Wisata Mistis di Yogyakarta, Ini Dia 10 Tempat Rekomendasinya

Advertisement

Keistimewaan Yogyakarta bukan hanya terletak pada kehidupan masyarakatnya yang masih memegang teguh adat dan budaya Jawa atau pemerintahannya yang masih mempertahankan model kerajaan, namun juga karena pluralisme yang ada di dalamnya termasuk banyak pula pilihan tempat wisata yang simpel tapi menarik dan bikin traveler selalu kangen balik ke kota ini.

Pilihan wisata di Yogyakarta memang komplit mulai dari tempat biasa hingga yang tak biasa. Kali ini Travelingyuk akan membahas tempat wisata Jogja yang tidak biasa, yang menawarkan traveler bertemu makhluk tak kasat mata. Nyatanya Yogyakarta masih menyimpan tempat-tempat yang dianggap angker atau berhantu yang sering digunakan sebagai tujuan wisata mistis. Dikumpulkan Travelingyuk dari berbagai sumber, inilah 10 tempat yang dianggap paling angker di Yogyakarta.

1. Pantai Parangkusumo, Gerbang Masuk Istana Kerajaan Ratu Pantai Selatan

Pantai Parangkusumo [image source]
Deretan pantai selatan di Yogyakarta memang terkenal akan cerita mistis yang berkaitan dengan tokoh mitologi Jawa bernama Nyi Roro Kidul yang konon merupakan penguasa kerajaan pantai selatan. Salah satu lokasi yang dipercaya warga sebagai pintu gerbang menuju ke istana kerajaan pantai selatan adalah Pantai Parangkusumo bersama dengan Pantai Parangtritis.

Pantai Parangkusumo [image source]
Keindahan pantai ini memang membuat banyak traveler tergoda untuk berlibur ke sana. Namun keindahan pantai ini menyimpan sisi misteri yang bikin bergidik. Katanya setiap waktu tertentu Nyi Roro Kidul selalu minta tumbal dari para pengunjung. Dengan begitu setiap pengunjung yang tenggelam terseret ombak selalu dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Bahkan warga sekitar tidak menyarankan pengunjung untuk datang ke lokasi menggunakan pakaian berwarna hijau. Warna tersebut dipercaya sebagai warna kesukaan sang Ratu dan orang yang memakainya bisa diseret ombak untuk dibawa ke kerajaan pantai selatan.

Lokasi : Kabupaten Bantul, Provinsi DIY

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg [image source]
Lokasi yang berada di tengah kota yang identik dengan keramaian belum menjamin daerah tersebut steril dari kisah-kisah misteri. Benteng Vredeburg contohnya, bangunan lawas bekas benteng pertahanan Belanda ini berada tepat di depan istana kepresidenan yang ada di Jogja namun tempat ini terkenal sebagai salah satu bangunan yang angker di provinsi ini.

Benteng Vredeburg [image source]
Menurut warga sekitar di dalam kawasan benteng ini sering muncul sosok Noni Belanda berkaki kuda. Penampakan ini sering muncul tak hanya mengganggu pengunjung tapi juga tukang becak yang mangka di depan benteng. Sosok makhluk halus lain yang kabarnya sering muncul adalah sekompi pasukan Belanda tanpa kepala yang berjajar rapi dan kemudian hilang ke dalam stand lukisan di Festival Kesenian Yogya (FKY) pada dini hari.

Lokasi : Jl. Ahmad Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta

3. Gua Jepang, Misteri di Kaki Gunung Merapi

Goa Jepang [image source]
Ada dua gua Jepang di Jogja yang satu Gua Jepang Puncong di Jalan Jogja-Parangtritis satunya lagi Gua Jepang Kaliurang yang ada di kaki Gunung Merapi. Yang kita bicarakan ini adalah Gua Jepang di Kaliurang yang konon katanya sangat angker.

Goa Jepang [image source]
Gua Jepang ini bisa traveler temukan di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang. Di dalam gua ini pernah terjadi penyiksaan warga pribumi oleh tentara Jepang. Selain itu gua ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian dari tentara sekutu. Setelah puluhan tahun terbengkalai muncul cerita-cerita misteri di sekitar Gua Jepang ini.

