Pulau Sombori, Keindahan yang Masih Tersembunyi

Advertisement

Indonesia sudah seperti miniatur dunia. Mau padang pasir seperti di Sahara datanglah ke Jogja atau ingin melihat indahnya pantai Selandia Baru? Sulawesi Tengah jawabannya. Itu karena provinsi tersebut memiliki destinasi wisata bernama Pulau Sombori. Seperti apa pesonanya? Berikut informasi lebih lengkap.

Bagaimana tidak takjub, kamu sedang berhadapan dengan objek wisata Sulawesi sekaligus kawasan konservasi seluas 41.342 hektar.

Pulau Sombori [image source]

Baik daratan maupun kehidupan bawah laut menjanjikan kharisma alam yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. Dari pepohan dan terumbu karang, pilih saja mana yang ingin kamu sapa duluan. 

Pulau Sombori [image source]

Apalagi jika kamu adalah seorang penyelam, ucapkan selamat datang pada dirimu sendiri di tanah surga Sulawesi Tengah. Setelah melihat foto di bawah ini pasti tidak sabar ingin berenang di Sombori, kan? 

Pulau Sombori [image source]

Naiklah perahu nelayan, mengarungi samudra dan mengadu keberuntungan demi bisa melihat lumba-lumba dan hiu paus yang mengejar ikan. 

Pulau Sombori [image source]

Sombori juga menawarkan spot Tebing Kahyangan untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Ada gugusan bukit karang atau pulau-pulau kecil yang nampak jelas dihubungkan oleh birunya air laut. Sekilas, mirip dengan Raja Ampat di Papua. 

Pulau Sombori [image source]

Sombori masih sepi dan minim fasilitas, untuk ke Tebing Kahyangan saja, harus mendaki bebatuan terjal dan butuh usaha keras. Meski melelahlan, pemandangan di depan mata bisa jadi obat paling mujarab untuk memulihkan badan. 

Pulau Sombori [image source]

Kegiatan island hopping atau menjelajah dari satu pulau ke pulau lainnnya juga bisa dilakukan selain menyelam dan seru-seruan di pinggir pantai. Beberapa pulau ada yang tak berpenghuni. Kemudian, kamu juga bisa mencoba masuk ke gua-gua di Sombori, semuanya indah. 

Pulau Sombori [image source]

Dua gua yang paling terkenal adalah Gua Berlian dan Gua Tengkorak. Ke sini akan membuatmu takjub dengan keindahan stalaktit yang berkilau saat terkena cahaya matahari.

Gua di Sombori [image source]

Perjalanan ke Sombori bisa kamu mulai dari Kendari, kemudian menuju Kota Lafei Morowali dengan waktu tempuh hingga 5 jam perjalanan. Setelah itu melewati jalur laut hingga sampai di Pulau Keleroang. 

Pulau Sombori [image source]

Lokasi :  Pulau Sombori, Desa Mbokita, Kec Bungku Timur, Kab Morowali, Sulawesi Tengah

Itulah beberapa keindahan Pulau Sombori, ‘Raja Ampat-nya’ di Sulawesi. Segera masukan ke dalam daftar tempat impianmu ya, dan semoga saat tiba waktumu mengunjunginya. Sombori masih tetap indah seperti sedia kala.

Advertisement
Tags
Indonesia Morowali pulau Sulawesi Tengah
Share