Nusa Penida, Tempat Wisata Anti Mainstream di Pulau Dewata

Advertisement

Siapa sih yang tidak bermimpi bisa liburan ke Pulau Bali, pulau di timur Jawa yang terkenal seantero dunia. Pulau ini sempurna luar dalam, selain punya lanskap alam yang indah kultur budaya yang ada di masyarakatnya juga masih terjaga dan satu lagi, pulau ini tidak pernah kehabisan tempat baru untuk memukau para wisatawan.

Traveler yang sudah berulang-ulang ke Pulau Bali sudah saatnya menjelajah lebih dalam untuk menemukan sesuatu yang baru di Pulau Seribu Pura tersebut. Nusa Penida bisa dijadikan pilihan yang sempurna untuk mengekplorasi lebih kekayaan disana. Apalagi Nusa Penida adalah pulau yang terpisah dari daratan utama Bali lebih tepatnya berada di sisi sebelah tenggara yang dipisahkan oleh Selat Badung, dan inilah aneka keseruan yang traveler dapatkan saat mengunjungi Nusa Penida.

1. Bertemu Ikan Mola-Mola Raksasa di Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau terbesar dari tiga pulau yang saling berdekatan yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Kawasan perairan di sekitar tiga pulau ini terkenal memiliki spot menyelam yang keren dimana di dalam lautnya dihuni oleh ikan mola-mola raksasa serta ikan pari manta. Maka tidak lengkap berlibur di Nusa Penida jika tidak mencoba menyelam ke dasar lautnya.

Menyelam di Nusa Penida, via instagram
Menyelam di Nusa Penida, via instagram

Kalau wisatawan punya dana yang lumayan, silahkan mengalokasikan sebagian budget untuk mendatangi salah satu operator menyelam yang ada di Nusa Penida dan rasakan sensasi penyelaman yang bakal memberi pengalaman tak terlupakan. Belum mahir menyelam? Tenang, bergabunglah dengan Nusa Penida Diving yang menyelenggarakan pelatihan diving dari pemula hingga tingkat instruktur.

2. Kunjungi Pantai Sebening Kaca A La Nusa Penida di Crystal Bay

Jangan kaget nama tempat wisata yang satu ini memang Crystal Bay. Meski terdengar kebarat-baratan tapi pantai ini memang layak menyandang nama itu. Sebab pantai yang terletak di Teluk Penida, tepatnya di Banjar Penida, Desa Sakti memiliki hamparan pasir pantai yang putih bersih serta air laut yang sangat jernih seperti kristal. Dari sanalah kemudian penamaan Crystal Bay berasal.

Crystal Bay, via instagram
Crystal Bay, via instagram

Crystal Bay mengalami tren peningkatan jumlah kunjungan yang disebabkan beberapa faktor. Disamping pengelolaan dan promosi yang gencar pada dasarnya pantai ini telah memiliki segala syarat yang dibutuhkkan untuk menjadi terkenal yaitu pemandangan alam yang indah. Crystal Bay dikelilingi oleh gugusan atol kecil dan perbukitan hijau di darat serta terumbu karang yang beragam dengan hewan laut yang bermacam-macam di dalamnya menjadikan pantai ini sebagai secuil tanah surga baru di jajaran pariwisata Pulau Dewata. Snorkeling, diving atau sekedar swimming adalah aneka aktivitas favorit wisatawan yang berkunjung ke Crystal Bay.

3. Kunjungi Broken Beach yang Tidak Bikin Patah Hati

Nama destinasi wisata di Nusa Penida berikutnya adalah Broken Beach. Walaupun namanya seperti itu tapi pantai ini sama sekali tidak membikin wisatawan yang berkunjung patah hati. Malah mereka akan terhibur dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Broken Beach memiliki nama asli Pasih Huug, adalah sebuah laguna alami yang terbentuk dari proses alam dimana daratan di sekitar perbukitan di bibir pantai amblas.

Broken Beach, via instagram
Broken Beach, via instagram

Daerah yang amblas tadi kemudian terisi oleh air laut yang berasal dari celah atau terowongan di bawah tebing. Pantai ini cukup riskan untuk dijadikan tempat berenang jika tanpa pengawasan seorang profresional. Karena keindahannya inilah kemudian ada beberapa operator tur yang berani memberikan tawaran berenang di Broken Beach dengan cara lebih aman. Dari sana kemudian banyak wisatawan yang berhasil mendapatkan gambar keren saat berenang di Pasih Huug. Tempat wisata ini bisa wisatawan temui di dusun Sompang.

4. Ikuti Tur Pribadi ke Tempat-Tempat Tersembunyi di Nusa Penida

Salah satu operator tur yang wajib wisatawan ikuti di Nusa Penida adalah Penida Tours. Operator tur ini berada di alamat Jalan raya Bodong, desa Ped, Nusa Penida. Menariknya wisatawan bisa memilih tur pribadi ke tempat-tempat tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan di Nusa Penida. Al hasil liburan menjadi makin ekslusif dengan foto dokumentasi yang ciamik, lain dari pada yang lain.

Karag dawa/ Pantai Kelingking, via instagram
Karag dawa/ Pantai Kelingking, via instagram

Salah satu destinasi yang bakal disambangi dalam tur ini adalah Karang Dawa/ Paluang. Tebing yang memanjang dimana wisatawan sering pamer foto sedang duduk di ujung tebing yang menghadap ke laut langsung. Serta masih banyak destinasi anti mainstream yang akan disinggahi selama tur.

