Menjelajah Pekanbaru Melalui Tempat-tempat bersejarah Ini

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Jika gemar menjelajah tempat-tempat bersejarah dan tak menemukan destinasi untuk didatangi, Pekanbaru dapat menjadi opsi yang menarik. Berbagai tempat-tempat bersejarah dapat ditemukan di kota terbesar di Provinsi Riau ini. Letak tempat-tempat wisata sejarah Pekanbaru aksesnya tak terlalu jauh dari kota dan menawarkan banyak cerita yang unik seperti yang akan dibahas berikut ini.

Kampung Bandar

Wisatawan yang sedang berfoto di bangunan tua sekitar Kampung Bandar via instagram/@rahayukuntummelati

Terletak di tepi Sungai Siak, tempat ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Pelabuhan kecil yang masih aktif dan banyak kapal tongkang yang biasa digunakan pada abad ke-19 hingga saat ini. Kampung Bandar sendiri menjadi asal mula dari Kota Pekanbaru yang dulu bernama Senapelan.

Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi dengan latar belakang Jembatan Siak via instagram/@ariefbudikusuma18

Lokasinya tepat berada di tepian Sungai Siak dan tidak jauh dari Jembatan Siak III. Rumah panggung yang memiliki arsitektur melayu ini merupakan tempat persinggahan Sultan Siak saat menuju kediaman Tuan Kadi. Bangunan yang berdiri pada tahun 1800 ini masih memiliki bentuk orisinilnya hingga sekarang.

Bentuk bangunan asli yang tiak pernah dirubah via instagram/@infopku_

Rumah Tenun Kampung Bandar

Wisatawan yang sedang berposes melakukan proses tenun via instagram/@bayuamdewinata

Rumah Tenun Kampung Bandar merupakan destinasi yang cukup sering dikunjungi wisatawan saat ke Pekanbaru. Tempat bersejarah ini berdiri pada tahun 1890 dengan menggunakan alat tenun manual, hingga saat ini. Wilayah ini juga merupakan salah satu sentra pengrajin songket siak yang ada di Pekanbaru.

Mesin tenun yang berukuran besar via instagram/@sasyasyu

Kopi Kim Teng

Kopi hitam di Kim Teng via instagram/@bubueataway

Kim Teng merupakan kedai kopi legendaris yang ada di Pekanbaru. Berdiri sejak tahun 1950, Kim Teng memepertahankan citarasa kopi dari biji arabika Kerinci dan Jambi. Proses pemanggangannya pun dilakukan sendiri. Surga pecinta kopi di Pekanbaru ini buka mulai jam 06.00 hingga 18.00.

Kedai kopi Kim Teng yang tidak pernah sepi pengunjung via instagram/@kimtengcoffee

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah tentu saja memiliki keseruan tersendiri. Melihat tempat-tempat yang telah ada semenjak kita belum lahir adalah sesuatu yang unik. Bagaimana menurutmu, tertarik mengunjungi tempat wisata sejarah Pekanbaru di atas?