Wisata Sejarah Hari Pahlawan di Surabaya, Sarat Akan Perjuangan

Advertisement

10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Indonesia, untuk memperingatinya Teman Traveler bisa wisata sejarah Hari Pahlawan di Surabaya, ada beberapa tempat berikut ini yang sarat akan makna perjuangan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tugu Pahlawan

tugu pahlawan
Ilustrasi via instagram dedynurarifin

Pertama ada Tugu Pahlawan dibangun pada tahun 1951 untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Salah satu ikon kota Surabaya ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dengan 10 lengkungan yang dibagi menjadi 11 ruas, mempunyai arti bulan ke-11 yaitu November dan tingginya menandakan tahunnya 1945.

Tugu Pahlawan berlokasi di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam operasional wisata pukul 08.00-16.00 WIB, setiap hari Senin-Jumat dan hari Sabtu-Minggu pukul 07.00-15.00 WIB.

2. Museum Sepuluh Nopember

museum sepuluh nopember
Ilustrasi via instagram claritaivonne

Berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan para pahlawan Teman Traveler bisa mengunjungi Museum Sepuluh Nopember yang masih satu area dengan Tugu Pahlawan. Dibangun 10 November 1991 dan diresmikan pada 19 Februari 2020. Museum ini memang sebagai pendukung dan memperkuat keberadaan Tugu Pahlawan.

Tiket masuk Museum Sepuluh Nopember Rp 5.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Museum berlokasi di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam operasional pukul 08.00-16.00 WIB, setiap hari Senin-Jumat dan hari Sabtu-Minggu pukul 07.00-15.00 WIB.

3. Hotel Majapahit

hotel majapahit
Ilustrasi via instagram edoniarjerypratama

Kemudian ada Hotel Majapahit, dahulu bernama Hotel Yamato merupakan saksi para pemuda Indonesia merobek bendera Belanda (merah-putih-biru) pada bagian birunya dan mengibarkannya kembali bendera merah putih di tiang tingkat teratas Hote Yamato. Teman Traveler bisa menginap sekaligus mengambil paket wisata sejarah yang tersedia di hotel ini.

Tarif menginap per malamnya mulai Rp 800 ribu, cek berbagai aplikasi akomodasi untuk promo menarik. Hotel Majapahit berlokasi di Jalan Tunjungan No.65, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Waktu check in pukul 14.00 WIB dan check out pukul 13.00 WIB.

Demikian tempat wisata sejarah Hari Pahlawan di Surabaya yang bisa Teman Traveler jadikan destinasi liburan selanjutnya. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement
Tags
Akomodasi di Surabaya Hari Pahlawan Wisata di Surabaya Wisata Sejarah Indonesia
Share