Deretan Tebing di Pulau Jawa, Saingan Berat Canyon di Amerika

Advertisement

Keindahan alam yang bisa dijadikan wisata tak hanya pegunungan yang hijau dan segar, atau pantai dengan ombak berdebur yang bikin betah. Ada juga tebing, yang ternyata sangat menawan untuk dijadikan pemandangan. Tebing merupakan formasi bebatuan yang terbentuk karena erosi dan biasanya menjulang tinggi. Kalau bosan dengan pantai dan gunung, nah wisata ini bisa jadi pilihan, nih.

Untuk menikmati wisata tebing, di Pulau Jawa saja memilikinya di berbagai tempat. Indah dan alami, bisa bikin lupa kalau sedang di Indonesia. Ini dia daftar lokasi tebing yang bisa jadi destinasi liburanmu selanjutnya. Sudah siap?

1. Tebing Citatah, Bandung

hammock di tebing citatah, Bandung
hammock di tebing citatah, Bandung (image source)

Tebing Citatah, bukan lagi nama baru di deretan wisata Bandung yang terkenal akan keindahan alamnya. Letaknya di Kabupaten Bandung Barat, Padalarang ini sudah terkenal dengan wisata ekstrim dan edukasinya. Berkunjung ke sana, kamu bisa mendapatkan pemandangan paket lengkap. Gunung, tebing dan gua jadi satu! Yap, ada Gua Pawon, yang juga menjadi penarik lokasi yang satu ini. Kamu bisa mencoba berpose di hammock yang tergantung di antara dua tebing seperti ini. Berani?

Tebing Citatah
Tebing Citatah (image source)

2. Brown Canyon, Semarang

brown canyon semarang
brown canyon semarang [via]

Brown Canyon, yang nggak kalah keren dari yang ada di Amerika. Canyon yang terletak di Rowosari, Semarang ini sedang hits. Jangan lewatkan mampir ke sini saat berkunjung ke Jawa Tengah, ya. Saksikan sendiri seindah apa sunset di objek wisata satu ini.

Touring bareng ke Brown Canyon, Semarang
Touring bareng ke Brown Canyon, Semarang (image source)

3. Tebing Breksi, Prambanan

tebing breksi jogja
tebing breksi jogja [via]

Yogyakarta nggak cuma punya Malioboro, Puthuk Setumbu, ataupun Kulon Progo yang belakangan sedang hits banget itu. Namun, ada satu lagi yang wajib dimasukkan di list perjalananmu saat berkunjung ke daerah istimewa satu ini, yaitu Tebing Breksi. Nggak hanya keunikan tebing-tebingnya, tapi kamu juga bisa menikmati cerita lewat gambar-gambar yang diukir di sepanjang dinding tebing. Dulunya, tempat ini adalah tambang yang kini jadi tempat wisata. Lokasinya nggak jauh dari Prambanan, kok. Pastikan mampir ke sini ya.

Tebing Breksi, Prambanan, Jawa Tengah
Tebing Breksi, Prambanan, Jawa Tengah (image source)

4. Batu Seribu Sukoharjo

Batu Seribu, Sukoharjo
Batu Seribu, Sukoharjo (image source)

Sukoharjo bukan sekadar kota kecil di dekat Solo. Di sana tebing fotogenik yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Batu Seribu, yang terletak di Kabupaten Sukoharjo ini ada di pegunungan yang tak pernah kering, meski sedang musim kemarau. Wah, seru nih, bisa melihat gunung, tapi nggak bosan karena ada tebing-tebing di sekelilingnya.

