Pantai Timang, Wisata Jogja dengan Jembatan Gantung Ekstrem

Advertisement

Pantai Timang yang terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal. Pantai Timang ini sangat unik berbeda dengan pantai pada umumnya. Apa sih yang membuat pantai ini istimewa?

img_20190731_214811_d1F.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Pantai ini mempunyai sebuah bukit karang raksasa yang berada di seberang pantai. Bukit karang ini adalah ikon utama yang menjadikan Pantai Timang ini menjadi hits dan terkenal dikalangan wisatawan. Untuk menuju ke bukit karang raksasa kita tidak bisa melewatinya dengan berenang ataupun jalan kaki dari pantai kita harus naik kereta gondola.

img_20190731_214721_m1x.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Jangan bayangin kereta gondola yang sudah canggih dengan mesin ya guys karena kereta gondola atau yang biasa disebut kereta gantung disini dijalankan dengan cara tradisonal yaitu ditarik dengan tenaga manusia. Kereta gondola ini terbuat dari kayu dan digantung dalam tali yang saling terhubung dengan bukit karang raksasa.

Jarak menuju bukit karang raksasa ini lumayan jauh dan kita harus siap mental jika ingin menyeberangi tempat ini pasalnya ganasnya ombak yang ada di bagian bawah sangat luar biasa.

img_20190731_214706_Elt.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Namun jangan terlalu khawatir karena saat akan menyeberang petugas akan memperhitungkan waktu datangnya ombak jadi kita bisa menghindari terkena hempasan ombak besar. Tetap bawa baju ganti yaa untuk jaga-jaga kalau kita basah kuyup terkena cipratan ombak.

img_20190731_214824_H44.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Kereta gantung ini dulunya hanya digunakan oleh nelayan untuk mencari udang dan lobster di kawasan bukit karang, namun sekarang malah menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung kesana. Karena banyaknya wisatawan yang dating di samping kereta gantung ini kemudian dibangun jembatan gantung jadi kalian bisa merasakan sensasinya berjalan kaki diatas ganasnya ombak.

img_20190731_214624_m9G.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Untuk menuju kawasan ini tidaklah mudah karena terletak lumayan jauh dari desa. Jalanannya pun masih belum diaspal harus benar-benar bisa mengemudi ya jika menggunakan kendaraan pribadi, namun jangan khawatir jika tidak pandai mengemudi karena ada juga persewaan mobil jeep yang akan mengantarkan kita ke pantai.

img_20190731_214557_qP7.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Lokasi kereta gondola ini juga berada di atas sebuah bukit. Kita harus sedikit berjalan menanjak dari area parkir yang letaknya di bawah bukit.

img_20190731_214758_6uE.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Sayangnya seiring pesatnya pariwisata di tempat ini malah membuat banyak sampah di area sekitar bukit, selalu buang sampah pada tempatnya ya sahabat semua ini sangat berarti penting untuk lingkungan di sekitar kita agar tidak tercemar.

img_20190731_214637_ntf.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Jika takut menyeberang ke bukit karang kita cukup menyaksikan saja jangan sampai memaksakan diri selain itu ada pilihan lain yang di tawarkan di pantai ini karena terdapat pantai yang bisa dinikmati tanpa harus menyiapkan keberanian menyeberangi ombak besar.

img_20190731_214650_wFc.jpg
Pantai Timang (c) Arfani/Travelingyuk

Nah gimana nih sahabat traveler ada yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Timang ini.

Advertisement
Tags
Pantai Timang wisata jogja
Share