Wah, Tulungagung Punya Wisata Religi dan Fotogenik Lho

Advertisement

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang kaya akan keindahan alam. Dari dataran rendah hingga pegunungan, banyak objek wisata alam yang menakjubkan. Tidak hanya itu saja, ternyata di sini juga terdapat banyak wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat Ramadan. Di mana saja sih?

Masjid Agung Al Munawwar

Masjid Agung Al Munawwar
Masjid Agung Al Munawwar [image source]
Salah satu tujuan wisata Ramadan yang wajib kamu kunjungi saat ramadan adalah Masjid Agung Al Munawar. Tempat ibadah ini berada di pusat kota Tulungagung dan memiliki keunikan berupa arsitektur modern yang digabungkan dengan klasik. Meski bentuk bangunannya baru, masjid ini terbilang tua. Hal tersebut dapat dilihat dari bedugnya yang terlihat sudah berumur. Nah, saat mampir ke sini, kamu tidak hanya bisa ibadah dengan tenang, tapi bisa jalan-jalan di alun-alun yang letaknya tempat di depan Masjid Agung Al Munawar.

Alun Alun Tulungagung
Alun Alun Tulungagung [image source]
Nama : Masjid Agung AL Munawwar Tulungagung
Alamat : Jl. KH. Wahid Hasyim No. 2 Tulungagung, Jawa Timur.

Masjid Al-Mimbar

Masjid Al Mimbar
Masjid Al Mimbar [image source]
Traveling ke Tulungagung saat bulan suci memang paling nyaman berkunjung ke masjid. Selain Masjid Agung Al Munawar, ada satu lagi tempat ibadah yang tidak pernah sepi pengunjung. Bernama Masjid Al Mimbar yang juga termasuk bangunan ibadah tertua di Tulungagung. Tidak hanya itu, ternyata masjid ini merupakan peninggalan dari KH. Hasan Mimbar, salah satu ulama besar di masa Kerajaan Mataram. Beberapa benda bersejarah yang masih ada di sini adalah mimbar khotbah, Bedug dan menara.

Makam di Masjid Al Mimbar
Makam di Masjid Al Mimbar [image source]
Nama : Masjid Al-Mimbar
Alamat : Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung

Makam Mbah Guru Wali

Pantai Popoh
Pantai Popoh [image source]
Selain beribadah di masjid, wisata religi yang dapat dikunjungi saat ke Tulungagung adalah Makam Wali. Menurut penduduk sekitar, Mbah Wali atau Syeikh Syamsudin merupakan tokoh agama Islam di Jawa sebelum zaman Wali Songo. Karena itu pula, makamnya tidak pernah sepi oleh peziarah. Letaknya sendiri cukup mudah ditemukan karena berada tidak jauh dari Pantai Popoh. Nah, bila takut tersesat, kamu bisa bertanya kepada petugas yang berjaga di loket masuk pantai eksotis ini.

Wisata Religi di Pantai popoh
Wisata Religi di Pantai popoh[image source]
Nama : Makam Mbah Guru Wali
Alamat : Watulimo, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung

Makam Sunan Kuning

Makam Sunan Kuning Tulungagung
Makam Sunan Kuning Tulungagung [image source]
Satu tempat lagi yang hingga kini tidak pernah sepi oleh peziarah adalah Makam Sunan Kuning. Sunan Kuning atau RM. Garandhi sendiri merupakan tokoh yang menjadi pejuang Indonesia melawan kolonial Belanda. Namun, tidak sedikit yang berpendapat jika ia adalah salah satu penyebar agama Islam di Jawa. Meski banyak informasi yang belum akurat, penduduk sekitar percaya jika RM Garandhi menjadi tokoh besar di masa lalu. Nah, letak dari makamnya sendiri berada di Desa Macanbang, Tulungagung

Makam Sunang Kuning
Makam Sunang Kuning [image source]
Nama : Makan Sunan Kuning
Alamat : Desa Macanbang, Kecamatan Gondang, Tulungagung

Nah, yakin nih hanya ingin berada di rumah saja saat bulan suci. Yuk, berkunjung ke objek wisata Tulungagung sekaligus mencari tahu sejarah perkembangan islam di kabupaten satu ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur masjid Tulungagung
Share