Tempat Wisata Bertema Kupu-kupu, Cantik dan Bikin Rindu

febri rama

febri rama

On Indonesia
Wisata Kupu-kupu Wisata Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah salah satu binatang dengan kecantikan yang mudah membekas di ingatan. Bentuknya banyak dan warnanya beragam. Mungkin dulu kamu bisa dengan mudah menemukannya, bahkan tak jarang serangga yang masuk dalam ordo Lepidoptera itu masuk ke dalam rumah. Sekarang, keberadaan kupu-kupu semakin jarang terutama di kota besar. Tetapi jangan khawatir, kamu tetap bisa melihat pesonanya di beberapa tempat wisata kupu-kupu berikut.

1. Kerajaan Kupu-kupu Bantimurung

Kerajaan Kupu-kupu Bantimurung
Kerajaan Kupu-kupu Bantimurung via Instagram/@f.i.ns

Kerajaan Kupu-kupu Bantimurung adalah destinasi wisata yang tepat didatangi bersama dengan keluarga. Terdapat area yang dijadikan sebagai pusat konservasi kupu-kupu. Maka, kamu juga bisa melihat binatang yang memiliki sayap indah itu terbang bebas di antara pepohonan. Ada wahana seru seperti jembatan langit Helena hingga air terjun. Lokasinya berada di Kabupaten Maros dan berjarak kurang lebih 42 km dari kota Makassar.

Kerajaan Kupu-kupu Bantimurung
Kerajaan Kupu-kupu Bantimurung via Instagram/@najibilahic

2. Taman Kupu-kupu Bandung

Taman Kupu-kupu Bandung
Taman Kupu-kupu Bandung via cupeetz

Objek wisata Bandung selalu bisa diperhitungkan sebagai destinasi yang menyenangkan. Salah satu yang populer adalah Taman Kupu-kupu Cihanjuang di Kabupaten Bandung Barat. Terdapat penangkaran yang melestarikan sekitar  35 jenis kupu-kupu langka. Areanya cukup luas dan ada yang ditutupi dengan jaring. Tujuannya agar kupu-kupu tidak terbang ke luar taman.

Taman Kupu-kupu di Bandung
Taman Kupu-kupu di Bandung via bisbandung.com

3. Kemenuh Butterfly Park, Bali

Kemenuh Butterfly Park Bali
Kemenuh Butterfly Park Bali via Instagram/@asebalko

Bagi pemilik wisata yang belum lama di buka ini, kupu-kupu adalah binatang yang unik dan menarik untuk dipelajari. Itulah mengapa Kemenuh Butterfly Park juga dijadikan sebagai tempat konservasi. Lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Untuk masuk dan melihat ribuan kupu-kupu di kandang raksasa, kamu cukup membayar tiket seharga Rp100.000.

Kemenuh Butterfly Park Bali
Kemenuh Butterfly Park Bali via Instagram/@keep.journey

4. Bali Butterfly Park

 Bali Butterfly Park
Bali Butterfly Park via Instagram/@balidriverandguide

Bali Butterfly Park sudah ada sejak era 90-an. Hingga saat ini masih dibuka sebagai tempat wisata edukasi dengan kupu-kupu sebagai daya tarik utama. Di sini kamu bisa melihat kupu-kupu barong atau kupu-kupu gajah. Ukurannya cukup besar dan ada corak tertentu di bagian sayap untuk mengelabui pemangsa. Seperti bentuk kepala ular atau burung. Letak Bali Butterfly Park ada di Kabupaten Tabanan.

 Bali Butterfly Park
Bali Butterfly Park via Instagram/@kinnasurprise

Itulah beberapa tempat wisata kupu-kupu  yang indah. Adanya destinasi yang juga berfungsi sebagai konservasi itu bagus. Selain memberikan keseruan dan pelajaran juga tetap ramah dengan alam.