Wisata Pemandian Desa Sesaot, Segar Alami Berhiaskan Tangga Air

Advertisement

Selain hamparan pantainya, Pulau Lombok memiliki segudang keindahan lain yang dapat Teman Traveler nikmati. Salah satunya Pemandian Desa Sesaot.

Pemandian alami ini berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat dan sudah menjadi pilihan berwisata keluarga sejak lama. Seperti apa keindahan destinasi yang juga berhiaskan Tangga Air ini? Berikut ulasannya. 

Mudah Ditemukan

Wisata Desa Sesaot
Wisata Desa Sesaot (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Teman Traveler tidak perlu khawatir tersesat menuju Pemandian Sesaot. Pada dasarnya kalian hanya perlu berkendara ke arah Desa Suranadi. Letaknya tidak jauh dari Wisata Aik Nyet, yang sudah pernah saya ulas sebelumnya.

Sesaot ini berada di dekat pintu masuk wisata sebelum menuju wilayah Aik Nyet. Jika sudah sampai, suasana sejuk akan langsung terasa dan sangat menggoda untuk menceburkan diri di air.

Sejarah Desa Sesaot

Suasa sejuk di pemandian Sesaot
Suasana sejuk di Pemandian Desa Sesaot (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Desa Sesaot merupakan bagian dari jalur geowisata. Berkaitan erat dengan pembuatan jalur pendakian Sasak Kuno menuju gunung Rinjani. Desa ini tersusun oleh batuan gunung api dari komplek gunung api purba Punikan, berumur Pleistosen Akhir (sekitar 126.000 tahun), dan komplek gunung api Rinjani, berumur Holoses (sekitar 11.000 tahun) – dalam skala waktu geologi.

Pemandian Segar dan Alami

Air yang sangat jernih dan tosca
Air jernih berwarna tosca (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Desa Sesaot memiliki banyak sekali pemandian alami. Tempat yang kita bahas kali ini berada di dekat pintu masuk desa.

Di sini terdapat aliran air alami dari Gunung Rinjani. Terlihat sangat jernih hingga bagian dasar tampak begitu jelas. Airnya berwarna biru tosca, sangat memanjakan mata.

Kolam renang khusus anak-anak
Kolam untuk anak-anak (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Destinasi ini juga menyediakan kolam renang khusus anak-anak. Teman Traveler yang ingin kemari tidak perlu khawatir bila ingin membawa serta keluarga terutama anak-anak.

Serunya bermain di Tangga Air

Uniknya tangga air di Sesaot
Uniknya tangga air di Sesaot (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Nah, inilah salah satu daya tarik utama tempat wisata ini. Tangga air ini sebenarnya merupakan sejenis bendungan. Bentuknya mirip deretan anak tangga, hanya saja dialiri air.

Kerennya tangga air di Sesaot
Kerennya tangga air di Sesaot (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa berjalan di atas deretan anak tangga tersebut. Tidak perlu khawatir terpeleset karena sama sekali tidak licin. Meskipun begitu harus tetap berhati-hati ya, karena lokasinya berada di ketinggian.

Sensasi Air Terjun Menyegarkan

Suasan air terjun mini di Sesaot
Air terjun mini di Sesaot (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Di tempat ini juga terdapat sebuah air terjun yang cukup indah namun tidak terlalu tinggi. Teman Traveler bisa bermain air dengan sensasi dingin menyegarkan.

Air terjun ini berada di sisi paling ujung wilayah wisata Sesaot. Teman Traveler cukup berjalah beberapa langkah saja dari tangga air sembari melewati bebatuan. Namun harus tetap berhati-hati ya, jangan sampai terpeleset!

Nampak air terjun dari kejauhan
Air terjun dari kejauhan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Pemandian Desa Sesaot, wisata yang sudah populer sejak lama di Lombok Barat. Teman Traveler dapat merasakan sensasi berendam air jernih bersama keluarga di tempat ini. Jadi tunggu apa lagi? Datang saja ke wisata Desa Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat.

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok pemandian desa sesaot Travelingyuk wisata lombok
Share