Lokasi : : Blambangan, Jogotirto, Bernah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Keraton Yogyakarta, Bangunan Heritage yang Menyimpan Banyak Misteri

Keraton Yogyakarta [image source]
Keraton Yogyakarta termasuk salah satu bangunan tertua di Jogja yang menyimpan banyak cerita sejarah sejak zaman kerajaan. Bangunan ini dikenal juga sebagai tempat tinggal para raja yang pernah memimpin Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Keraton Yogyakarta a [image source]
Mitosnya adalah keraton ini dijaga oleh banyak makhluk ghaib tak kasat mata. Sehingga siapa saja yang berkunjung ke keraton harus menjaga sikap. Jika tidak mereka yang memiliki niat jahat akan mendapatkan banyak perlakuan buruk dari penunggu Keraton Yogyakarta ini.

Lokasi : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta,

5. Gereja Ghotic Sayidan, Bangunan Unik Penuh Kisah Mistik

Gereja Sayidan [image source]
Bangunan bergaya Eropa di daerah Sayidan, Jogja dikenal dengan sebutan Gereja Ghotic Sayidan. Padahal bangunan ini sebetulnya sama sekali bukan tempat ibadah melainkan bekas hunian dan pabrik batik.

Gereja Sayidan [image source]
Namun setelah lama dikosongkan oleh pemiliknya, bangunan bergaya gothic ini makin menampakkan kemistisannya. Banyak orang-orang yang tinggal di sekitar bangunan ini mengatakan bahwa Gereja Ghotic Sayidan sangat angker dan banyak penampakan sering muncul dari dalam rumah.

Lokasi : Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta

6. Kandang Menjangan, Tempat Berburu Bagi Kerabat Keraton yang Kini Angker

Panggung Krapyak [image source]
Di Jogja kita mengenal sebuah bangunan kuno berumur lebih dari 2 abad yang bernama Kandang Menjangan atau dikenal pula dengan nama Panggung Krapyak. bangunan berbentuk persegi bertembok beton ini dulunya dibangun di tengah hutan dan digunakan sebagai tempat berlindung kerabat keraton dari buruan hewan buas saat berburu.

Panggung Krapyak[image source]
Konon tempat ini menjadi salah satu bangunan angker. Traveler dilarang masuk ke dalam bangunan ini tanpa seizin dari juru kunci. Jika nekad maka hal-hal ganjil nan menyeramkan bisa saja menimpa orang tersebut. Menurut kisah warga sekitar dulu pernah ada mahasiswa yang melintas di dekat Kandang menjangan di malam hari. Tapa sengaja lampu motornya menyorot ke celah jendela dan ia terkejut karena saat itu terlihat seorang wanita dalam posisi membelakangi tergantung di dalam bangunan.

Lokasi : Jalan Kh. Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Panggungharjo, Sewon, Kota Yogyakarta,

7. Bundaran Teknik UGM, Larangan Menyanyi Lagu Gugur Bunga Saat Melintas

Salah Satu Sudut di UGM [image source]
Traveler yang sudah pernah jalan-jalan di Yogyakarta tentu tau kawasan UGM dong. Wilayah salah satu kampus terbaik Indonesia ini memang sangat luas hingga jalanan kampusnya saja sebagian besar dibuka untuk jalan umum. Asal traveler tahu, dari penelusuran Travelingyuk di berbagai pemberitaan ternyata ada beberapa kawasan di UGM yang terkenal angker salah satunya adalah Bundaran Teknik UGM.

Salah satu bagin UGM [image source]
Dari berbagai sumber yang beredar, lagu nasional berjudul Gugur Bunga dilarang dinyanyikan saat berada di kawasan bundaran ini apalagi saat sendiri di malam hari. Sebab, banyak yang meyakini dan mengalami kisah mistis saat menyanyikan lagu tersebut dimana akan ada arwah pahlawan yang ikut bernyanyi bersama menemani orang yang bernyanyi tersebut. Kalau belum percaya bisa kalian buktikan sendiri, nanti ceritain Travelingyuk bagaimana hasilnya ya!

