Ramai How to Train Your Dragon, Indonesia Juga Punya Destinasi Wisata Serba Naga yang Serunya Harus Dicoba!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Resmi tayang perdana di Indonesia 09 Januari 2019 lalu, film garapan Dean DeBlois yang bercerita tentang persahabatan anak laki-laki dan seekor naga ini langsung menyedot perhatian. Nah! Jika masih penasaran dengan naga yang ada di film tersebut, Teman Traveler bisa lho berkunjung ke berbagai destinasi wisata serba naga di Indonesia. Mulai dari tempat wisata dengan nama naga hingga patung naga yang memesona. Meski tidak mungkin bertemu dengan Toothless yang menggemaskan, liburan akan tetap menyenangkan. Apa saja destinasi wisata tersebut? Berikut ulasannya!

1. Danau Naga Sakti, Riau

Hamparan Danau Naga Sakti di Riau via Instagram/ erfadillarahmah24

Meski tidak ada naga di sini, Danau Naga Sakti yang ada di Riau ternyata punya cerita yang menarik. Takkalah dengan cerita petualangan Toothless dan Hiccup. Konon, di kawasan ini ada seorang wanita melahirkan seekor ular yang dirawat hingga besar. Namun, keberadaannya membuat warga desa menjadi resah. Dengan berat hati, sang ibu melepas ular tersebut. Sampai kini, masyarakat percaya bahwa ular itu masih tinggal di dalam danau.

Spot Foto di Danau Naga Sakti via Instagram/ nurfadilah2

Danau Naga Sakti yang ada di Kecamatan Pusako, Dosan, Kabupaten Siak, Riau juga memiliki keunikan lain, yaitu airnya berwarna seperti teh dengan suhu yang selalu hangat sepanjang hari. Selain itu, air di sini juga tidak pernah surut, sekalipun musim kemarau. Menarik ya?!

2. Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung Naga Merupakan Lembah yang Subur via Instagram/ ceritadestinasi

Wisata serba naga selanjutnya, berada di daerah Tasikmalaya. Meski namanya Kampung Naga, di sini tidak tinggal seekor naga dari jenis apa pun. Atraksi utama yang disuguhkan objek wisata ini adalah kearifan lokal dan adat istiadat Sunda yang masih dipertahankan.

Bentuk Bangunan Rumah di Kampung Naga via Instagram/ silvi_maruf

Meski di sini tidak ada naga sama sekali, bentang alam Kampung Naga ini tetap mampu bikin takjub. Pasalnya, ia berada di sebuah lembah yang subur dan dibatasi oleh hutan keramat. Bisa dibayangkan? Di dalam hutan keramat tersebut terdapat makam para leluhur Kampung Naga.

3. Curug Naga, Bogor

Curug Naga yang Segar via Instagram/ agungdjati

Destinasi wisata selanjutnya yang masih menggunakan naga sebagai nama dan identitasnya adalah Curug Naga yang ada di Bogor. Teman Traveler tentu saja tidak akan bertemu naga di sini. Tetapi, kesegaran airnya bisa jadi obat kecewa. Objek wisata ini berada di kawasan Megamendung, Bogor. Ada tiga curug yang bisa Teman Traveler nikmati; Curug Priuk, Curug Naga dan Curug Barong. Semuanya punya kesegaran air yang sama.

Seru-seruan di Curug Naga via Instagram/ _prdnyogi

Teman Traveler juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti body rafting, river tracking, cliff jumping dan jungle tracking. Dijamin nggak kalah seru dengan jalan cerita di film How to Train Your Dragon deh.

4. Patung Naga di Klenteng Sanggar Agung Kenjeran Surabaya

Patung Naga di Klenteng Sanggar Agung via Instagram/ tintamelinda10

Nah! Setelah beberapa destinasi wisata di atas hanya menggunakan nama ‘naga’ sebagai identitasnya, kali ini Teman Traveler bisa bertemu dengan “naga”, meski hanya dalam bentuk patung. Tapi tenang, patungnya di Klenteng Sanggar Agung Kenjeran Surabaya tidak akan mengecewakan. Ia dibentuk dengan cantik sehingga tampak instagenic!

Patung Naga Raksasa di Klenteng Sanggar Agung via Instagram/ wiendiyarini

Dua patung naga berukuran besar, saling berhadapan di depan sebuah gerbang. Di bagian atasnya terdapat patung Dewi. Letaknya di tepi perairan yang dikelilingi pohon bakau. Ia banyak dijadikan sebagai spot foto para wisatawan.

5. Patung Naga di Klenteng Pulau Kemaro

Patung Naga di Pulau Kemaro via Instagram/ japobs

Destinasi wisata serba naga yang selanjutnya juga memiliki patung naga sebagai salah satu daya tarik. Kali ini lokasinya ada di Palembang, tepatnya di Pulau Kemaro; sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi. Di sini terdapat sebuah klenteng dan pagoda dengan patung naga di bagian tangga yang tampak memesona. Meski warna-warni, tidak seperti Toothless yang hitam, patung naga di sini sama-sama terlihat cantik.

Keseruan jalan cerita di film How to Train Your Dragon, tentu hanya ada di dunia imajinasi. Tetapi tidak dengan beberapa destinasi wisata serba naga di atas. Teman Traveler bisa mengunjunginya kapan saja. Jadi, kapan? Agendakan ya!