5 Tempat Wisata Religi di Rembang

Jawa Tengah bukan hanya wisata Semarang seperti Lawang Sewunya itu. Tapi, banyak loh tempat cantik bersejarah yang masih belum banyak dijamah oleh para traveler. Salah satunya adalah objek wisata yang terletak di Rembang. Kota dengan julukan Little Tiongkok ini memiliki puluhan destinasi yang menawarkan sensasi liburan dengan lebih religius. Seperti di bawah ini!

1. Pasujudan Sunan Bonang, di Bonang

Pasujudan Sunan Bonang
Pasujudan Sunan Bonang [image source]
Pernah dengan tempat wisata ini? Well, bagi yang sering wisata religi pasti tahu dimana letak Pasujudan Sunan Bonang. Terletak di desa Bonang, kecamatan Sluke, Rembang. Pasujudan ini berwujud batu yang konon merupakan bekas sujud dari Sunan Bonang. Destinasi wisata yang juga menjadi tempat pemakaman ibu Raden Patah ini berada di ketinggian. Sehingga untuk dapat melihat keunikan batu keramat tersebut harus menaiki anak tangga yang cukup banyak.

Pasujudan Sunan Bonang, Rembang
Pasujudan Sunan Bonang, Rembang [image source]
Alamat : Bonang, Lasem, Bonang, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59271, Indonesia

2. Makam Raden Ajeng Kartini

Makam RA Kartini
Makam RA Kartini [image source]
Bukan hanya Pasujudan Sunan Bonang serta makam ibu Raden Patah saja, ternyata Rembang juga memiliki tempat bersejarah lainnya. Ialah tempat peristirahatan Raden Ajeng Kartini yang terletak di desa Bulu, kecamatan Bulu. Selain RA Kartini, di desa tersebut juga terdapat makam suami serta anak-anaknya pahlawan cantik ini. Hampir setiap hari selalu ramai peziarah. Selain berziarah, kamu jga bisa berburu cinderamata yang dijual di sekitarnya.

Makam RA Kartini, Rembang
Makam RA Kartini, Rembang [image source]
Alamat : Jl. Rembang – Blora, Bulu, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59255, Indonesia.

3. Masjid Agung Rembang

Masjid Agung Rembang
Masjid Agung Rembang [image source]
Berbicara mengenai Rembang, tentu objek wisata yang harus dikunjungi adalah Masjid Agung Rembang atau Masjid Baiturrahman. Ya, tempat ibadah umat Islam ituberada di Desa Sulang dan diyakini sebagai masjid tertua di Rembang. Dibangun pada tahun 1814 M, bangunan cagar budaya stersebut terdiri dari dua lantai dengan mengusung konsep bertabur ukiran di pintu masuk dan nuansa timur tengah. Berkunjung ke sini, dijamin bakalan mendapatkan pengalaman yang tidak ada duanya.

Masjid Agung Rembang, Rembang
Masjid Agung Rembang, Rembang [image source]
Alamat : Jalan Gatot Subroto, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59219, Indonesia.

4. Kelenteng Mak Co (Tjoe An Kiong), Soditan

Klenteng Mak Co
Klenteng Mak Co [image source]
Berada di tepi Sungai Karanggeneng dan menghadap bekas pelabuhan Rembang, terdapat sebuah bangunan bersejarah kuno. Ialah Kelenteng Mak Co atau Tjoe An Kiong yang memiliki keistimewaan berupa dua menara kembar bernama Kwi Kwa. Kwi Kwa sendiri awalnya menjadi penunjuk arah bagi para nelayan dan gardu yang dapat melihat lautan Jawa. Selain arsitekturnya yang unik, kelenteng satu ini ini makin menarik dengan acara tahunannya mulai dari atraksi liang liong, barongsai hingga pertunjukan wayang.

Klenteng Mak Co Rembang
Klenteng Mak Co Rembang [image source]
Alamat : Desa Tasikagung, Rembang, Rembang, Jawa Tengah

5. Kelenteng Gie Yong Bio

Kelenteng Gie Yong Bio
Kelenteng Gie Yong Bio [image source]
Selain Tjoe An Kiong, ada satu lagi tempat ibadah yang menjadi objek wisata. Ialah Kelenteng Gie Yong Bio yang terletak di daerah Lasem, Rembang. Seperti kelenteng lain, di sini juga terdapat banyak patung dewa-dewi. Selain sebagai tempat beribadah umat Tionghoa, Gio Yong Bio juga memiliki altar yang dulunya digunakan oleh Raden Panji Marhono. Bukan hanya indah, kelenteng satu ini benar-benar cantik dan memanjakan mata banget.

Kelenteng Gie Yong Bio Rembang
Kelenteng Gie Yong Bio Rembang [image source]
Alamat : Jl. Babagan No. 7, Lasem, Babagan, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59271, Indonesia

Masih banyak tempat lain lagi yang dimiliki oleh Rembang bagi kamu yang hobi mencari objek religi. Nah, sudah berkunjung ke kota ini belum?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Klenteng masjid Rembang
Share