Wisata Pagoda di Myanmar, 5 Diantaranya memiliki Arsitektur Luar Biasa

Myanmar negara yang berbatasan langsung dengan India dan Tiongkok, menjadikan kebudayaan yang beda dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya. Wisata Pagoda Myanmar yang memiliki arsitektur yang luar biasa menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Teman Traveler ingin tahu? simak ulasannya berikut ini. 

1. Shwedagon Pagoda

30460273697_40664c81af_k_dfn.jpg
Shwedagon Pagoda via flickr.com/photos/isapisa/

Shwedagon Pagoda merupakan stupa candi berlokasi di Bukit Singuttara, Yangon, Myanmar. Bangunan ini memiliki tinggi mencapai 99 meter dan merupakan candi paling sakral di Myanmar, yang meliputi empat patung-patung peninggalan sangat dihormati bagi penganut agama Budha. 

Kuil yang dikenal dengan Golden Pagoda ini diperkirakan sudah didirikan sejak 6 tahun sebelum masehi oleh masyarakat Mon. Sedangkan menurut legenda bangunan ini sudah berdiri sejak 2.600 tahun yang lalu, dinobatkan sebagai kuil Budha tertua di dunia.

2. Shwezigon Pagoda

44808716504_b9ccea7d4b_k_Ity.jpg
Shwezigon Pagoda via flickr.com/photos/isapisa/

Selanjutnya ada Shwezigon Pagoda letaknya di Nyaung-U, Bagan yang memiliki warna emas layaknya pagoda di Myanmar lainnya. Bangunan ini didirikan oleh Raja Anahwrata, merupakan pendiri dari Dinasti Pagan dan sudah berdiri sejak tahun 1102 sebelum masehi.

Pagoda ini memiliki bentuk yang unik, layaknya bel serta memiliki warna emas, lalu terdapat stupa-stupa kecil yang ada di sekitarnya. Namun bangunan pagoda ini pernah rusak akibat dari guncangan gempa bumi pada tahun 1974, dan kembali direnovasi pada tahun 1975. 

3. Hsinbyume Pagoda 

Wisata pagoda Myanmar
Hsinbyume Pagoda via flickr.com/photos/davidstanleytravel/

Beralih ke kota di utara Myanmar, terdapat wisata pagoda bernama Hsinbyume Pagoda yang tidak kalah menarik dibandingkan lainnya. Letak pagoda ini berada di kota Mingun, Wilayah Sagaing tepat berada di sebelah barat Sungai Irrawaddy. 

Sementara bangunan ini sudah didirikan pada tahun 1816 oleh Bagyidaw yang merupakan raja ke tujuh dari Dinasti Konbaung. Desain yang dibenamkan dalam bangunan pagoda ini sesuai dengan mitologi Sulaymani, di Gunung Meru. Selain itu tujuh teras yang ada di pagoda ini menggambarkan tujuh pegunungan untuk menuju ke Gunung Meru, sesuai kepercayaan Budha. 

4. Sule Pagoda

Wisata pagoda Myanmar
Sule Pagoda via flickr.com/photos/jasoneppink/

Kembali ke Yangon ada lagi pagoda besar bernama Sule Pagoda terletak persis di pusat kota, serta menjadi tempat saksi bisu berbagai kejadian politik di Myanmar. Menurut legenda Sule Pagoda sudah dibangun lebih dulu dibandingkan dengan Shwedagon Pagoda yang kemungkinan sudah dibangun lebih dari 2.600 tahun yang lalu. 

Arsitektur yang ada dalam pagoda ini cenderung banyak mengambil unsur stupa asal India. Namun kemudian adanya sedikit perubahan dari pagoda ini yang lebih menggambarkan pagoda khas dari Burma. 

5. Kuthodaw Pagoda

Wisata pagoda Myanmar
Kuthodaw Pagoda via flickr.com/photos/jasoneppink

Terakhir ada Kuthodaw Pagoda, merupakan stupa Budha yang terletak di Kota Mandalay, berada di kaki Bukit Mandalay. Bangunan ini dibangun pada masa Raja Mindon, sebagai pondasi awal pembangunan Kota Mandalay pada tahun 1857.

Pagoda besar ini juga terkenal akan tempat bawah tanah yang pada dindingnya berisikan teks ada di dalam kitab Tripitaka. Selain itu bangunan ini terdiri dari 729 stupa memiliki arsitektur menarik dan khas Burma. Pastinya tempat ini menarik banget buat dikunjungi buat Teman Traveler yang suka akan sejarah. 

Itu tadi beberapa wisata pagoda di Myanmar yang memiliki arsitektur yang keren banget dan menarik buat dikunjungi. Kira-kira tempat mana yang buat kalian penasaran nih?

Tags
kontributor Luar negeri Myanmar Pagoda Travelingyuk Wisata pagoda Myanmar
Share