Liburan Saat Musim Hujan, Coret Daftar Objek Wisata ini Jika Mau Selamat

Advertisement
Advertisement

Kegiatan wisata seharusnya memberikan kebahagiaan. Senyum akan merekah apabila kita bisa menikmati keindahan dan kebersamaan dengan orang-orang terdekat. Itulah mengapa pergi ke tempat-tempat yang keren adalah pilihan yang menarik saat libur. Namun tempat dan waktu yang salah dapat membuat wisata yang harusnya seru bisa menjadi petaka. Sebelum berangkat, penting sekali memikirkan tujuan terbaik sebagai destinasi wisata. Pilih tempat yang paling aman karena keselamatan adalah hal yang utama dan lebih penting dari melihat keindahan atau melakukan aktivitas seru.

Kamu bisa pergi ke sana lain kali, namun jika mengabaikan keamanan dan nekat berangkat hingga mengalami musibah, mungkin kesempatanmu untuk menikmati wisata-wisata lain yang lebih keren jadi sirna dan musnah. Begitu juga dengan waktu, karena beberapa tempat jadi lebih berbahaya di musim tertentu, terutama musim hujan. Guyuran hujan, angin, hingga petir bisa membuat alam lebih liar. Nyawamu sendiri bisa menjadi ancaman, maka sebaiknya urungkan niatmu untuk pergi ke beberapa objek wisata berikut ini. Jangan khawatir, karena masih ada banyak sekali alternatif kegiatan yang lebih aman dan nggak kalah seru kok. Langsung saja, simak ulasan di bawah ini.

1. Air Terjun

Air terjun [image source]
Air terjun [image source]
Air terjun adalah penampakan alam yang lumrah ditemui di Indonesia, aliran air yang menghantam ke bebatuan dan tebing menimbulkan cipratan dan butir-butir air. Kamu akan merasakan sebuah kedamaian jika berada di depan air terjun. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat pelangi, sungguh sebuah pemandangan yang cantik. Pesona seperti itu bisa kamu nikmati saat cuaca sedang cerah. Beda lagi saat hujan deras mengguyur, tempat yang sebelumnya indah bisa jadi medan yang penuh dengan bahaya. Debit air dapat meningkat kapanpun dan menimbulkan banjir. Pengunjung yang ada di bawahnya akan terseret arus yang deras tanpa bisa menyelamatkan diri. Belum lagi ancaman longsor bisa terjadi sewaktu-waktu.

2. Pantai

Pantai [image source]
Pantai [image source]
pantai harusnya memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan saat kamu mengunjunginya, hal itu memang benar jika kamu datang di waktu yang tepat. Cahaya matahari yang terik, gulungan ombak menimbulkan suara merdu, hingga angin semilir yang membawa aroma laut adalah sebagian dari pesona pantai yang mengagumkan. Namun kamu tidak akan mendapatkan hal semacam itu ketika musim hujan datang. Badai laut bisa membuat ombak semakin ganas. Jangankan untuk menyelam atau snorkeling, berenang di pantai saja akan jadi kegiatan yang berbahaya. Kamu bisa terseret ombak dan tenggelam di lautan. Jika tidak mau hal itu terjadi padamu, jangan datang ke pantai saat musim penghujan.

3. Gunung

Gunung [image source]
Gunung [image source]
Sama halnya dengan pantai, Gunung juga menyuguhkan keindahan super keren. Memang untuk sampai di puncaknya terkadang harus melalui jalur yang terjal dan jauh, namun keindahan alam sepanjang perjalanan bisa menjadi obat yang akan membuat kamu lupa dengan rasa lelah dan letih. Namun jangan coba-coba naik gunung saat musim hujan jika kamu termasuk pendaki pemula. Jalur yang sulit akan jadi lebih berbahaya saat musim hujan. Belum lagi derasnya guyuran air akan membuat jarak pandang berkurang dan resiko tersesat jadi lebih tinggi. Keindahan alam pun tidak bisa kamu nikmati dengan maksimal. Dalam situasi seperti itu, tubuh bisa kelelahan, kesehatanmu akan jadi taruhan. Dalam kasus yang parah, seorang pendaki bisa kehilangan nyawanya karena tidak tahan dengan suhu dan kondisi lingkungan di gunung.

4. Sungai

Sungai [image source]
Sungai [image source]
Biasanya sungai digunakan sebagai tempat untuk rafting atau permainan arung jeram. Wahana air itu bisa jadi kegiatan yang super seru sekaligus menantang. Andrenalinmu pasti akan langsung terpacu saat menghadapi jeram-jeram liar dan aliran sungai yang deras. Meski kamu sudah punya banyak pengalaman dalam bidang tersebut, jangan coba-coba uji nyali dengan rafting di sungai ketika hujan deras. Debit air dan kekuatan arus akan semakin kuat, dan ketika terlempar dari perahu, kamu tidak akan bisa mengendalikan tubuhmu sendiri hingga terbawa arus. Bebatuan yang tajam akan menyambutmu dan siap memberikan luka yang parah. Belum lagi tubuh yang kedinginan juga bisa membahayakan nyawa.

5. Taman Air

Taman Air [image source]
Taman Air [image source]
Taman air memang menyediakan wahana dan arena bermain yang nggak jauh-jauh dari air, harusnya tidak akan masalah jika diguyur hujan. Namun faktanya, justru taman air juga harus kamu hindari saat musim hujan. Selain berbahaya, kamu juga nggak akan bisa menikmati wahana-wahananya sebaik saat cuaca cerah. Karena guyuran hujan, kamu bisa menggigil kedinginan. Jika terus-terusan seperti itu, kamu akan mengalami Hipotermia. Begitu juga dengan taman bermain yang menyediakan mesin-mesin permainan seperti di Dufan atau Jawa Timur Park. Dengan alasan keamanan, pasti pihak taman bermain akan berhenti mengoprasikan wahananya saat hujan.

6. Kebun Raya

Pohon tumbang di kebun raya [image source]
Pohon tumbang di kebun raya [image source]
Kebun Raya selalu menjadi pilihan menarik untuk piknik bersama dengan keluarga. Taman-taman yang indah dikelilingi oleh pohon rindang akan membuatmu serasa  sedang berada di surga. Belum lagi udaranya yang begitu sejuk, membuatmu betah berlama-lama di Kebun Raya. Namun pikirkan lagi niatmu untuk pergi ke Kebun Raya saat musim hujan. Ketika hujan mengguyur disertai dengan angin yang kencang, pohon-pohon besar di Kebun Raya bisa tumbang, kamu yang ada di sekitarnya akan terancam.

 

Itulah beberapa objek wisata yang harusnya kamu coret dalam daftar kunjungan selama musim penghujan. Tempat lain seperti bangunan-bangunan tua juga berbahaya. Guyuran hujan terus-menerus bisa membuat bangunan jadi rapuh dan bisa runtuh kapan saja. Jika kamu ada di dalamnya bisa terkena reruntuhan bangunan tersebut.

Advertisement
Tags
hujan musim hujan tips traveling wisata berbahaya
Share