Wisata Petualangan Sekitar Pelabuhan Merak Banten, Mampir Dulu Melepas Penat

Merak adalah sebuah pelabuhan penyeberangan di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten yang juga mempunyai wisata adventure atau disebut juga adventourism. Teman Traveler yang mau ke tempat wisata di Anyer, dapat berkunjung dulu ke wisata petualangan sekitar Pelabuhan Merak.

Puaskan keliling beragam wisata petualangan sekitar Pelabuhan Merak, mulai dari jelajah pulau sampai hiking ke bukit. Tidak hanya sekedar jalan-jalan, kegiatan tersebut sekaligus latihan sebelum bertualang ke pulau yang lebih besar. Teman Traveler, yuk kita lihat adventourism apa aja yang bisa di temukan di sekitar Pelabuhan Merak!

Pulau Merak Kecil

Wisata Petualangan Sekitar Pelabuhan Merak
Pantai di Pulau Merak Kecil (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Wisata petualangan sekitar Pelabuhan Merak pertama adalah Pulau Merak Kecil. Kesan awal yang saya dapatkan adalah pantainya bersih dan pulaunya terlihat unik, karena sebagian pantainya dikelilingi oleh pasir pantai dan sebagiannya lagi oleh bebatuan. Walaupun pulaunya dekat dengan Pelabuhan Merak, tapi tidak terlihat sampah-sampah dan bahan bakar yang mengotori sekitar pantai.

Wisata Petualangan Sekitar Pelabuhan Merak
Keindahan Pulau Merak Kecil (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Pulaunya terjaga dengan baik, terbukti dengan pasir pantainya yang begitu putih bersih dan air lautnya yang terlihat jernih. Teman Traveler sempatkan untuk berenang menikmati kejernihan lautnya. Tidak banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di pantainya karena belum ada fasilitas olahraga air yang tersedia di sini. Namun menurut saya berenang juga sudah cukup memuaskan.

Sambil berenang Teman Traveler bisa menikmati pemandangan hijaunya perbukitan, melihat hilir mudik perahu-perahu nelayan, bersandarnya kapal-kapal laut, dan pemandangan alam sekitarnya.

Wisata Petualangan Sekitar Pelabuhan Merak
Bermain di di Pantai Merak Kecil (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Teman Traveler yang hendak ke Pulau Merak Kecil, harus datang dulu ke dermaga penyeberangannya di Pantai Mabak, lokasinya dekat dengan Polsek Pulomerak. Siapkan budget sekitar Rp15 ribuan untuk biaya transportasi pergi-pulang menggunakan perahu kayu. Sesampainya di sini, Teman Traveler bebas mau menghabiskan waktu beberapa jam saja atau sekalian seharian.

Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Wisata petualangan sekitar Pelabuhan Merak selanjutnya adalah Pulau Merak Besar. Pulau ini masih terlihat rimbun oleh berbagai macam jenis tanaman dan pepohonan, juga beberapa hewan seperti burung.

Menurut informasi, ada beberapa wisatawan juga yang menjelalajah masuk lebih jauh ke dalam Pulau Merak Besar. Hanya saja, Teman Traveler tidak bisa berkemah di pulau ini, berbeda dengan Pulau Merak Kecil yang masih bisa dijadikan jujugan buat camping.

Lautan Sekitar Pulau Merak Besar (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Pulau Merak Besar juga harus ditempuh melalui dermaga penyeberangan sama seperti Pulau Merak Kecil. Hanya saja biaya transportasinya berbeda yaitu sekitar Rp25 ribuan, karena lokasinya lebih jauh daripada Pulau Merak Kecil.

Teman Traveler yang lebih memilih untuk mengelilingi pulau juga bisa, tentunya dengan biaya yang berbeda. Nah, sebelum pergi ke Pulau Merak Kecil maupun Pulau Merak Besar, harus nego harga dulu dengan sang empunya perahu. Supaya kegiatan berkeliling maupun stay di pulau sama asyiknya.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Wisata petualangan sekitar Pelabuhan Merak yang cocok untuk pecinta hiking adalah Bukit Teletubbies. Teman Traveler bisa menikmati betapa segar udaranya, berkat adanya pepohonan dan tanaman hijau. Lumayan untuk menghalau panasnya suhu di area Merak.

Bukit Teletubbies mempunyai keunikan yaitu bentuknya oval dan diselimuti rerumputan yang terlihat seperti karpet. Ia memang mirip dengan bukit di serial televisi Teletubbies, oleh karena itu sebutannya pun serupa.

Pemandangan di Bukit Teletubbies (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Bukan hanya pemandangan di atas Bukit Teletubbies saja yang indah, bahkan dari awal jalan raya Teman Traveler sudah bisa menikmati pemandangan yang luar biasa bagusnya.

Terdapat beberapa kegiatan yang harus dilakukan kalau menjelajah Bukit Teletubbies, di antaranya foto-foto dan piknik di atas bukit. Lebih seru lagi kalau hiking bersama dengan keluarga atau teman, jalinan persahabatan akan terasa lebih erat.

Melihat Lautan dari Bukit Teletubbies (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Demi mencapai Bukit Teletubbies, Teman Traveler harus mengambil arah jalan menuju Pulorida dari Pelabuhan Merak. Kemudian belok kanan ke arah Ditpolair Polda Banten.

Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang via Instagram @_nengnurjanah

Wisata petualangan sekitar Pelabuhan Merak berikutnya adalah Gunung Batu Lawang. Destinasi ini disebut Batu Lawang karena di atas gunung ada bebatuan besar yang menyerupai lawang atau pintu. Terdapat banyak orang yang bukan hanya hiking untuk berolahraga dan menghilangkan penat, tetapi juga penasaran dengan bebatuan tersebut.

Gunung Batu Lawang ini cocok buat Teman Traveler yang tidak begitu suka keramaian. Teman Traveler dapat melihat pemandangan perbukitan di sekitarnya dan hamparan keindahan Kota Cilegon dari atas gunung.

Pemandangan di Gunung Batu Lawan via Instagram @aris_yadi11

Gunung Batu Lawang ini berada di kawasan Cilegon, yang dapat ditempuh dari Jalan Batu Lawang, Kelurahan Gerem. Teman Traveler harus masuk ke daerah perkampungan, lalu di ujung jalan akan ada tempat parkir kendaraan. Dari sinilah Teman Traveler harus siapkan tenaga untuk hiking sejauh kurang lebih 500 meteran.

Itulah wisata Banten di sekitar Pelabuhan Merak yang dapat dijadikan pilihan liburan. Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke mana saja?

Tags
Banten Indonesia kontributor Pelabuhan Merak Wisata
Share