Lokasi : Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Plaza Ambarukmo, Bekas Tanah Kerajaan yang Sakral

Plaza ambarukmo [image source]
Traveler tentu tidak akan mengira jika salah satu mall megah di Yogyakarta, Plaza Ambarukmo termasuk salah satu tempat yang angker. Mungkin para pengunjung tidak akan mengalami secara langsung, kisah mistis berasal dari petugas cleaning service yang ada di lantai 1. Menurut beberapa sumber, toilet di lantai 1 itu ada penunggunya yang sering menampakkan diri pada petugas kebersihan yang mendapat jatah jaga terakhir atau malam.

Plaza Ambarukmo [image source]
Plaza Ambarukmo [image source]
Sosok makhluk halus tersebut menjelma seperti manusia yang masuk ke dalam toilet. Namun setelah ditunggu lama tidak keluar dan malah bikin petugas ketakutan. Kisah mistis ini berasal dari lokasi pembangunan mall yang memang menempati lahan yang dianggap sakral yaitu pesanggrahan peninggalan Sultan Hamengkubuwono VII. Banyak kisah mistis yang dialami para pekerja selama proses pembangunan mall megah tersebut.

Lokasi : Jl. Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Bioskop XXI, Sering Muncul Penampakan di Gedung Ini

XXI Jogja [image source]
Tak selamanya bangunan yang ramai dikunjungi orang tidak memiliki sisi mistis, seperti Bioskop XXI di Jalan Solo ini misalnya. Kabarnya sering muncul penampakan di dalam gedung ini dan sering menghantui para pengunjung yang datang untuk nonton film. Paling sering penampakan ini menghantui pengunjung yang nonton film midnight, saat itu pengunjung sudah sepi namun saat memasuki ruangan studio akan nampak banyak orang yang menonton. Hal ini sering terjadi dan banyak pengunjung yang mengiyakan kisah tersebut.

Bioskop XXI [image source]
Bioskop XXI [image source]
Keangkeran gedung Bioskop XXI di Yogyakarta ini berawal dari kisah kebakaran hebat tahun 1999 yang mana saat itu gedung ini terdiri dari dua lantai yaitu Swalayan Hero di lantai 1 dan Bioskop Empire 21 dengan 8 studio di lantai 2. Di samping gedung ini ada bioskop lain bernama Regent. Nah saat kebakaran, gedung Regent memakan korban jiwa berjumlah 15. Saat gedung ini dibangun kembali arwah korban kebakaran tersebut diyakini masih bergentayangan di sana.

Lokasi : Jl. Urip Sumoharjo No.104, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta,

10. Rumah Kentang Jogja, Sering Tercium Aroma Kentang Bakar

Rumah Kentang Jogja [image source]
Rumah Kentang terkenal sebagai rumah yang berhantu. Rumah dengan nama seperti ini bisa ditemukan di berbagai daerah dengan kisah mistis yang sama menyeramkannya. Salah satu Rumah Kentang yang diyakini berhantu adalah yang terletak di seberang SMA Stella Duce I di daerah Kotabaru.

Rumah Kentang Jogja [image source]
Rumah Kentang Jogja [image source]
Awalnya ini hanyalah rumah kosong yang telah lama ditinggal penghuninya. Saat malam tiba warga sekitar yang lewat dekat rumah ini sering mencium bau kentang bakar. Menurut kepercayaan warga, aroma kentang adalah pertanda adanya makhluk genderuwo di sekitar lokasi. Bahkan kabarnya lonceng kecil di rumah ini sering berbunyi sendiri. Kini Rumah Kentang telah digunakan sebagai kantor Bank BTN.

Lokasi : Jl. Sabirin No.20, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sudah pernah berkunjung ke tempat-tempat yang katanya angker di atas?

Advertisement
Tags
benteng gereja goa Indonesia Jawa Tengah Keraton mistis pantai Yogyakarta
Share