Eksplorasi Wisata Lebak Banten, Destinasi Asyik untuk Jelajah Bareng Temen

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Wisata Lebak Banten Wisata Lebak Banten

Lebak, sebuah kabupaten di Provinsi Banten yang cukup populer dengan kampung Baduynya. Merupakan salah satu destinasi favorit pelancong karena dianggap unik, dapat melihat secara langsung kehidupan suku Baduy. Tidak hanya itu, kabupaten ini pun menawarkan sejumlah destinasi wisata yang patut dikunjungi. Teman Traveler bisa singgah di sekian wisata Lebak Banten ini, lebih seru lagi kalau mengajak teman-teman. Sudah siap menyimak?

Kebun Teh Cikuya

Kebun Teh Cikuya via Instagram @explore_lebak
Kebun Teh Cikuya via Instagram @xdiyannss

Wisata Lebak Banten yang cocok dijadikan referensi menghabiskan akhir pekan bersama kawan adalah kebuh teh Cikuya. Berlokasi di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, berjarak kurang lebih 3,5 jam dari Rangkasbitung, pusat Kabupaten Lebak. Walaupun jauh namun akses menuju lokasi ini cukup baik karena sudah dibeton. Kebun teh Cikuya berada di ketinggian 750-1200 mdpl, menawarkan pemandangan hamparan pohon teh dengan suasana asri dan sejuk. Bahkan Teman Traveler bisa menginap karena disediakan home stay di area ini. Fasilitas lain berupa rumah makan, kafe, tempat parkir, dan kamar mandi.

Wisata Joglo

Wisata Joglo via Instagram @remonfr
Wisata Joglo via Instagram @remonfr

Wisata Pondok Joglo terletak di atas perbukitan tepatnya di Desa Harjawana, Kecamatan Bojongmanik. Wisata Lebak Banten ini menawarkan panorama keindahan kecamatan Bojongmanik dari atas bukit, serta spot-spot foto terbuat dari kayu. Teman Traveler hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp2 ribuan per orang untuk memasuki Pondok Joglo. Akses menuju area ini sudah beraspal bisa dilalui dengan kendaraan bermotor. Di sepanjang jalan menuju Pondok Joglo, terlihat deretan perkebunan karet dan mahoni.

Cikujang

Cikujang via Instagram @explore_lebak
Cikujang via Instagram @llanvtaa

Wisata Lebak Banten ini berada di lahan Perum Perhutani di Desa Ciginggang, Kecamatan Gunungkencana. Terletak di dataran tinggi, Cikujang menawarkan pemandangan cukup indah. Tersedia beberapa spot yang memang digunakan untuk mengundang pelancong berfoto, salah satunya seperti bunga mekar dan tangga kayu. Dengan luas sekitar 5 hektar, Teman Traveler bisa puas menjelajahi destinasi wisata ini. Ada juga beberapa penjual makanan dan minuman di kawasan ini.

Kampung Wisata Cilebu

Kampung Wisata Cilebu via Instagram @lembah_is
Kampung Wisata Cilebu via Instagram @lembah_is

Satu lagi wisata Lebak Banten yang sayang untuk dilewatkan, dijuluki negeri di atas awan karena berada di ketinggian 1300 mdpl, tepatnya di kaki Gunung Endut. Kampung wisata Cilebu di Desa Pasir Haur, Kecamatan Cipanas ini menyajikan pemandangan pegunungan dengan hamparan sawah yang masih sejuk. Dapat dinikmati dari atas pondok kayu yang tersedia di area ini. Bahkan dapat melihat bangunan-bangunan di kawasan Banten, Pandeglang, dan sekitarnya. Kalau mengeksplorasi kampung wisata Cilebu ini, Teman Traveler akan menemukan sejumlah curug.

Sekian destinasi wisata tersebut sudah siap untuk dijelajahi oleh Teman Traveler. Sudah siapkan rencana liburan ke Kabupaten Lebak? Atau mungkin sudah pernah singgah di area yang telah diulas di atas?