3 Wisata Salju di Indonesia dengan Atmosfer Musim Dingin ‘Abadi’

Advertisement

Karena letak geografisnya, Indonesia tergolong negara dengan dua musim, kemarau dan penghujan. Namun tak perlu khawatir, ada solusi murah bagi mereka yang ingin merasakan atmosfer musim dingin. Terdapat sederet wisata salju di Indonesia yang menawarkan nuansa serupa.

Dengan berbekal kecanggihan teknologi, sejumah destinasi tersebut menghadirkan salju buatan untuk memanjakan para pengunjungnya. Tak peduli kapanpun, tumpukan salju dan atmosfer musim dingin akan selalu hadir. Daripada penasaran, berikut Travelingyuk sajikan deretan daftar tiga wisata salju di Indonesia yang layak dikunjungi.

1. Malang Snow Paradise, Malang, Jawa Timur

Keriaan pengunjung di Malang Snow Paradise
Keriaan pengunjung di Malang Snow Paradise via Instagram dhisungwidhi

Dibangun dengan luas 400 meter persegi, Malang Snow Paradise sudah resmi dibuka untuk umum sejak awal Desember 2017. Menurut penuturan pihak pengelola, wahana ini merupakan terbesar di antara wahana sejenis yang ada di Indonesia.

Terlepas dari benar tidaknya klaim tersebut, ada satu keistimewaan yang dimiliki oleh Malang Snow Paradise. Konon, hamparan salju yang ada di sini benar-benar asli dan bukan buatan, yang biasanya mengandung nitrogen dan berbahaya untuk tubuh. Kabarnya pihak pengelola mendatangkannya langsung dari Australia.

Pengunjung berselfie ria di Malang Snow Paradise
Pengunjung berselfie ria di Malang Snow Paradise via Instagram pandicorn.land

Malang Snow Paradise tak cuma cocok bagi mereka yang ingin merasakan sensasi liburan musim dingin tanpa harus ke luar negeri, namun juga untuk pengunjung yang hobi berfoto-foto. Oleh karena itu tidak perlu heran jika di wahana wisata ini disediakan banyak spot selfie untuk sekedar mengabadikan momen atau menambah koleksi foto di media sosial.

Untuk masuk ke Malang Snow Paradise, pengunjung cukup merogoh 20 ribu rupiah untuk membayar tiket. Selain itu masih ada biaya tambahan 50 ribu rupiah guna menyewa boots dan kaus kaki. Disarankan untuk tidak datang di musim liburan, karena konon antrean untuk masuk bisa memakan waktu 2-3 jam.

2. Gardenice Rink, Bandung

Garden Ice Rink
Garden Ice Rink via Instagram gardenice_rink

Sensasi liburan ala musim dingin juga bisa didapatkan dengan bermain ice skating. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Gardenice Rink yang terletak di mall Paris van Java, Bandung.

Begitu masuk ke tempat ini, para pengunjung bakal langsung disuguhkan hawa dingin yang menusuk. Mirip seperti negara-negara di Eropa. Hal ini karena pihak pengelola menggunakan permukaan es asli untuk arena ice skating mereka.

Suasana musim dingin di Garden Ice Rink Bandung
Suasana musim dingin di Garden Ice Rink Bandung via Instagram mirakartika94

Harga yang dipatok untuk berseluncur di Gardenice Rink cukup murah. 80 ribu rupiah untuk hari biasa dan 100 ribu rupiah untuk akhir pekan. Namun harga tersebut bisa naik hingga 120 ribu rupiah di musim liburan sekolah.

Jangan lupa untuk membawa kaus kaki sendiri, karena di sini semua pengunjung wajib mengenakan kaus kaki sebelum memakai sepatu seluncur. Jika tidak, pihak pengelola bakal ‘memaksa’ pengunjung untuk membeli. Lumayan untuk menghemat biaya bersenang-senang di tempat unik ini.

3. Coconut Island, Yogyakarta

Seorang pengunjung di Sky Rink
Seorang pengunjung di Sky Rink via Instagram anissadesyputria

Sama seperti Gardenice Rink, wahana ini juga layak dituju bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi berseluncur ria. Namun patut dicatat bahwa permukaan arena di Coconut Island tidak menggunakan es asli seperti di Bandung.

Meski begitu, suasana dekorasi dan juga atmosfer yang ditawarkan bakal membuat para pengunjung serasa sedang mengalami musim dingin. Tempat yang cukup seru ini boleh kamu jadikan salah satu alternatif untuk mengisi masa liburan nanti.

Coconut Island aman untuk anak-anak
Coconut Island aman untuk anak-anak via Instagram moxcacino

Karena tidak menggunakan permukaan es asli, Coconut Island mematok tarif yang jauh lebih murah dibandingkan arena seluncur es pada umumnya. Pengunjung cukup mengeluarkan 35 ribu rupiah untuk hari biasa dan 50 ribu rupiah di akhir pekan.

Coconut Island teletak di dalam kompleks Jogja City Mall, tepatnya di lantai 1. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

Bonus: Snow Town, Trans Park Juanda, Bekasi

Snow Town di Transpark Juanda
Snow Town di Transpark Juanda via Instagram tantifirstchoicebekasi

Snow Town merupakan salah satu atraksi yang menjadi bagian dari kompleks TransPark Juanda yang ada di Bekasi. Pihak pengelola mengklaim wahana ini memiliki luas 2.000 meter persegi atau lima kali lipat luas Malang Snow Paradise.

Akses menuju tempat ini terbilang mudah, karena letaknya tidak jauh dari pusat kota. Selain itu ada beberapa fasilitas pendukung yang bakal memanjakan para pengunjung. Beberapa di antaranya seperti kereta gantung salju, permainan ski, dan anak-anak juga berkesempatan membangun boneka salju.

Ilustrasi seorang pengunjung di wahana salju
Ilustrasi seorang pengunjung di wahana salju via Instagram nurmhaya

Asyiknya lagi, Snow Town yang ada di TransPark Juanda juga menawarkan pengalaman salju yang otentik. Dalam periode-periode tertentu, pengelola akan menciptakan atmosfer mirip dengan badai salju. Tujuannya tentu saja agar pengunjung merasa mereka seolah-olah benar-benar tidak sedang berada di Indonesia.

Namun demikian, wahana ini belum benar-benar resmi berdiri karena masih dalam tahap pembangunan. Rencananya pihak pengembang akan merampungkan dan membukanya untuk umum pada akhir 2018.

Itulah daftar lengkap wisata salju di Indonesia yang bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan. Tertarik untuk berkunjung?

Advertisement
Tags
Bandung Malang Surabaya Wisata
Share