. Nah, yang membuat kalian semakin betah adalah pemandangan hijau dari pepohonan di sekitar. Dijamin, mata kalian semua menjadi segar karena disuguhi penorama indah tersebut. 

Wisata Posong

Posong via instagram/ @dinaoktafni

Destinasi selanjutnya yang bisa dikunjungi di Temanggung adalah Posong. Wisata satu ini paling dicari wisatawan karena bisa melihat gunung dengan mata telanjang.

Bukan hanya Gunung Sindoro dan Sumbing yang dapat dilihat, tapi juga Merbabu, serta Ungaran. Artinya, Teman Traveler tidak perlu jauh-jauh mendaki gunung, bisa menepi sejenak ke Wisata Alam Posong dan menyaksikan sendiri betapa cantiknya gunung-gunung di Indonesia. 

Bukit Kembang Arum

Bukit Kembang Arum via instagram/ djoko_tb69

Pesona wisata pegunungan di daerah Temanggung, Jawa Tengah memang tiada habisnya. Salah satunya Bukit Kembang Arum yang terletak di Desa Prangkoan. Tempat ini mulai dibuka untuk umum pada Bulan Januari 2018 lalu dan semakin dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara. Kontur alamnya yang berbukit dengan sejumlah pegunungan menjadi daya tarik tersendiri untuk berswafoto.

Wisata yang berdiri di atas lahan milik desa dengan luas kurang lebih 2 hektar ini menawarkan harga tiket masuk lima ribu rupiah. Meskipun dengan harga yang ekonomis, para wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas seperti gazebo untuk berfoto dan hiburan kesenian tradisional yang diadakan pada hari-hari tertentu. Bonusnya adalah kalian bisa memandang alam dari atas bukit.

Kabupaten Temanggung memang tidak sepopuler kota lainnya di Jawa Tengah. Namun, tempat wisata di Temanggung ini tak kalah keren dari destinasi lainnya. Apa Teman Traveler pernah berkunjung ke salah satunya? 

Tags
Indonesia Jawa Tengah Temanggung Wisata wisata temanggung
Share