Jelajah Wisata Oslo, Pesona Ibu Kota Norwegia

Pesona keindahan Oslo memang luar biasa Teman Traveler. Ibu kota Norwegia ini punya banyak tempat menarik untuk disambangi, bahkan di sekitar area perkotaannya sekalipun. Saya sendiri beruntung bisa mampir ke beberapa wisata Oslo yang mempesona.

Teman Traveler tak perlu bingung menentukan pilihan. Kalian bisa mengagumi indahnya Balai Kota Oslo, maupun berkunjung ke Jalan Karl Johan yang cantik. Semuanya bakal bikin kalian terkagum. Yuk, simak rekomendasi wisata Oslo yang pernah saya sambangi berikut ini.

Oslo City Hall

Oslo City Hall (c) Travelingyuk

Berada di pusat kota, Oslo City Hall yang juga sering disebut Oslo Radhus merupakan gedung balaikota dan pusat beberapa organisasi. Bangunan yang mulai dikerjakan antara 1931 hingga 1950 ini memiliki dua menara, masing-masing menjulang setinggi nya 63 dan 66 meter.

Reputasi Oslo City Hall cukup dikenal di penjuru dunia karena kerap digunakan sebagai venue pemberian hadiah Nobel, serta berbagai gelaran prestisius lainnya. Oh ya, begitu masuk ke dalam Teman Traveler akan merasa seperti di sebuah galeri, sebab ada begitu banyak lukisan indah di sini.

Parliament House

Gedung Parlemen Norwegia (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Berada di jalan Karl Johan, gedung parlemen ikonik berfungsi sebagai kantor Dewan Perwakilan Rakyat Norwegia. Bangunannya disusun dari bata warna kuning, dengan gaya arsitektur campuran Italia dan Perancis. .

Sebelum desain gedung ini ditentukan, sempat diadakan sebuah lomba yang akhirnya dimenangkan arsitek bernama Heinrich Ernst Schirmer dan Wilhelm von Hanno. Anehnya, desain tersebut kemudian ditolak karena dianggap lebih mirip gedung gereja.

Pembangunan akhirnya baru dimulai pada 1860, usai muncul kesepakatan untuk menggunakan desain karya arsitek Emil Victor Langlet. Keputusan tersebut muncul usai diadakan penghitungan suara.

Vigeland Park

Obelisk di Vigeland Park (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Vigeland Park merupakan taman terluas di Oslo. Namanya diambil dari seorang pematung bernama Gustav Vigeland, yang karyanya banyak dipajang di sini. Jumlahnya ada sekitar 200-an, kebanyakan menggambarkan hubungan antar manusia, perjalanan kehidupan, maupun berbagai emosi.

Oh ya, semua patung di sini memang sengaja didesain tak berbusana. Hal tersebut sengaja dilakukan sang pematungnya agar karyanya abadi sepanjang masa, tak terpengaruh oleh perubahan fashion.

Teman Traveler juga bisa melihat sebuah obelisk besar dari granit dengan ketinggian mencapai 17 meter di tengah-tengah taman. Monumen ini sekaligus menjadi ikon Vigeland Park, taman yang pembangunannya memakan waktu hingga 40 tahun.

Karl Johan Street

Karl Johan Street (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Karl Johan Street adalah nama sebuah jalan utama di Oslo. Diberi nama demikian sebagai penghormatan terhadap Raja Norwegia, Charles III John. Jalan ini membentang hingga satu kilometer, dari Royal Palace hingga stasiun kereta utama.

Di sekitar sini Teman Traveler akan menemukan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari Royal Palace, Central Station, serta Gedung Parlemen. Selain itu masih ada National Theatre, Old University Building, Palace Park, dan kolam indah di Eidsvolls Plass.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah wisata Oslo di sekitar kawasan perkotaan. Semoga bisa membantu, terutama untuk Teman Traveler yang berencana liburan ke Norwegia di masa mendatang.

Tags
kontributor Norwegia Travelingyuk wisata norwegia
Share