Liburan ke Lasem, Suasana Tiongkok hingga Belanda Jadi Satu

Liburan asyik dan seru tidak harus ke pantai atau gunung, jelajah kota juga bisa memberikan pengalaman tersendiri. Misalnya dengan jalan-jalan di Lasem yang menawarkan suasana Tiongkok dan Belanda menjadi satu. Selain itu, apa saja yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke kota terbesar kedua di Rembang, Jawa Tengah ini ya? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

1. Sejarah Lasem yang Mulai Terlupakan

Pondok Bodho Al Frustasiyyah Caruban
Pondok Bodho Al Frustasiyyah Caruban [image source]
Lasem merupakan kecamatan kecil yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuatnya sedikit terlupakan. Padahal, banyak cerita yang menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah asal usul orang Tionghoa yang mendiami wilayah ini. Ternyata, Lasem merupakan kota awal pendaratan mereka di tanah Jawa. Mereka tersebar di kota ini dan mendirikan berbagai bangunan, mulai dari patung sampai klenteng yang hingga kini masih terawat.

Heritage village OOTD
Heritage village OOTD [image source]

2. Heritage Village

Kampung Heritage
Kampung Heritage [image source]
Salah satu bangunan yang menjadi bukti bahwa orang Tionghoa memang mendiami wilayah pesisir utara Jawa adalah Heritage Village atau Kampung Village. Bangunan ini menjadi saksi bisu bahwa mereka pernah tinggal cukup lama di Lasem. Walau sempat tidak terawat dan menjadi sarang burung, kini tempat ini sudah direnovasi dan terlihat instagram-able. Seluruh tembok disana dicat ulang dengan warna merah merona yang bikin segar dilihat.

rumah (tembok) merah Tiongkok Kecil Heritage
rumah (tembok) merah Tiongkok Kecil Heritage [image source]
Nama : Kampung Heritage
Alamat : Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah

3. Eksplor Kelenteng Tertua di Pulau Jawa

Klenteng Cu An Kiong
Klenteng Cu An Kiong [image source]
Lasem memang tidak sepopuler Rembang, namun kawasan ini memiliki banyak tempat bersejarah yang bisa dijelajahi saat akhir pekan. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Cu An Kiong yang pernah menjadi lokasi syuting film Ca-bau-kan pada tahun 2002. Bangunan tua ini memiliki desain unik dengan dua altarnya, altar Tina Shang Sheng Mu dan Raden Panji Margono. Selesai liburan kesini, kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman seru tapi juga pelajaran sejarah. Asyik kan?

Klenteng Cu An Kiong Lasem
Klenteng Cu An Kiong Lasem [image source]
Nama : Klenteng Cu An Kiong
Alamat: Jl. Dasun No.19, Soditan, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Telepon: (0295) 531093

4. Kota Batik Khas Lasem

Batik Lasem
Batik Lasem [image source]
Siapa bilang Lasem hanya terkenal karena klenteng dan bangunan tuanya. Ternyata, kota yang mendapatkan julukan The Little Tiongkok ini juga memiliki tempat produksi batik. Disini, motif dan teknik pembuatannya masih asli dari dua tokoh yang pertama kali mengajarkan batik pada penduduk, yaitu Bi Nang Uh dan istrinya, Na Li Ni. Beberapa orang yang terjun dalam bisnis ini juga banyak yang akhirnya membuka galeri batik. Salah satunya di kawasan desa Karangturi yang sering didatangi wisatawan.

Batik Khas Lasem
Batik Khas Lasem [image source]
Alamat : Desa Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang

5. Makam Tokoh Tionghoa di Lasem

Makam Han Siong Kong
Makam Han Siong Kong [image source]
Selain memiliki bangunan tua khas Tiongkok dan Belanda, Lasem juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah makam keramat Han Wee Sing atau dikenal dengan nama Han du Chun dan Han Siong Kong. Keberadaan tempat ini makin menarik lantaran legenda kutukan abadi Han Wee Sing yang masih dipercaya oleh penduduk sekitar.

Makam Tan Sin Ko
Makam Tan Sin Ko [image source]
Lasem semakin melengkapi objek wisata Rembang, kamu bisa melakukan banyak hal di sini. Apalagi kamu bisa merasakan suasana Belanda dan Tiongkok sekaligus. Jadi, kapan kamu ke Rembang?

Tags
batik Indonesia Jawa Tengah Klenteng Lasem makam Rembang
Share