Batu Seribu, Gunung Sepikul, Sukoharjo
Batu Seribu, Gunung Sepikul, Sukoharjo (image source)

5. Embung Nglanggeran, Yogyakarta

Tebing di Embung Nglanggeran, Yogyakarta
Tebing di Embung Nglanggeran, Yogyakarta (image source)

Kalau sudah puas wisata kuliner di Yogyakarta, bisa melipir sejenak ke pinggiran, tepatnya ke daerah Gunung Kidul. Embung Nglanggeran sebenarnya merupakan danau buatan untuk menampung air hujan. Namun, yang seru, sekeliling embung ini ada tebing-tebing coklat besar yang menjadi penyempurna keindahan wisata satu ini. Tak hanya itu, di sepanjang perjalanan saja kita sudah akan dimanjakan pemandangan jalan khas alam yang menyegarkan mata.

Embung Nglanggeran, Yogyakarta
Embung Nglanggeran, Yogyakarta (image source)

6. Bukit Kapur Arosbaya, Bangkalan

Arosbaya
Arosbaya

Bergeser ke Jawa Timur, tepatnya ke Madura, yang terkenal dengan sebutan pulau garam ini ternyata menyimpan satu lokasi wisata tebing sang super indah. Adalah Bukit Kapur Arosbaya, terletak di Kabupaten Bangkalan, yang kini sedang banyak dijadikan lokasi hunting foto keren. Bukit ini dulunya merupakan tambang kapur, namun kini memang digunakan sebagai tempat wisata. Arosbaya menjadi wajah cantik Madura yang pasti tak terlupakan.

Cantiknya Bukit Kapur Arosbaya, Madura
Cantiknya Bukit Kapur Arosbaya, Madura (image source)

7. Bukit Jaddih, Madura

Cantiknya Bukit Jaddih, Madura
Cantiknya Bukit Jaddih, Madura (Image source)

Selain Arosbaya, Madura juga punya pesona lain yang tak kalah menawan. Namanya Bukit Jaddih, yang terletak di Kecamatan Socah, Madura. Sepintas terlihat seperti Tebing Breksi yang ada di Yogyakarta. Namun, bedanya, Bukit Jaddih tidak terbentuk secara alami. Objek wisata ini terbentuk dari pahatan-pahatan para kuli tambang kapur yang selama ini mencari rejeki dengan mencari kapur. Dari atas, kamu bisa melihat keindahan pulau Madura dalam sekali pandang. Hmm, menarik, kan?

Bukit Jaddih
Bukit Jaddih [via]

8. Bukit Kapur, Sekapuk, Gresik

Bukit Kapuk, Sekapuk, Gresik
Bukit Kapur, Sekapuk, Gresik (image source)

Tak yaitu kota industri, Gresik, juga mempunyai Bukit Kapur yang nggak kalah memesona. Bukit Kapuk yang terletak di Sekapuk, Gresik ini tak hanya tebing-tebing biasa. Di sini bentuknya menyerupai peradaban kuno. Sekali lihat dengan mata sendiri, kamu akan merasa sedang berada di Roma, bukan lagi Indonesia. Jangan lupa ajak kesayangan untuk berkunjung bersama. Jadi bisa foto couple lucu ala mas dan mbak ini, kan?

Foto bareng pasangan di Bukit Kapur, Sekapuk, Gresik
Foto bareng pasangan di Bukit Kapur, Sekapuk, Gresik (image source)

9. Tebing Masigit, Bogor

Santai di Tebing Masigit, Bogor
Santai di Tebing Masigit, Bogor (image source)

Padalarang nggak cuma satu spot untuk menantang nyalimu. Ada juga Tebing Masigit, yang kalah menegangkan ini menawarkan sensasi selfie di atas ketinggian seperti ini. Kalau nggak mau sendirian, kamu bisa ajak teman, atau pacar. Ehm! Tebing ini terletak di Pegunungan Masigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jangan mau kalah sama pasangan di atas, ya!

Tebing Masigit, Bogor
Tebing Masigit, Bogor (image source)

Nah, sudah lihat kan banyaknya macam wisata tebing di Pulau Jawa yang bisa banget dicoba? Well, bagaimana, tebing mana saja nih sudah kamu jajal?

Advertisement
Tags
Alam wisata bandung Wisata Bogor wisata gresik wisata jogja Wisata Madura wisata semarang Wisata Solo
Share