Jelajah Wisata Soppeng, Keindahan Sulawesi Selatan yang Belum Banyak Dijamah

Soppeng adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan infrastruktur rapi dan sederet obyek wisata, kawasan ini jadi salah satu yang menarik dikunjungi. Mulai dari monumen menarik, hingga keindahan alam bisa Teman Traveler temukan di sini. Tertarik menghabiskan liburan sambil jelajah wisata Soppeng? Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Teman Traveler kunjungi.

Taman Kalong

Taman Kalong (c) Wirawan Ilham/Travelingyuk

Taman Kalong berada di tengah-tengah Soppeng. Wisata Sulawesi Selatan ini dikelilingi pohon yang menjadi sarang kelelewar, hewan yang sekaligus jadi ikon wilayah setempat. Di sekitar taman, Teman Traveler bisa menemukan beberapa objek wisata menarik lain, seperti Rumah Jabatan Kabupaten Soppeng, Masjid Agung Darussalam, dan Museum Villa Yuliana.

Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darrusalam (c) Wirawan Ilham/Travelingyuk

Sesuai namanya, Masjid Agung Darrusalam merupakan salah satu masjid terbesar di wilayah Soppeng. Pemandangan di sekitarnya sangatlah indah. Mata akan dimanjakan eloknya hamparan bunga, pohon, dan deretan pegunungan hijau.

Museum Villa Yuliana

Museum Villa Yuliana (c) Wirawan Ilham/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa mengunjungi Museum Villa Yuliana. Tempat ini dulunya merupakan sebuah villa yang dibangun Belanda pada 1905, diresmikan setahun berselang. Bertepatan dengan kelahiran Putri Yuliana, anak Ratu Wilhelmina.

Villa tersebut sekarang menjadi museum dan terletak tepat di tengah kota. Gaya arsitekturnya cukup unik, gabungan model Eropa dan Bugis. Museum ini menyimpan koleksi beragam barang unik dan langka. Selain senjata dan keris, ada sejumlah mangkok, uang kuno Eropa, barang dari masa penjajahan, dan masih banyak lagi.

Waduk Ompo

Waduk Ompo (c) Wirawan Ilham/Travelingyuk

Kabupaten Soppeng juga memiliki sebuah wisata yang terbilang unik, yaitu Waduk Ompo. Waduk ini sejatinya merupakan sebuah danau yang diubah menjadi salah destinasi liburan. Pengunjung bisa berkeliling menggunakan sepeda air berbentuk bebek dengan tarif Rp20.000 per orang.

Selain sepeda air, Waduk Ompo juga memiliki jembatan di bagian tengahnya. Jembatan ini menghubungkan jalanan tepi danau dengan warung kopi atau kafe di tengah-tengah danau.

Destinasi Alam Lainnya

Desa Mattabulu (c) Wirawan Ilham/Travelingyuk

Selain Waduk Ompo, wisata Soppeng bernuansa alam lainnya adalah permandian Air Panas Lejja, Permandian Alam Citta, Air Terjun Minawoe, Air Terjun Datae, Puncak Gunung Sewo, Puncak Buccing, Lereng Hijau Bulu Dua, Gua Caddong, dan yang terakhir adalah Desa Mattabulu.

Desa Mattabulu (c) Wirawan Ilham/Travelingyuk

Khusus untuk Desa Mattabulu, lokasinya masuk wilayah Kecematan Lalabata. Di sini terdapat hutan pinus yang biasa dijadikan pengunjung sebagai lokasi mendirikan tenda. Destinasi ini juga menawarkan beragam spot foto apik serta air terjun indah nan menjulang tinggi. Airnya terasa sangat menyegarkan dan pengunjung bisa santai sambil memanjakan badan di sini.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai deretan wisata Soppeng. Pesan terakhir saya untuk Teman Traveler, “Lu bakalan gak nyesel kalo ke sini. Tapi lu bakalan lebih nyesel lagi kalo gak ke sini.” Bagaimana, ada rencana untuk jelajah wisata Sulawesi?

Tags
kontributor soppeng Sulawesi Selatan Travelingyuk wisata soppeng Wisata Sulawesi Selatan
Share