5. Mampir ke Pura Goa Giri Putri yang Sakral

Bali memiliki banyak gua hanya saja pada umumnya gua-gua yang ada di Pulau Dewata digunakan pula sebagai tempat ritual atau upacara tertentu sehingga keberadaannya sangat disakralkan. Salah satu gua yang punya fungsi demikian adalah Pura Goa Giri Putri yang berada di desa Sauna, Nusa Penida, kabupaten Klungkung.

Mampir ke Pura Goa Giri Putri yang Sakral, via instagram
Mampir ke Pura Goa Giri Putri yang Sakral, via instagram

Konon Pura Goa Giri Putri telah digunakan sejak zaman Neolitikum sebagai tempat berlindung. Gua ini menjadi yang terbesar di kawasan Nusa Penida dan hingga kini masih aktif digunakan sebagai tempat melangsungkan ritual tertentu. Uniknya gua ini memiliki pintu masuk yang sempit namun orang dewasa tetap bisa melewatinya. Bagian dalam gua malah bisa menampung sekitar 5 ribu orang.

6. Menikmati Nusa Penida Dengan Nyaman, Gunakan Caspla Bali

Caspla Bali adalah layanan tur kapal menuju ke Nusa Penida. Ada beberapa pilihan paket yang dipilih traveler, selain berkeliling pulau ada pula paket snorkeling. Pada dasarnya Caspla Bali adalah layanan kapal pesiar untuk menyeberang ke Nusa Penida dari Pulau Bali.

Caspla Bali, via instagram
Caspla Bali, via instagram

Caspla Penida melakukan start pelayaran dari Pelabuhan Buyuk Nusa Penida dengan alamat kantor di Jalan Pulau Moyo, Gang Cemara No.4 Pedungan Denpasar, Nusa Penida. Nikmati puasnya tur berkeliling Nusa Penida menggunakan jasa tur dari Caspla Penida. Untuk paket dan tarif wisatawan bisa langsung mengunjungi website resminya.

7. Sensasi Berendam di Atas Tebing Via Air Terjun Guyangan

Beralihlah ke dusun Antapan, desa Batukandik, disana ada tempat wisata baru yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Air Terjun Guyangan. Semula air terjun ini adalah sumber air bagi masyarakat Nusa Penida tapi lama-kelamaan karena lokasinya yang berada di pinggir laut dengan pemandangan pesisir pantai yang eksotis tempat ini pun dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata.

Air Terjun Guyangan, via instagram
Air Terjun Guyangan, via instagram

Air Terjun Guyangan bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam dari Pelabuhan Kapal Roro. Hanya saja lokasinya yang berada di tempat curam membuat wisatawan harus punya nyali untuk melangkahkan kaki. Di kolamnya wisatawan bisa berendam sambil melihat hamparan pasir pantai dan ombak laut yang menderu-deru.

8. Pantai Atuh, Hidden Paradise di Nusa Penida

Semakin jauh wisatawan menjelajahi pesona alam Pulau Bali makan akan semakin banyak destinasi wisata baru yang keren-keren bermunculan. Pantai Atuh adalah salah satunya yang belum lama terkuak keindahannya yang konon sama seperti Raja Ampat maupun Phi Phi Island. Foto-foto yang sebelumnya beredar di dunia maya menunjukkan daerah di Bali dengan tebing hijau di tengah laut yang bikin wisatawan lain penasaran.

Pantai Atuh, via instagram
Pantai Atuh, via instagram

Ternyata pantai dengan karakteristik tadi bisa wisatawan temukan di Pantai Atuh, Nusa Penida, Bali. Akses menuju ke pantai ini adalah dengan melalui desa Cemlagi, dari sana wisatawan tinggal bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi pantai ini. Di pesisirnya pantai ini sama dengan pantai lain yang punya pasir putih, tapi jika mau mendapatkan posisi cantik untuk memotret keindahan Pantai Atuh adalah dengan berjalan kaki ke atas tebing di sebelah kanan pantai. Dari atas tebing terlihat deretan pulau-pulau kecil di tengah laut yang mirip dengan gugusan pulau karang di Raja Ampat.

9. Punya Nyali? Coba Cliff Jumping di Nusa Penida

Operator tur Nusa Penida Water Sport punya spot keren untuk melakukan hal-hal menantang yaitu spot cliff jumping. Ini adalah salah satu turunan dari terjun bebas yang dilakukan dari atas tebing berketinggian belasan meter dan menyeburkan diri ke lautan. Biaya masuk ke spot cliff jumping cukup terjangkau sekitar Rp. 5 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Tempat mendarat wisatawan yang melakukan cliff jumping adalah sebuah laut yang disebut dengan blue lagoon. Wisatawan akan diberikan akses tangga untuk menuju ke titik lompatan. Jika kamu merasa cukup punya nyali, melakukan cliff jumping di Nusa Penida layak kamu masukkan dalam daftar hal yang harus dilakukan di sana.

Selain daftar diatas ada pula beberapa destinasi yang sudah cukup terkenal di Nusa Penida antara lain Angels Billabong dan Dream Beach. Ada lagi yang kurang?

Advertisement
Tags
Air Terjun Bali Indonesia Nusa Penida pantai pura
Share